Illegal Loging Penyebab Terbesar Kerusakan Hutan Indonesia

 
03 Maret 2004

TEMPO Interaktif, Yogyakarta: Selama sepuluh tahun terakhir, laju kerusakan hutan di Indonesia mencapai dua juta hektar per tahun. Selain kebakaran hutan, penebangan liar (illegal loging) adalah penyebab terbesar kerusakan hutan itu. Demikian dikatakan Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM), Profesor Doktor Soekotjo, di Yogyakarta, Rabu (3/3).

“Selama 1985-1997, kerusakan hutan di Indonesia mencapai 22,46 juta hektar. Artinya, rata-rata mencapai 1,6 juta hektar per tahun,” kata Soekotjo. Ada empat faktor penyebab kerusakan hutan itu: penebangan yang berlebihan disertai pengawasan lapangan yang kurang, penebangan liar, kebakaran hutan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian atau pemukiman.

Menurut Soekotjo, kebakaran hutan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia pada 1997, membuat hampir 70 persen hutan terbakar. Kerusakan hutan bertambah ketika penebangan liar marak terjadi. Penebangan liar telah merusak segalanya, mulai dari ekosistem hutan sampai perdagangan kayu hutan. Lantaran hanya dibebani ongkos tebang, tingginya penebangan liar juga membuat harga kayu rusak. Persaingan harga kemudian membuat banyak industri kayu resmi terpaksa gulung tikar.

Selain itu, lemahnya pengawasan lapangan penebangan resmi juga memberi andil tingginya laju kerusakan hutan di Indonesia. Padahal, kriteria Direktoran Kehutanan mengenai Tebang Pilih Indonesia (TPI) sebenarnya sudah cukup baik dan sesuai dengan kriteria pengelolaan hutan yang telah dirumuskan dalam berbagai pertemuan ahli hutan se-dunia. “Tapi di lapangan, kriteria itu tidak berjalan akibat lemahnya pengawasan,” kata Soekotjo.

Walau demikian, para ilmuwan di Fakultas Kehutanan UGM masih optimis, hutan di Indonesia bisa dipulihkan dalam waktu 40 tahun. Caranya? Teknik pemuliaan pohon, manipulasi lingkungan serta pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan untuk memulihkan kembali hutan di Indonesia. Penanaman hutan secara intensif menjadi pilihan terbaik karena bisa diprediksi. Sehingga, kebutuhan kayu bisa diperhitungkan tanpa harus merusak habitat hutan alam yang masih baik.

Memang, mempertahankan seluruh hutan di Indonesia tidak mungkin. “Tapi paling tidak, 50 persen hutan alam di Indonesia harus tetap dijaga keasliannya. Sisanya, bisa diusahakan menjadi hutan tanaman industri,” kata Soekotjo. Menjaga 50 persen hutan alam itu berguna untuk keseimbangan ekosistem, mempertahankan genetik tanaman dan menjadi sumber tanaman obat serta sumber makanan. “Saat ini saja, UGM sudah menemukan tujuh tanaman hutan yang diperkirakan bisa menjadi bahan obat penyakit HIV,” kata Soekotjo.

Heru CN – Tempo News Room

About these ads

51 Komentar

  1. murtiyanto said,

    Maret 31, 2008 at 9:45 pm

    lumyan

  2. ZULFA said,

    Mei 28, 2008 at 1:13 am

    artikel yang anda tulis sangat bermanfaat bagi saya untuk memenuhi tugas IPA tentang hutan.Trmksh

  3. Nick said,

    Juni 5, 2008 at 12:53 pm

    TriMaKasiH..TeNtaNg aRtiKeL ini.u/ Bisa Memudahkan saia dlm tuGas PLKJ.

  4. Astrid & Anita said,

    Juli 26, 2008 at 3:47 am

    Thx… Artikel ini bs membantu saya dlm tugas PLH…

  5. shinda m. or kim impossible said,

    Agustus 20, 2008 at 11:06 am

    lumayan bro

  6. tamam said,

    Oktober 10, 2008 at 5:07 pm

    membangun kepedulian masyarakat dalam melestarikan hutan memang sulit, tapi alangkah baiknya jika semuanya berangkat dari kesadaran individu, masyarakat yang memang disadarkan oleh realitas yang pahit.

  7. Vivie said,

    Oktober 17, 2008 at 6:23 am

    Thank’s bngt bbrapa hal yg tlh byk membntu dalam presentase gw

  8. Tyas cyutezt said,

    Oktober 20, 2008 at 7:28 am

    tank’s bgt yaw bwt informasix….

    q d bs ngerjain tiugas ips w.

    tp kyakx g nyambung bgt…

    q jd bingung??????????????????????????????????????????????????????????????????

  9. November 1, 2008 at 2:59 am

    [...] Nopember 1, 2008 oleh rizkyfauzan Illegal Loging Penyebab Terbesar Kerusakan Hutan Indonesia [...]

  10. masyrofah said,

    November 19, 2008 at 5:52 am

    this article gives a lot benefit for us to know more about the environment in Indonesia.not only as the knowledge but also for fighting the illegal loging.thanks a million

  11. November 30, 2008 at 8:50 am

    Illegal Logging merupakan kejahatan kolektif dari seluruh element masyarakat indonesia, dari pembuat kebijakan, penegak hukum, para pemodal, oranng2 yang terpinggirkan dan kita yang membeli kayu illegal. Mari berhenti membeli kayu Illegal untuk menyelamatkan Hutan Kita !

  12. Aic Ha PutT Ri said,

    Desember 10, 2008 at 11:16 am

    Ilegal logging emnang kejeM….

    Tapi… KadaNg kiTa ga saDAR kalao….

    IlegaL LOggIng yanG terjadi

    SecaRa gak LANgsung ada HubunGannYA sama Qta

    BeLI kayu YG usiannya PohoNnYA MasIh MUdda (PAddaHal Qta Tau)

    Itu TerMASuk ILegal LOggiNG terSeluNDup

    So, YUk barenG 2 qta baNGun Lagi hutaN qta YaNg udah anCUr…..

    BiaR bisSA jadi PAru2 DUNIA…… OKAYZ ???

  13. Kusnandar said,

    Januari 23, 2009 at 12:04 pm

    Alam menangis karenanya. Manusia meringis tentunya karena kebanjiran, tanah gersang dan kepanasan.

    • Mr, Ngeress said,

      September 15, 2010 at 3:58 pm

      Makanya beli apartemen kayak pejabat2 indonesia, ga bakal kebanjiran.

  14. winie said,

    Januari 30, 2009 at 10:56 am

    yeaachh,…i know that we muzt keep our forest!!!but, qt tu juga perlu bgtz make tu utan,..gimana dunkzz??!!

  15. cimoets said,

    Februari 7, 2009 at 7:17 am

    matur suwun nggeh……………………………………….

  16. reya said,

    Februari 9, 2009 at 6:30 am

    thx bgt,,

  17. miniminimo said,

    Februari 15, 2009 at 3:07 am

    mau buat tugas sekolah…………tapi malah bingung

  18. s said,

    Maret 3, 2009 at 1:09 pm

    The benefits of conforming to socio-environmental laws are not easily or immediately seen. Meanwhile, the hallmark of good capitalistic investment is that the investment pays off quickly—to get profits fast! How can we stop capitalism from destroying the environment? That’s what we have to ask.

    I am amazed at an Indonesian political fashion company called shirTalks (www.shirtalks.com) that dares to ask these questions. They actually did a nice shirt design about it, particularly about illegal logging. Check out my blog at http://shirtalks.wordpress.com/2009/02/26/capitalism-kills-trees/ to see it.

  19. musly said,

    Maret 9, 2009 at 2:09 am

    tolong minta artikel kerusakan hutan sekarang !please

  20. WINDA said,

    Maret 11, 2009 at 7:59 am

    HUTAN ITU PARU-PARU DUNIA………KITA TIDAK SADAR KALO KITA SUDAH MERUSAKNYAQ SO…………..SAYANGILAH HUTAN KITA.

  21. rs said,

    Maret 16, 2009 at 4:53 am

    sebaiknya kita bisa lebih sadar tentang konsekuensi yang terjadi kalau penebangan hutan terus berlangsung. akibat penebangan liar sudah sering terjadi, tapi kita tetap saja melakukan penebangan liar, pikirkan akibat lebih lanjutnya, jangan bersikap premitif!…….

  22. TEKLEK said,

    Maret 24, 2009 at 8:20 am

    menegakkan hutan indonesia tak hanya cukup berkomentar n berdebat tapi harus berbuat. good artikelnya semoga yang membaca bisa mengerti kalau hutan perlu ditegakkan agar selamat anak cucu kita.

  23. hida said,

    Maret 27, 2009 at 6:40 am

    alhamdulillah..
    makasih ya udah memberikan inspirasi untuk saya dalam membuat tugas tentang kerusakan lingkungan….
    semoga lebih baik lagi kedepannya..

  24. Sudibyo M. Wiradji said,

    Maret 31, 2009 at 8:34 am

    Human factor plays major role in contributing to deforestation in Indonesia. As long as Indonesian leaders, officials and politicians are still easily bribed by businesspeople (investors) who take advantage of forest for commercial profit, then deforestation will continue!

  25. April 7, 2009 at 12:41 pm

    makasiy banget yach..
    berkat makalah ini,la bisa nyelesain tugas akhir semester
    geografi…

  26. aNna moeD said,

    Juni 1, 2009 at 11:22 am

    whuiz………………………….
    artickle ney kreNNNN abieZ!!!!
    qU jatdHiii iza nGerjaeN tgAz zkuLa qU lh0uw…..
    thx Shobb…
    i Lophe yoU alll…………………..

  27. Bintang said,

    Juni 6, 2009 at 2:38 pm

    thanks atas artikelnya.

  28. Adityawarman said,

    Juni 8, 2009 at 11:33 am

    ini semua karena kita/terutama pejabat dan aparat penegak hukum tidak serius dalam menangi masalah hutan, tapi justru banyak yng terlibat dalam ilegal loging, dan juga kesadaran masarakat sekitar hutan juga sudah kurang/kayu lebih cepat menghasilkn uang.

  29. peri hutan said,

    Juni 16, 2009 at 4:24 am

    hik hik hik …hiks … gw jd jablay aja dah ke kota, hutannya pada habis ..

  30. Puspa Wangi said,

    Juli 9, 2009 at 8:19 am

    Sedih bgt tiap kali denger tentang kerusakan hutan di Indonesia. manusia yang sangat egoistis membuat makhluk lain menjadi korbannya – tanaman dan hewan yang jadi kehilangan habitatnya. Bagaimana pertanggung jawaban kita nanti kepada Allah SWT tentang tugas kita di muka bumi sebagai khalifah di muka bumi?

  31. hary said,

    Juli 24, 2009 at 5:20 pm

    boleh juga nih f.kehutanan,,,

  32. yolandapratiwi said,

    Agustus 17, 2009 at 5:27 am

    tx iah krn ini w dpt memenuhi nlai tgs komputer w. artikel ini sngt bgs semoga manusia dpt menjaga hutan dan melestarikanna dgn baik.

  33. natazhia syeren said,

    Agustus 18, 2009 at 12:09 pm

    bagus bgt ini bisa bantu sata dalam mencari informasi dan upaya2 pemulihannya..thx..

  34. oki smansata said,

    Agustus 19, 2009 at 1:37 pm

    smaoga oknum perusakan pada kembali ke jalan yang benar

  35. didin trifonias ipb said,

    Agustus 20, 2009 at 10:32 am

    kerusakan hutan telah mencapai 70% berarti Indonesia yang pernah mendapat julukan paru-paru dunia mengalami penyakit paru-paru yang sangat kritis.MEMERLUKAN WAKTU 40 TAHUN UNTUK MEMULIHKAN HUTAN KITA. illegal loging, alih hutan menjadi lahan pertanian, kebakaran hutan, serta pengawasan yang kurang menjadi penyakit utama hutan kita.NAMUN,,,, SIAPA YANG SALAH? SIAPA YANG TERLIBAT? SIAPA YANG HARUS BERTANGGUNG JAWAB? SEMUA PERTANYAAN TERSEBUT HARUS MENJADI BAGIAN HIDUP MASYARAKAT INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! DAN HARUS DI JAWAB DENGAN KEJUJURAN DAN KOMITMEN!!!!!!!!!!!!!JIKA TIDAK DILAKSANAKAN MAKA KEDEPANNYA HUTAN INDONESIA HANYALAH SEBUAH PUING-PUING YANG TERLANTAR!!! SADARKAH KITA,BAHWA KITA TERLAHIR DI DUNIA INI UNTUK MENJALANKAN AMANAT ALLAH? MENJAGA ALAM INI, MENGONTROL ALAM INI,DAN SALING MELENGKAPI.
    SEMOGA KOMENTAR INI DAPAT MENYADARKAN KITA SEMUA,,AMIN.
    TERIMAKASIH……..

  36. iqbal fauzi said,

    Maret 14, 2010 at 3:12 am

    semoga saja hutan indonesia menjadi lebih baik

  37. wank said,

    Juni 18, 2010 at 6:38 am

    semoga orang yang merasa bersalah segera bertobat…..

  38. ajeng said,

    Juli 31, 2010 at 7:00 am

    Kapan mereka akan sadar kalau hutan sanggat bermanfaat bagi kita semua baik yang berdampak secara langsung ataupun tidak langsung

  39. Mr, Ngeress said,

    September 15, 2010 at 3:56 pm

    Ga apa2 hutan rusak, Bapak SBY dan kroni-kroninya dapet makan dari situ soalnya, masalah masa depan bangsa ga usah dipedulikan yang penting akhir masa jabatan hutan masih ada walau sedikit.

  40. September 27, 2010 at 4:57 am

    waw thank you very much y utk tugas PLH ku yg sulit bgtttttttttt…..krena atas jasamu wehehe…..

  41. suwito said,

    Oktober 7, 2010 at 7:37 am

    wahhhhh alase mbahe po toyooooo ojo dirusak terus entar banjir ……terus piye…gara2 ulah satu orng satu kampung jadi sasaran banjir ….

  42. nike said,

    Oktober 9, 2010 at 8:17 am

    hanya kita sebagai manusia yang bisa merubah semua keadaan hutan kita,,,

    berpikirlah bagaiamana kehidupan yang akan datang, apabila hutan terus menerus rusak….apa jadinya dunia kita………
    semuanya akan berdampak pada kita semua,,,,,

    kita sudah membuat paru-paru dari dunia ini sakit parah….

  43. Harry Potter said,

    Oktober 13, 2010 at 7:11 am

    tindak semua penghancur hutan

  44. monica said,

    Oktober 21, 2010 at 12:46 pm

    makasih ya udah ngasih tau buat kliping aku

  45. anang said,

    Desember 11, 2010 at 8:33 am

    apapun yang kita lakukan harus dipikirkan dulu dampakx apa itu baik ataukah sebaliknya. jadi yang harus kita tanam disini adalah kesadaran…..ok mi to…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  46. delima said,

    Desember 25, 2010 at 7:45 am

    aq lagi cari bahan neh untuk skripsi aq yg mengenai illegal logging……….
    bisa dikasi bantuan gk ,,, buku2 apa aja yang bagus yang mengenai kasus illegal logging???

  47. Robi said,

    Januari 23, 2011 at 1:06 pm

    bah ini dia yg kucari…
    makasih ya udah bisa bantu tugas geografi saya

  48. Silvikultur said,

    Februari 7, 2011 at 7:39 am

    mari menanam pohon agar hutan tetap lestari

  49. Wakk Jhoe said,

    Maret 9, 2011 at 4:56 am

    Lumayan

  50. chacha said,

    Juni 28, 2011 at 9:18 am

    bgmNa craa.ya meNgHeNtikaNd iLLegaL LogGiNg_
    sdaNgkaNd qtaa taw,,,
    Law sbagiaNd bsaaarr kbtuHaNd qtaa_
    dpaaaTt trpeNuHiiii dNgaNd adaa.ya iLLegaL LogGiNg,,,


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: