Lavender, Geranium, dan Zodia


Tanaman Pengusir Nyamuk

Ingin terhindar dari DBD, malaria, kaki gajah? Gunakan saja lavender, zodia, dan geranium. Beberapa produk lotion pengusir nyamuk terang-te-rangan menggunakan lavender sebagai salah satu kandungannya. Anda tidak perlu repot menyemprotkan insektisida yang belum tentu aman.

Kecil dan berwarna ungu, itulah penampakan bunga lavender sehingga amat menarik dan menyejukkan mata. Dengan menggosokkan bunga ini ke kulit, selain aroma wangi, Anda pun akan terhindar dari gigitan nyamuk. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai salah satu bahan lotion antinyamuk.

Keberadaan tanaman lavender mengundang peneliti dan pe-ngusaha untuk menyuling bunga lavender demi menda-patkan minyak. Minyak lavender memang sering dipakai sebagai aromaterapi. Bahkan, di beberapa rumah, minyak lavender ini ditempatkan di ruang tamu. Komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat.

Lavender atau Lavandula latiofola merupakan keluarga Lamiaceae, berbentuk seperti semak. Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Perbanyakan tanaman lavender biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat di-semaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polibeg. Ketika tingginya mencapai 15 – 20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah.

Geranium

Geranium memiliki kandungan bahan yang bersifat antiseptik yaitu geraniol dan sitronelol yang tidak disukai nyamuk. Senyawa tersebut berbau menyengat dan harum, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sabun mandi. Tanaman geranium atau Pelargonium citrosa tumbuh merumpun dan banyak menghasilkan anakan. Daunnya hijau, berbentuk jangkar, dengan tepi daun bergerigi.

Batangnya banyak mengandung air, berkayu, berbulu, ketika masih muda berwarna hijau, tetapi setelah tua berwarna kecokelatan. Memiliki akar tunggang. Cara perbanyakannya bisa dengan mudah mematahkan batang yang masih muda, kemudian menancapkannya ke tanah sehingga lazimnya diperbanyak dengan menggunakan stek anakan.

Tiga varian dari geranium di antaranya Citrosa mosquito fighter, Cirosa queen of lemon, dan Citrosa lady diana. Geranium merupakan tanam-an perdu dengan tinggi 20 – 50 cm, merupakan keluarga Geraniaceae yang mampu bertahan hidup sampai 5 tahun. Karena penampilannya yang indah, geranium sering dijadikan tanaman hias yang ditanam dalam pot dan diletakkan di halaman atau dalam rumah.

Zodia

Berawal dari kebiasaan orang Papua yang menggosok kulitnya dengan daun-daun tertentu sebelum berburu ke hutan. Biasanya mereka menggosok-gosokkan daun-daun tanaman zodia atau Evodia suaveolens untuk melindungi dirinya dari gigitan serangga, terutama nyamuk. Nyamuk takut pada zodia yang mengandung senyawa evodiamine, rutaecarpine, minyak linalool, dan apinene.

Selain mengusir nyamuk, para ilmuwan menemukan khasiat lain dari zodia seperti penyembuh disentri dan pembunuh sel kanker. Rebusan kulit batangnya pun bermanfaat sebagai pereda demam ma-laria. Zodia dapat mengeluarkan aroma yang cukup wangi bila daun-daunnya sa-ling bersentuhan. Sebagai pewangi alami Anda dapat meletakkan tanaman di sekitar tempat angin masuk ke dalam ruangan atau di sudut ruangan tertentu dan diembuskan AC atau kipas angin.

Zodia adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman perdu ini berasal dari keluarga Rutacea. Tinggi tanaman 200 – 300 cm dan panjang daun dewasa 20 – 30 cm. Bentuk zodia cukup menarik sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias. Meskipun zodia berasal dari Papua, namun saat ini sudah banyak tumbuh di Pulau Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di ketinggian 400 – 1.000 m dpl.

Mudah diperbanyak, baik melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, bisa-bisa malah mati. Sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

Di beberapa daerah di Jawa Barat, bibit zodia asal Papua harganya bervariasi, untuk yang berumur 3 bulan, sekitar Rp 60.000,00 dan di atas 1 tahun harganya sekitar Rp 350.000,00. Sedangkan lavender harganya berkisar antara Rp 7.500,00 sampai 10.000,00 per tanaman. Selamat mencoba!* PR 22 Maret 2007.Irna Safira Inayah, S.Si.Staf Laboratorium Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) Bandung  ;Ernayenti, S.Pd. Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

About these ads

20 Komentar

  1. Iqbal said,

    September 19, 2007 at 10:26 am

    kalu litetarur tanaman lavender ada ga y pa/bu?
    Keperluan saya untuk tugas akhir, trims………

  2. November 1, 2007 at 7:46 am

    Good and useful article

  3. eswanto said,

    Januari 9, 2008 at 2:33 am

    aku punya 2 pohon tinggi kira-kira 50 cm dan udah berbuah,biar tau klo itu anakan zodia apa ya .. klo dicangkok bisa nggak

  4. klipingut said,

    Januari 9, 2008 at 3:52 am

    eswanto berkata,

    Januari 9, 2008 pada 2:33 am ·

    aku punya 2 pohon tinggi kira-kira 50 cm dan udah berbuah,biar tau klo itu anakan zodia apa ya .. klo dicangkok bisa nggak

    Yang saya tahu zodia di rumah bertambah banyak dari biji-biji yang bertaburan jatuh dari pohonnya -tumbuh sendiri. Tapi karena batangnya berkambium, tampaknya bisa dicangkok. Silahkan dicoba.

  5. can said,

    Maret 6, 2008 at 7:47 am

    menurut saya mengembangkan tanaman pengusir nyamuk tidak ada ruginya.Karena kita dapat merasakan manfaatnya.selain itu tanaman tersebut dapat menghasilkan banyak keuntungan.hal tersebut dapat di ketahui jika kita sudah membudidayakan,karena tanaman zodia mempunyai prospek pasar yang sangat cerah.Hal tersebut sudah saya praktekkan di sekolah.Ternyata saya memperoleh banyak keuntungan.

  6. hendra said,

    April 17, 2008 at 12:02 pm

    aku punya 2 pohon tinggi kira-kira 100 cm dan udah berbuah,biar tau klo itu anakan zodia apa ya .. klo dicangkok bisa nggak

    Yang saya tahu zodia di rumah bertambah banyak dari biji-biji yang bertaburan jatuh dari pohonnya -tumbuh sendiri. Tapi karena batangnya berkambium, tampaknya bisa dicangkok. Silahkan dicoba lho.

  7. sustika said,

    Juli 27, 2008 at 5:16 am

    gimana ya cara membedakan efektifitas dari masing – masing tanaman pengusir nyamuk, khususnya lavender, zodia, dan geranium…..????

  8. aa said,

    Agustus 22, 2008 at 2:25 am

    maksihya dengan ini aku bisa menyelesaikan tugas KIR ku yang sangat lah rumit sekali……tapi ternyata dengan adanya ini semua telah terselesaikan.

    sebelumnya makasih banyak.

    tambahin lagiya informasinya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. tamara said,

    November 23, 2008 at 7:27 am

    Kalo’ takson dari geranium diterangin pasti lebih bagus…!

    Abissssss, cuma ada spesies doang siiii!

    Kalo’ Taksonnya lengkap, tugas biologi-ku pasti cepet selesainya… karena susah tuh nyari tentang geranium!!!

    But, Thanks a lot ya…..

  10. klipingut said,

    November 29, 2008 at 11:52 am

    Nih Tamara yg komplitnya :

    GERANIUM
    Geranium homeanum Turez

    Nama umum
    Indonesia: Geranium

    Klasifikasi

    Kingdom : Plantae (tumbuhan)
    Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
    Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
    Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
    Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub-kelas : Rosidae
    Ordo : Geraniales
    Familia : Geraniaceae
    Genus : Geranium
    Spesies : Geranium homeanum Turez

  11. amalia said,

    Januari 11, 2009 at 7:45 am

    Saya sengaja beli beberapa lavender untuk kamar anak saya,coz kasian dia jadi santapan lezat nyamuk2 nakal. eh…gaktaunya malah lavender jadi tempat nongkrong nyamuk setelah minum darah anakku.aq pikir dg beli banyak lavender dan menaruh di kamar akan menebarkan aroma yg gak disuka nyamuk shg enggan masuk ke kamar anakku.Ternyata aq keliru…

  12. aan said,

    Februari 3, 2009 at 2:52 pm

    saya coba lavender di simpan di rumah,kebetulan sudah berbunga tapi saat satu jam,malah nyamuk hinggap di daunnya ada 3 ekor.

  13. afifka fitri said,

    Februari 14, 2009 at 5:06 am

    ass.
    saya mau tanya nich..
    apa aja sih kegunaan bunga geranium,lavender, selain pembasmi nyamuuk??
    tolong di jawab ya karena ini buat tugas KIR, terima kasih

  14. afiat said,

    Maret 3, 2009 at 1:44 am

    saya sedang di beri tugas untuk membawa tanaman obat lavender bukan yahhhhh……?

  15. Agustus 7, 2009 at 6:13 am

    saya mau nanya ,apa asal mula dan hal-hal penting tentang bunga zodia?
    tolong jawab
    coz bwat pr ipa

  16. Chandra said,

    November 2, 2009 at 8:57 am

    Hi… saya juga mau tanya, tanaman apa yang cocok untuk mengusir nyamuk selain zodia & geranium…..khusus untuk daerah pantai atau tanaman yang dapat tumbuh di daerah 50 – 200 dpl…. sengatan nyamuk tropis khusus daerah pesisir sama dasyatnya dengan sengatan nyamuk hutan.

    Trims atas kabarnya…

    Chandra

  17. emilia said,

    November 11, 2009 at 5:38 am

    ass
    saya mau taya apakah lavender bisa dimanfaatkan untuk salah satu obat untuk penganti putas tau obat bius.>>>>>>>>>>>>
    balas ya

  18. winfi said,

    Desember 23, 2009 at 11:56 am

    ass. kuk identifikasi zodianya g lengkap y?????

  19. lina said,

    Februari 12, 2010 at 5:11 am

    Saya mau beli tanaman : geranium, rosemary, citrosa mosquito, marigold, zodia dan serai wangi. Berapa ya harga satuannya utk ukuran yang agak besar ?

    Thanks,

    Lina

  20. naomy syalsha said,

    Oktober 20, 2010 at 8:50 am

    apa cIe khasiat tumbuhan lavender…..
    cuma itu aja kox.
    thx..

    naomy, cirebon


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: