IKAN SETAN BERNAMA PIRANHA

Intisari, No. 530 TH. XLIV
SEPTEMBER 2007

Bila berkelompok, ikan satu ini bisa berubah menjadi pemangsa nan kejam dan tak berperasaan. Bayangkan, hanya dalam hitungan menit, mangsa seberat belasan, bahkan puluhan kilogram ludes dilumat, yang tersisa hanya tulang belulang.

Penulis: Dharnoto
Bangkai ayam kupas itu lunglai tenggelam ke dalam akuarium. Tak lama kemudian, sekitar 3.000 ikan piranha muncul dari berbagai arah, berenangan dengan liar dan agresif, mengambil formasi pengintaian. Seekor di antara mereka berinisiatif jadi “provokator”, mendekati mangsa, lalu melakukan gigitan pertama. Ia lalu bak memberi kode – mungkin secara akustik – yang hanya bisa dipahami bangsanya sendiri, untuk “menyerbu”.

Dalam sekejap, mangsa digerumuti ribuan ikan seukuran 10 – 20 cm. Selesai makan, mereka berhamburan. Si mangsa berubah jadi tulang belulang, hanya dalam tempo 90 detik! Nasib serupa juga dialami ikan tongkol dan ikan kembung yang sama-sama dimangsakan, pada lain kesempatan. Sekali makan, 5 kg ikan digasak habis. Bayangkan, jika sehari tiga kali makan, berarti 12 – 16 kg ikan siap ditulangkan.

Gigi setajam silet
Piranha memang tak pernah berubah. Warga asli sungai Amazone, Amerika Selatan ini selalu ganas, seperti di habitat aslinya. Tak peduli mereka sedang dikurung dalam salah satu akuarium di Seaworld Indonesia, Ancol, Jakarta, seperti diilustrasikan di atas.

Dengan tampilan mirip ikan bawal (mereka memang satu kerabat), tampang piranha sebenarnya jauh dari sadis. Malah sisiknya seperti ber-glitter. Dua garis hitam di pangkal ekor membedakannya dengan bawal yang cuma punya satu garis. Warna sisiknya perak keabuan hingga kehitaman. Bagian tutup insang sampai bagian bawahnya ada semburat kemerahan. Piranha merah (pygocentrus nattereri) yang ada di Ancol, perutnya bersaput warna merah oranye.

Kalau sedang sendirian, ia tak ubahnya ikan hias manis laku. “Kalau dibawah 10 ekor, ia seperti ikan oscar, atau arwana. Meski karnivora, tapi enggak galak-galak banget,” ujar seorang pemelihara ikan hias. “Belangnya” baru kelihatan jika sedang santap bersama dengan kelompoknya, yang minimal berjumlah 100 ekor.

seek the important part of this post @….>>

61 Komentar

  1. alexa sinulingga said,

    Januari 28, 2008 pada 4:08 am

    gw pelihara piranha di aquarium tp kok cepet mati ya

    • rena said,

      Juni 29, 2011 pada 1:30 pm

      jangan2 dikasih baygon,,,

  2. alexa sinulingga said,

    Januari 28, 2008 pada 4:08 am

    klo ada yg tau cara ngerawat piranha di aquarium tolong kasih tau ke email gw ok thanks

  3. Manan said,

    Maret 22, 2008 pada 5:02 am

    mas tolongin diisi yang laen dong tentang piranha nya, kayak :

    Bahaya piranha dalam kehidupan
    Cara menangani ancaman piranha
    Kesetabilan lingkungan
    Mitos tentang piranha
    Keistimewaan piranha

    Aku pengen tau !

    dan kalo pengen meliharanya, di mana bisa di beli ?

    isi mas y!

    • raditya said,

      Juni 28, 2009 pada 1:58 pm

      pesan aja di tukang ikan tapi awas ke tipu kalau ga tau mana bawal n mana piranha. piranha di ekornya garis hitam ada dua kalau bawal cuma satu

  4. randy said,

    Juni 19, 2008 pada 5:26 am

    tp kok piranha d rumah saya tidak ganas seperti yag situ bilang dan piranha saya ngk gede2

  5. tomb said,

    Juli 20, 2008 pada 3:54 pm

    aku punya piranha red belly 10 ekor, di akuarium uk 50x1m, biar g mati dikasih pompa air ato waterpom, tiap hari dikasih makan ikan nila (beli aja di ps ikan 1 kg yg masih idup)

  6. unhey said,

    Juli 31, 2008 pada 12:52 pm

    ikan piranha ko bentuknye aneh ci krg serem

  7. lisa said,

    Agustus 29, 2008 pada 1:29 pm

    piara ikan piranha sih gampang, paling kasih makannya aja yang mahal.yang penting kasih makan aja yang banyak pasti hidup. terus jgn sampai lupa kasih makan karena sifat piranha juga kanibal sehingga bisa makan temen nya sendiri kalo kelaparan.

    • suraji said,

      Januari 21, 2010 pada 6:46 am

      sebenrya sih ikan piranha ada juga yang berasal dari indonesia .
      pengen tau g apa’an ikan firanha versi indonesi yaitu ikan BAWAL ikan itukan mirip banget kaya ikan piranha cuma kalo di Indonesia kurang terkenal aja jadinya ga heboh iyakan he.he.he.,,,,!!Pis ah.

  8. true said,

    September 6, 2008 pada 12:18 am

    wah seru tuh klo punya piranha. aku pernah punya piranha, makannya banyak banget. mana mintanya daging terus. yang punya aja jarang makan daging. kukasihin tetangga deh.

  9. adhit said,

    Oktober 4, 2008 pada 11:28 am

    gw prnah beli ikan piranha eh pas gw perhatiin ternyata ikan bawaL!!!
    sialan tuh orang!hehehehe…

  10. Wahyu said,

    Oktober 20, 2008 pada 8:07 am

    ieu mah lain piranha tapi pilihan heula atuh……oon……………!!!!!!kumaha maneh we lah sayah mah hayang sare……………..!!!!!!

  11. jaenudin said,

    Oktober 20, 2008 pada 8:14 am

    klo dnger piranha, sayah mah jadi ingats pas sayah gi beli sapatu, sayah tuh langsung ambil gtu pas belinya lalu si tukang sepatunya berkata,” hei piranha heula atuh !!!!” eh….ah ktu welah kadengernamah atau sayah salah dengar yah.

  12. Dhenny said,

    Oktober 30, 2008 pada 11:12 am

    tolong kasih tau cara ngerawat ikan piranha dong kirim ke email saya ya.saya beli di pasar ngasem yogya itu harganya 1 rp5000.ikannya mirip ikan bawal yang kecil.dan apakan hrganya satu lima ribu tolong dikirim ke email ku

  13. EVA said,

    Januari 16, 2009 pada 6:54 am

    Menu…………rt say…..a ikan setan seperti piranha itu suatu mahkl….uk hidup ciptaan yang maha kuasa…jd jangan kita musnahkan?tetapi jangan kita jadikan ikan piranha itu sebagai ikan yang memakutkan.

  14. bandi said,

    Februari 12, 2009 pada 6:30 am

    kok ikan piranha to mirip ikan bawal,apa mereka saudaraan ya? kayaknya ikan piranha tu ikan bawal yang gigon alias gigi gondrong….., kan ikan piranha hidupnya di sungai amazon brasil, mungkin gak ya, ada hubungan ya sama RONALDINHO, klo di Indonesia ada lo hasil persilangan antara ikan Arwana ma ikan Piranha yaitu mas tukul….heeeeeeeeee

  15. m0nik said,

    Februari 27, 2009 pada 8:00 am

    y ampun……

    piranha tuh sreeeeemmmm yaw….

  16. ayu said,

    Maret 11, 2009 pada 4:38 am

    saya cuma tau piranha kejaaaamm…. jadinya saya nda seberapa cari tau tentang dia. eee… sekarang ananda saya perlu info tentang piranha untuk tugas sekolah. lumayan… cukup membantu. maturnuwun

  17. eMo. . . said,

    Maret 17, 2009 pada 8:00 am

    bOs…
    piRanhA. . .ntU
    dmn beLinyA. . .
    tmN2 ane. . .jugA piRanHa. . .
    di kSh. . .mkn cpT bgt leNyap..nyA. . .

  18. muhieb said,

    Maret 23, 2009 pada 10:52 am

    syang y,,,kalo true2san ikan piranha dijadikan dan digosipkan sebagai ikan yang paling menakutkan, maka itu akan membuat citra dan emage piranha jadi ancur dimata anak2……harapan saya semoga ikan piranha tetap tabah dalam menjalani kehidupan ini,,,,,karena manusia hannya bisa meliat piranha dari sisi fisiknya saja,,,,,,,,,,,tapi hatinya,,,,syapa yang tau…….

  19. Gatot Indra said,

    Maret 23, 2009 pada 2:47 pm

    Gw sekarang baru 1 bulan memelihara piranha sebanyak 27 ekor, gw dapet dari tukang ikan langganan gw di jalan joglo raya. Kalo gw perhatiin sekarang hampir disetiap toko ikan hias pasti di jual piranha, entah kenapa di Jakarta mudah banget dapetin ikan tersebut, apa sudah diternak di Indonesia, sehingga harganya pun sangat terjangkau, engak seperti dulu, ukuran 7 cm aja kalo di barito tawarnya sampe 35rb, sekarang harganya cuman 4000 perak. Dan piranha yang dijual itu adalah tipe yang terganas, yang disebut red belly (menurut literatur yang ga baca).

    Ngerawat ikan piranha gampang kok, hal yang perlu diperhatikan adalah ikan gampang stress, kalo kita liat dengan jarak yang dekat dia akan langsung ketakutan, apalagi akuarium kita ada lampunya, piranha paling engka suka kena sinar lampu, pasti mereka langsung berang nabrakin dirinya kekaca akuarium. Engk kaya ikan maskoki kalo kita deket malah nyamperin kita minta dikasih makan.

    Makananya juga gampang, asal yang ada dagingnya pasti doyan, gw biasa ngasih ikan mas (reguler), udang, daging ayam, cacing rambut juga doyan, kalo sempet liat video di youtube, kalian akan liat secara jelas ikan piranha makan. Kebanyakan orang luar ngasih makanya tikus dan kodok.Oh iya kalo ngasih makan ikan mas, cari ikan masnya yang warna merah, biasanya lagsung disantap, kalo warna lain malah jadi temennya engak diapa-apain, tapi kalo udah laper dimakan juga si.

    Kondisi airnya juga harus di jaga, sirkulasi dan filter harus tetap baik, karena piranha maknya daging, kadang suka ada sisa-sisa makanya kaya kepala ikan dll yang engak mereka makan. jadi sirkulasi dan fiter harus sering dipantau, min 1 minggu sekali dibersihin biar tetep jernih airnya.

    Tips dari gw kalo mau memelihara ikan piranha, akuarium jangan cuman isinya ikan aja, tapi coba gabungin kosep aquaspace (browsing aja diinternet) karena ikan ini agak membosankan jika cuman ikanya aja yang kita lihat.

  20. bonar said,

    April 24, 2009 pada 7:31 am

    saya pernah beli piranha, gataunya bawal. jangan beli di kiara condong (bandung). kampret tuh kumis!
    bedanya piranha sama bawal apa si?

    • eric said,

      Mei 31, 2009 pada 12:05 pm

      Kl bawal itu garis ekor 1, kl piranha garis ekor nya dua…. Tapi mereka adalah abang adek…hehehehe

    • Riezky Ananda .P said,

      Agustus 16, 2011 pada 5:13 am

      klo piranha sama bawal bedainnya dari mulutnya..
      Klo bawal mulut (bibir atas) lurus dr atas kpalanya,sdngkan (bibir bwah) mlengkuk atau sperti org cemberut…Tpi klo piranha ga sperti itu bibir atasnya..

  21. kiki ratnasari said,

    Juni 11, 2009 pada 7:25 am

    gila piranha dia gadoyan apa sayuran ampe dia makannya daging tapi gue heran kok ga gemuk2 ye…

  22. raditya said,

    Juni 28, 2009 pada 1:48 pm

    gw punya ikan piranha 7 ekor udah pada mau gede gw bingung mau naro dmn kl gw taro di sungai takut dia nyerang manusia apa kerbau, apa gw kasih ke seaworld aja? ntar pelihara lagi yg kecil

  23. aldy syn said,

    Juli 11, 2009 pada 7:58 am

    d mna sih beli’a ?

  24. ryan syifaldy said,

    Juli 18, 2009 pada 8:41 am

    mas gatot indra beli ikan piranha di jalan joglo raya dmananya ya??
    toko ikannya besar ga??
    kliatan di pinggir jalan ga??
    mmangnya harganya 4 rb??
    makasi mas..

  25. syahruddin said,

    Juli 19, 2009 pada 8:43 am

    nih ikan bagusnya dibasmi aja, krn berbahaya bagi manusia dan hewan.

  26. Wikudaliar said,

    Agustus 7, 2009 pada 8:03 am

    Saya juga pernah beli piranha, 3 ekor tp sekarang tinggal nyisa 1, tp ko ga gde2 yah, apa itu ikan bawal ya?

  27. viant said,

    Agustus 23, 2009 pada 1:19 pm

    Apa beda piranha ma bawal?

  28. suharman said,

    Agustus 28, 2009 pada 2:30 am

    Assalam…

    Bgaimana cara membedakan ikan piranha jantan dan betina..?
    terima kasih sebelumnya…

  29. faisal umar said,

    September 29, 2009 pada 2:00 pm

    saya miara piranha ko beda yaaa bentuknya sama yang di sea world….?
    apa yang saya piara itu piranha baalan…?

  30. indri said,

    Oktober 17, 2009 pada 11:35 am

    waw..
    fantastic…
    bleh di cba tu buat mkannya…
    jngan ikan bemp yang bsa mkan manusia
    manusia jg hrus bsa mkan piranha…
    hhehehe..
    nggak deh…
    bercanda…

    jdi pengen milikin nieh….

  31. ujik said,

    November 9, 2009 pada 1:13 pm

    saya mau pelihara piranha,tp g tau beli dimana?
    di pasar ikan g d yg jual,ada pun mirip bawal n g ganas.

  32. anas said,

    November 12, 2009 pada 6:05 am

    waw gue jd pingin ikan piranha nih tapi lihatnya masak hrs kejakrta ya emang harus ya

  33. November 12, 2009 pada 6:05 am

    hai ikan piranha

  34. arya said,

    Desember 22, 2009 pada 6:05 am

    Gw juga udah hampir 2 bulan ini melihara ikan yg kata abang nya si ikan “piranha”, soalnya gw masih curiga ni piranha apa bawal?! tapi emang si setelah gw pelihara ni ikan, keuangan gw aga sedikit kedodoran, soalnya tiap dua hari gw mesti beli anak ikan mas 20 ekor! di rumah gw ada sekitar 20 piranha!

    seru juga melihara ni ikan, apalagi pas liat mereka makan, he2..jahat juga sih sebenernya liat ikan mas tinggal disisain kepalanya doank ma tuh piranha! bener kalo ada yg bilang ni ikan ngebosenin, soalnya kalo dia lagi ga laper, ikan piranha cuma diem aja, n ngumpet, ga suka berenang pecicilan mereka!

    tapi buat yg mau beli, pas di toko ikannya, cobain aja minta ama abang nya tuh ikan dikasi makan ikan or kodok, kalo mereka ga mau makan berarti bukan piranha! tips itu juga gw tau dari temen gw!

    trus buat ngerawatnya, gw pernah pas nguras aquarium, gw langsung ganti semua tuh air dengan air baru, hampir semua piranha gw mati!ternyata piranha sensitif ama air baru

  35. machot mahmud said,

    Desember 28, 2009 pada 9:52 am

    saya juga heran, kenapa koq ikan seganas seperti ikan piranha ini bisa masuk ke indonesia, saya bukan penggemar ikan, tetapi saya koq merasa was-was jangan-jangan nanti ikan ini bisa berkembang di perairan kita, wah..bisa guawat…..

  36. Rizki said,

    Januari 3, 2010 pada 1:32 am

    Saya ingIn mEMiLIki iKAn piRAnHa.
    tp ada ga ya ikan piranha dijual di plembang ? . . .

  37. Januari 19, 2010 pada 10:09 am

    kalau berkelompok kekuatan ikan piranha dahsyat ya.. :)

    Music
    Inspirasi Samuel

  38. harahap said,

    Januari 23, 2010 pada 7:14 am

    gw masih penasaran ama ikan gw piranha apa bukan emang sih dia makannya ikan, trus klo makan nyisain kepala ikannya…cuma gw malah gedeg soalnya gw ketipu masa gw beli nih ikan seharga 50rb cuma dapat 6 biji…
    tp yang seru dari miara ikan piranha cuma pas ngasih makannya doang soalnya ngeburu ikan dan caranya makan buas bgt bro….

  39. hanifah said,

    Maret 16, 2010 pada 10:01 am

    memangnya ada yang mau melihara ikan piranha??
    merinding deh, kalau nanti kelar dari aquarium!

  40. alya said,

    Maret 16, 2010 pada 10:11 am

    untung aja ada ini! aku jadi tau informasi tentang ikan mengerikan ini.

  41. audah said,

    Maret 24, 2010 pada 4:59 am

    sekarang juga lagi musim panen piranha…. disekitar joglo dan ciledug,,semua tukang iknanya pada jual piranha!! harganya 5000,, tapi klo beli banyak,,bisa kurang jga,,,haahaha…

  42. antobingung said,

    Maret 25, 2010 pada 8:23 am

    toko ikan yg jual piranha di daerah jakarta dmn ya?????thx b4

  43. daddy said,

    April 3, 2010 pada 3:05 pm

    Klo Piranha ada brapa macam jenis & jenis yg paling buas jenis apa…tx u

  44. helmi said,

    April 4, 2010 pada 12:50 pm

    aq mau bkin topik ikan piranha ni tuk ujian tpi kok g ad critanya klo buln lalu topik na hamster kasih jug donkk info yg lbh jlssssssss

  45. April 9, 2010 pada 10:48 am

    [...] >klipingut.wordpress [...]

  46. PIRANHA GANAS said,

    Mei 5, 2010 pada 3:57 am

    piranha emang ganas..aku punya 1 aja kemarin juga nyamperin tanganku…kalo besar pasti bs putus..biar ganas tapi asyik kalo pas lagi lihat makannya… di solo harga kecil 5 rb-an…

  47. irwan said,

    Agustus 16, 2010 pada 12:51 pm

    saya bru bli piranha 14 ekor,biar g cpt mati minta tipsnya donk…..
    udah pernah nyoba ikan tetra mlah mati semua,,..
    pas liat piranha jd pngen nyoba…..
    pakan yr bagus biar warna klwr pk apa…..????

    • kire bellied said,

      Juli 16, 2011 pada 10:01 pm

      kalo pakan yang bagus buat timbul warna pake udang aja mas tiap harinya,ato super red merk pakannya,,,,,,seminggu sekali kasih ikan nila ato apa aja yang agak gedean….trus piranha kan gampang stres,,,,,,seminggu sekali juga pake garam ikan yang kristal…….kalo misalkan pengen ganti air,ganti setengahnya aja mas,biar bau nya masih ada.

  48. yusuf muhammad said,

    Agustus 22, 2010 pada 8:21 am

    hemh…
    kalo bisa kedarat aku mau beli ah
    buat nyari tikus tikus di rumahku
    jhahay…

  49. September 27, 2010 pada 10:24 am

    gw kgak mau ah

  50. yusuf said,

    September 28, 2010 pada 5:23 am

    Waw.. Kalo saya tertarik banget ingin memelihara ikan bawal atau kepiting. Bisa gak ada pencerahan..

  51. haikal said,

    September 29, 2010 pada 5:16 am

    ikan celaka

  52. piranha said,

    Oktober 18, 2010 pada 3:38 pm

    klo dah bosan pelihara ikan piranha.. jgn buang ke sungai… bs cilaka ntar klo beranak pinak..

  53. arifah said,

    April 7, 2011 pada 2:35 am

    seremm…….bgtz ya….piranhanya! hati2, kalau pelihara nnt hidungnya kegigit!

  54. syuhadah said,

    April 10, 2011 pada 10:41 am

    Salam, semalam saya tengok cerita piranha yang keluar hari tu , seriously this is amazing story . That can make me scared when saya nak pergi mandi sungai . Walaupun ikan piranha tu tidak ada di Malaysia , tetapi cerita itu meberikan saya bayangan bahawa ikan piranha have in Malaysia .

    But terima kasih kerana berikan serba sedikit kisah tentang piranha ini ya , I realy cherish that .

    Hada . :)


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

