Tiga Tahun Disiksa Gatal-Gatal

Anda sibuk tapi masih ingin meraih sarjana untuk menunjang karir, maka inilah |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN – terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

70314141 -7313350: jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

 

Jumat, 12 September 2003

Diasuh oleh
Dr.Handrawan Nadesul
Dokter Umum


Ilustrasi: Tanto -Senior

“Saya punya keluhan gatal-gatal yang sulit disembuhkan. Beberapa dokter spesialis kulit sudah saya kunjungi, tapi sampai sekarang tidak ada hasilnya.
Gatal-gatal saya alami sejak tahun 2000 (sudah tiga tahun).

Umumnya timbul malam hari, tapi tiga bulan terakhir ini timbul pada siang hari juga. Lokasi gatal menyebar di beberapa bagian tubuh, khusus di sekitar tangan, kaki, perut, leher (biduran, kaligata).

Semula saya pikir gatal-gatal itu disebabkan oleh cuaca dingin malam hari (saya tinggal di Bogor). Namun, di tempat berhawa panas seperti di pantai, gatal ini kadang timbul juga.

Tahun 2001, atas rujukan dokter kulit, saya melakukan tes alergi (Prick test). Ada 23 zat yang dites, namun hasilnya ternyata semuanya negatif. Artinya, ke-23 zat yang disuntikkan itu bukan sebagai pemicu gatal-gatal (terlampir hasil Prick test).

Gatal-gatal ini sungguh mengganggu aktivitas, dan terpaksa untuk mengatasinya setiap tiga hari sekali saya minum antihistamin. Belakangan dua hari sekali harus minum karena gatal yang tak tertahankan.
Melalui surat ini saya mohon bantuan dokter untuk mengatasi alergi ini. Jika pembaca SENIOR ada yang mempunyai keluhan sama atau mengetahui solusinya, tolong informasinya.”
Hend. D.W. di Bogor

Saudara Hend. D.W. di Bogor,
Saya bisa merasakan apa yang Anda alami selama tiga tahun terakhir ini. Jangankan gatal berhari-hari sepanjang bulan dan tahun, gatal sebentar akibat digigit nyamuk saja bikin kita runyam.

Konsentrasi dan ketekunan kita dalam bekerja dirongrong oleh munculnya rasa gatal yang bertubi-tubi hampir setiap hari, bukan cuma di satu tempat, melainkan di beberapa bagian kulit badan. Bisa jadi itu mengganggu rasa sejahtera juga. Amarah, kesal, risau, yang tidak perlu ada bisa saja bangkit kalau gatal tidak mau hilang.

Masalah yang kita hadapi sampai saat ini bahwa alergi di dunia semakin merajalela seiring dengan semakin memburuknya polusi dalam bentuk apa saja. Kita tidak tahu apakah udara yang kita hirup setiap detik itu sudah berisi polutan yang menjadi alergen baru buat tubuh kita, yang sebelumnya tidak ada.

Bukti untuk itu, orang yang di kota kediamannya tidak pernah alergi, mendadak alergi setelah pindah atau berkunjung ke kota lain. Orang tersebut menemukan alergen, zat yang tubuhnya tidak tahan menerimanya, di wilayah lain. Kasus begini bisa juga oleh jenis menu makanan lain yang sebelumnya tidak pernah disantap.

Kemunculan Alergi
Selama alergen itu masih bercokol di sekitar kita, selama itu alergi sukar terkendali. Kita tahu obat antihistamin cuma berfungsi untuk meredakan dan mengendurkan reaksi yang timbul akibat masuknya alergen ke dalam tubuh. Tubuh yang berbakat alergi, dalam darahnya senantiasa menyimpan memori yang mengingatkan siapa-siapa saja “musuh” yang harus diperangi setiap kali kembali datang memasuki tubuh.

Setiap kali berperang melawan alergen, si “musuh” itu, tubuh akan menghasilkan zat histamin. Zat histamin inilah yang memunculkan reaksi alergi berupa gatal-gatal jika muncul di kulit, sesak napas dan hidung mampet jika bermanifestasi di saluran pernapasan, atau mual dan mencret jika merupakan reaksi di saluran pencernaan. Obat antihistamin yang biasa kita minum hanyalah menjinakkan histamin produk peperangan tubuh melawan alergen itu.

Tubuh sendiri sukar untuk direkayasa menjadikan darah yang berbakat alergi itu dirombak, direstrukturisasi, sehingga tidak sensitif lagi terhadap zat, bahan, atau polutan tertentu. Kita terima saja bakat alergi sebagai sesuatu yang sukar diubah.

Yang bisa dilakukan hanya menghindar dari semua bahan atau apa saja yang bikin kita alergi. Setiap orang memiliki kerentanan terhadap zatnya sendiri-sendiri dan tidak selalu harus sama. Yang paling sering sama pada banyak orang adalah debu rumah. Dalam debu rumah terkandung kutu renik tungau (mite).

Bahan berprotein ini yang bikin orang yang berbakat alergi tidak tahan menerimanya. Selama debu rumah terus bersarang di sekitar kita, di kipas angin, di saringan AC, selama itu pula kemunculan alergi sukar dibendung.
Persoalan yang Anda hadapi, bahwa hasil tes alergi Prick semuanya negatif, yang bisa disimpulkan (seolah-olah) Anda bukan pengidap alergi, sekurang-kurangnya terhadap ke-23 jenis alergen yang diteskan itu. Apa betul begitu?

Kenali Pencetusnya
Kemungkinan analisisnya bisa demikian. Namun, masih ada kemungkinan pemeriksaan tes alergi itu tidak akurat, sebab alat dan bahan yang dipakai atau cara melakukan tes bisa saja salah. Bisa dipastikan Anda memang tergolong kasus alergi, melihat keluhan dan gejala menghilang jika minum obat antihistamin seperti yang Anda akui.

Itu bisa juga berarti tes alerginya tidak salah, tapi sangat bisa jadi ada jenis alergen yang tidak tercakup di dalamnya, mengingat polutan dalam udara, air, dan makanan, semakin beragam saja.

Atau alergen itu tanpa disadari mungkin ada dalam kosmetik yang baru kita pakai akhir-akhir ini, semisal pada pasta gigi, sampo, atau dari lipstik dan minyak wangi pacar baru kita. Boleh jadi juga dari kondom atau gigi palsu yang baru kita pakai.

Peliknya menatalaksana alergi oleh karena tidak selalu mudah melacak dan menemukan alergen penyebab alergi pada tubuh masing-masing orang yang berbakat alergi. Anda sendiri bisa dipastikan betul berbakat alergi. Yang belum kita ketahui, apa alergen pencetus reaksi alergi Anda dalam tiga tahun terakhir ini.

Kalau tes alergi tidak berhasil menangkapnya, saya kira perlu upaya mengoreknya. Sebab, Anda sendiri yang paling tahu ada hal-hal apa saja yang berpotensi mencetuskan reaksi alergi dalam tiga tahun terakhir ini, termasuk tentu dalam sabun mandi, lotion aftershave, handbody cream, jamu, suplemen, minyak gosok, camilan, atau menu baru kesukaan, termasuk bumbu masak, penyedap, pengawet, atau kecap, yang tidak dicakup dalam tes alergi.

Peran Vitamin C dan E
Sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan alergi. Orang bisa terbebas dari bakat alerginya biasanya sebab tubuh dibikin “preman” dengan tanpa rasa takut menghantam apa saja yang menjadi alergennya, “musuh” bebuyutan tubuhnya. Yang tidak tahan udang, terus makan banyak-banyak, sampai suatu saat tubuh sendiri sudah kebal. Dan makan udang pun tidak bikin alergi lagi.

Seperti itu yang dilakukan medis terhadap pasien alergi sebagai bentuk desensitisasi. Secara berangsur-angsur, dengan sengaja dimasukkan unsur alergen yang tubuh tak tahan menerimanya. Harapannya, lama-lama tubuh tidak rentan lagi terhadap alergen yang menjadi musuhnya itu. Untuk itu perlu waktu bertahun-tahun.

Selain itu, peran vitamin C dan E besar sekali dalam menjinakkan bakat alergi seseorang. Studi tentang peran kedua vitamin ini menunjukkan bahwa konsumsi rutin vitamin ini selama berbulan-bulan terus-menerus, paling tidak mengurangi kekerapan alergi kambuh.

Pada kasus-kasus tertentu, serangan alergi sedemikian hebat, sehingga perlu penatalaksanaan khusus, selain obat khusus pula. Di Amerika misalnya, obat golongan immunosuppressants yang biasa dipakai pada penyakit otoimun (termasuk kasus transplantasi organ), diberikan juga untuk menjinakkan alergi yang berat.

Selain itu, ada pula jenis injeksi golongan obat omalizumab dan beberapa jenis obat baru lain yang diperkenalkan. Namun, obat-obatan tersebut hanya lebih kuat menekan alergi tanpa bisa membebaskan bakat alerginya.

Sekali lagi, kepada Anda, saya hanya bisa menyarankan dua hal. Periksa ulang tes alergi di pusat pemeriksaan yang berbeda untuk konfirmasi pemeriksaan sebelumnya betul-betul akurat. Jika hasilnya tetap negatif semua, Anda sendiri perlu melacak dan mencari apa yang menjadi penyebab alergi yang baru muncul tiga tahun belakangan.

Bisa jadi ada hal-hal yang tidak Anda sadari dari gaya dan cara hidup, pola makan, atau yang Anda pakai dan konsumsi baru dalam tiga tahun terakhir ini, dan saya kira pasti bukan dari lipstik atau minyak wangi pacar baru, sambil mulai mengonsumsi rutin vitamin C dan E. Selamat mencoba, semoga memberi hasil. Salam. @

 

Source : KCM-senior

57 Komentar

  1. yogiastanto said,

    Maret 8, 2008 at 1:26 am

    saya yogi
    mau tanya, say punya keluhan pada kaki,tangan dan kerangkangan pada bagian kelamin mengalami alergi sudah bertahun-tahun, tolong apa obatnya dan perawatannya bagaimana ?

    • ahmad said,

      Maret 15, 2010 at 9:44 am

      coba makan daun binangun tiap hari 1 lembar daun, aq jg kena gatal udh lama tp blm jg sembuh udh berobat ke dokter spesialis kulit

  2. Adi said,

    Desember 6, 2008 at 9:15 pm

    Pak hendra,kayaknya kita senasib.
    saya juga alergi gatal dok,kayaknya karena udara dingin.tp skrg udara tidak dingin pun kadang2 tetep muncul bentol2,bagaimana ini dok?padahal kalau dr makanan,saya makan seperti biasanya.saya minum incidal tiap hari,tp sekarang saya hentikan,gatal2nya pun makin g karuan,kalau tidak minum incidal,apa nanti bisa sembuh sendiri dok?saya takut kalau tiap hari minum incidal,apa efek sampingnya kalau dikonsumsi dalam jangka panjang dok?
    Terima kasih atas penjelasannya.

  3. Januari 1, 2009 at 2:52 pm

    Dok klo aq gatalnya dikepala dibilang karena ketombe bukan, rutin shampoX
    gatalnya sampai di dahi(muka) tapi bisa ditebak penyebabnya,karena air dulu udah sekitar 3 bulanan lalu mulaiX.

    apa obatnya yach ???

    Tanggapannya.!

  4. Tya said,

    Januari 23, 2009 at 5:08 pm

    Dok,sy jg pny keluhan.seluru tbh sy th gtel2 bgt.g tau knp.krn alergi at pa,sy krg tau.gtal2nya jg bkin bntol kecil2 gt,merembet lg.tbh sy smpai merah2 gt.g kuat gtalnya.obatnx p y dok.

    • rindra said,

      Juni 3, 2009 at 9:32 am

      dok badan saya sering gatal, kalo digaruk itu semakin meluas merah-merah dan timbul kaya biduran gitu, nanti kalo didiamkam sembuh sendiri dan itu tiap hari terjadi udah berbagai obat saya minum tapi dak sembuh2

  5. copet said,

    Februari 7, 2009 at 5:07 pm

    saya juga punya keluhan lho,
    saya sudah 2 bulan mengalami gatal-gatal berupa bentol kecil diseluruh tubuh selain dibagian muka.
    saya coba minum obat,awalnya sich agak sembuh,tapi lama-lama malah tambah merajalela gtu,
    hingga saya coba untuk meminum tanaman yang bernama brotowali,tapi hasilnya belum saya ketahui,karena saya baru mencoba 1 kali itu saja…..
    barang kali anda bisa membantu saya mencari obatnya 11111111111111

  6. Dyah said,

    Februari 16, 2009 at 7:56 am

    saya kena sakil gatal terutama dipergelangan siku dan kaki. kalo udah digaruk lalu keluar air, dan gatal terus menerus gamana pengobatannya dok?

  7. robi said,

    Maret 18, 2009 at 3:33 am

    gatal sebuah anugrah bagi qta saya sudah 27 tahun sejak kecil sakit gatal. smua sepisialis kulit, obat alternatif sudah di coba tapi tidak ada hasil, ya mungkin tuhan memebrikan sesuatu kepada qta hal yang terbaik. andai qta tidak diberi gatal mungkin qya suydah mengumbar tubuh qta, dngan gartal qta bisa menutup aurot qta. saya punya sejenis kurap tapi hanya pada bagian lipatan kulit, sudah lama saya berobat tidak berhasil, bahkabn obat imppotr dah saya paka nihil. qta ambil sisi piositifnya saja, gak usah berprasangka buruk pada tuhan

    • dien-syd said,

      Mei 18, 2011 at 1:34 am

      masyaallah saya salut dg kesabaran anda….smg tuhan membalasx dg pengampunan dosa dan pahala yg berlipat. amien

  8. cikicik said,

    Juni 2, 2009 at 9:24 am

    Buat copet sy mau tny..gmn khasiat brotowaliny bbuat gatal2ny?? Krn sy jg sdg mngalami gatl2. Tlg djawab y.. Makasi.
    Gmn dong..sy

  9. prizy said,

    Juni 11, 2009 at 5:59 am

    saya ingin bertanya..
    bagaimana caranya menghilangkan alergi gatal-gatal???
    soalnya semenjak 1 bulan ini saya mengalami alergi gatal-gatal yang berupa timbulnya benjolan benjolan hingga sampe mnyebar di kaki tangan bahkan muka..dan membuat saya sulit untuk tidur malam,seringkali alergi ini timbul pada waktu malam.
    untuk itu saya ingin agar anda bisa membantu saya…..
    thanks before..

  10. Nabil Syakir said,

    Juni 29, 2009 at 8:18 am

    saya jga mengalami gatal2 sudah 6 blan, bny dktr sdah d coba
    tp haslna nihil.sya tkt pnykt ini trjd slma bertahun tahun.saya sih pny pndngn sndr pnykt ini akibat gangguan jin.karena pengobatan medis sdah d coba.,,.

    • yuni yutsa said,

      Desember 20, 2010 at 10:37 am

      saya punya nasib lebih sial dari anda,penyakit gatal yg saya derita sudah 17 tahun lamanya.Berobat kedokter sudah bosan,obat-obat herbal sudah dicoba semua.Saya sadar barang kali ini suatu cobaan dari Tuhan,yang kemudian membuat saya bisa lebih tawakal dan sabar dan yakin semua itu ada hikmahnya.Saya jadi menutup semua aurat saya,jadi lebih cantik,anggun,bersh.Teman-teman senang berteman dengan saya.Karena sudah terbiasa tidak jadi mengganggu aktifitas saya.Hindari bergaruk di tempat umum,atau di depan teman-teman,carilah tempat tertutup untuk menggaru bagian yg gatal,WC atau kamar yg di dalamnya hanya ada kita sendiri.

  11. kensusei said,

    Juli 6, 2009 at 11:47 am

    terimakasih dok atas solusinya karena saya juga amempunyai penyakit yang dinamakn alergi,bisa jadi tubuh saya juga berpotensi alergen,,,karena saya dari kecil mudah sekali alergi dok,sampai sampai saya sudah bosen berkunjung kerumah sakit bahkan sudah bosen ketemu dokter kulit,,,terimakasih dok atas solusinya

  12. hanik said,

    Juli 20, 2009 at 11:08 am

    saya punya kenalan yg sebelumnya punya masalah seperti itu. gatal2 sdh 1 th, dipriksakan ke beberapa dokter kulit tp t juga sembuh. setelah itu, saya tawarkan kepadanya untuk mengkonsumsi VCO(Virgin Coconut Oil). bebrapa saat setelah itu, ada kabar bahwa gatalnya sudah sembuh dengan hanya mengkonsumsi 1sendok makan VCO tiap harinya…mgkn bisa dicoba…

  13. antip said,

    Juli 30, 2009 at 4:02 am

    Saya ingin bertanya dok

    Bagaimana caranya menyembuhkan gatal-gatal pada bayi yang berusia 7 bulan,tidak tau pasti apakah itu alergi atau ya
    tp gatal-gatal ini sudah hampir 4 bulan dan sampai sekarang belum sembuh juga,kasihan dia masih kecil tapi hrs mengalami itu,tolong dok kasih solusinya,supaya kami tidak kerepotan.kami berharap pesan ini di balas secepatnya
    terima kasih banyak

  14. shafier said,

    Agustus 3, 2009 at 8:52 am

    Sy sdh hampir 1 tahun menderita gatal2 yang berpindah-pindah, sembuh disatu tempat pindah ke tempat lainnya. Karena ngak kuat sy garukin sampai berdarah-darah. Apakah ada saran obat yang mesti sy mimun & mohon doanya agar Alloh menyembuhkan gatal2 di tubuh sy ini, Amiin.

  15. aditya said,

    Desember 1, 2009 at 4:20 pm

    Dok,saya mungkin ketinggalan sama tread ini pi emang masalahnya baru2 ini…saya masih duduk di bangku sekolah,umur saya baru 17 tahun,saya aleri entah krna apa?semenjak pindah rumah saya jadi pnya alergi gatal2 tadinya saya kira karna air tanah yg di pkai krna sebelumnya kluarga sya memakai PAM,tapi jadi berlanjut saya jadi tiduk kuat jika kegerahan,jika panas reaksi gatal pasti muncul di area tangan,perut/dada, dan selangkangan..dan hanya lokasi2 itu saja yg bereaksi gatal…sudah hampir 2 thun sya menderita ini,dan ini membuat kulit saya memili bnyak bekas luka akibat garukan dan seperti kulit terkena ulat bulu… tolong saya,trims

  16. medra said,

    Januari 12, 2010 at 1:55 pm

    senasib semuanya ya..! saya lagi biduran neh,sama kalau nga minum incidal wuih,ni badan gatal semua dan bentol bentol,harus dicoba juga banyak minum/makan vitavin c dan e neh tanks dok

  17. nico said,

    Januari 30, 2010 at 3:51 pm

    dok,kerangkangan pada bagian kelamin dan bagian pantat saya mengalami alergi sudah bertahun-tahun,pdhl udh saya obati dg berbagai macam obat sembuh tp ntar kambuh lagi tolong apa obatnya dan perawatannya bagaimana ?tolong saya,trims

  18. johan said,

    Februari 4, 2010 at 9:02 am

    aku juga senasib dok

  19. nurlaela said,

    Februari 18, 2010 at 5:12 am

    siang dok, saya punya keluhan gatal-gatal saat udara dingin dari bulan november sampai sekarang belum sembuh-sembuh padahal segala obat udah saya minum seperti dekstametason,bioelergi,incidal,ctm dan obat oles tapi tetap gak sembuh. Mohon beri saran obat apa yang cocok untuk saya.trima kasih.

  20. putri said,

    Februari 25, 2010 at 6:43 pm

    dok…saya sudah mengalami gatal2 ni dah 3-4 blan tpi gag sembuh2 . emang dlu waktu kcil tiap udara dingin tw stres gtu kumat alergi na tpi gag thu npa koq jdi sering gtu dri pgi. siang jua n parah nya tiap mlem rasa nya panas, merah2 m pengen digaruk seperti kna ulat tpi setlah sudah bengkak n memerah gtu biasanya dah gag bgtu gatel sampai saya bru bsa tdur tiap mlem jam 2 pgie . saya takut bntar lagi saya kul dan jadwal saya padet tkut nya mengganggu aktivitas saya . saya sudah kedokter n diksih resep tpi jua tdk mempan n dikasih bedak pun jua .
    jdi tolng bgt saya dok… soalnnya saya dah bner2 gag than lagi .
    mksh .

    • Akong said,

      Juli 11, 2010 at 2:08 pm

      sy juga terkena gatal sama seperti kamu tapi sy pernah mencoba dengan merendamkan diri di air yg panas,bathtup,selama 30 menit setiap 2x seminggu hasilnya cukup baik serta olahraga ringan selamat mencoba

  21. bulianbaru said,

    Maret 18, 2010 at 2:47 pm

    saya mengalami gatal berair di tangan dan kakai saya .sudah 2 tahun<apa penyebabnya.

  22. Andri said,

    April 10, 2010 at 4:03 am

    Ass Dok,
    Saya mau tanya apakah yang harus saya lakukan lagi dan obat apa yg harus saya pakai, karena hampir seluruhnya sudah saya coba! ceritanya begini, saya berumur 32 tahun sudah menikah, jadi saya menderita gatal-gatal/alergi yang cukup aneh semenjak lebih kurang 7 th lalu (sebelum menikah) sampai sekarang, dimana gatalnya timbul tidak mengenal cuaca baik waktu dingin maupun panas, dan saya sudah coba menghindari semua makanan yang biasanya menimbulkan alergi/gatal2, dan saya juga sudah beberapa kali lakukan tes darah di lab, namun hasil lab tidak ada yang mengkwatirkan, dan efek dari saya menghindari makanan tersebut juga tidak ada, karena gatal itu tetap datang, dan hampir seluruh dokter spesialis kulit didaerah saya (padang) saya datangi tapi obatnya hanya bisa meredakan rasa gatal, malah efek saya mengkonsumsi obat2 itu membuat wajah saya jadi bertambah gemuk yang kurang wajar, sehingga akhirnya saya menyerah tidak lagi melakukan pengobatan, karena dari yang saya amati penyakit saya tersebut baik diobati maupun tidak diobati akan datang dan pergi begitu saja, dan gatal itu hanya timbul di telapak dan jari jari tangan saja yang mana awalnya biasa saja kemudian timbul rasa gatal yang semakin lama semakin parah yang akhir terpaksa kita garuk, yang menjebabkan kulitnya menjadi tebal dan kasar dan mulai ada bengkak bengkak kecil seperti ada cairan didalamnya, yg gatalnya minta ampun, kemudian gatal yersebut nanti akan mengeras dan bengkak itu akan pecah karena digaruk dan memang sedikit mengandung cairan putih seperti air putih dan steelah itu kulitnya jadi kering dan mulai retak retak, yang menyebabkan jari tangan akan mulai retak dan pecah2 membelah daging dijari2 tangan yang mulai perih dan masih gatal, setelah itu nanti akan kering kembali dan akhirnya sehat seperti semula, dan sehat sekitar seminguan kemudian akan kambuh lagi dengan prosesnya sama seperti pada awal tadi yakni mulai ada rasa gatal sdikit2 yang kemudian melebar, dan seterusnya seperti yang saya ceritakan diatas tadi, dan anehya itu terjadi hanya pd telapak tangan dan jari2 tangan saja, tidak pernah melewati pergelangan tangan, dan ini telah berlangsung selama 7 th ini. alhamdulilah gatal ini tidak menular ke istri dan anak2 saya walaupun saya memegang atau bersentuhan dengan mereka baik waktu sedang gatal maupun sedang kering dan sehat. dan semenjak 2 thn ini saya tidak lagi melakukan pengobatan medis, hanya saya tahan dan lewati begitu saja, namun penyakit ini sangat lah menganngu dan menyiksa saya, oleh karena itu saya sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak yang bisa memberikan bantuan dan informasi untuk mengatasi masalah saya ini. atas info dan bantuannya saya ucapkan terima ksh, semoga Allah SWT akan membalasnya.oh iya juga perlu saya tambahkan bahwa hampir semua obat2 anti alergi yg banyak direkomendasikan teman2 melalui blog2 mereka yg ada, sudah saya coba dan itu juga atas resep dokter spesialis kulit. dan sekarang tidak ada lg yg saya konsumsi karena belum ada obat2 tersebut yg membawa kesembuhan cuma sedikit meredakan rasa gatal dan mempercepat proses kesembuhan sementara, sedangkan sekarang saya tidak lg mengkonsumsi obat tapi penyakit tersebut juga bisa sembuh sendiri, cuma kemudian datang lagi, sembuh lagi dan datang lagi, demikialah terjadi selama 7 th ini, dan hanya di telapak dan jari tangan, dan biasanya lama proses waktu dari mulai gatal sedikit sampai kembali sembuh sekitar 3 s/d 4 minggu, dimana sekitar 1minggu waktu mulai gatal dan bengkak2 kasar dan sedikit berisi cairan, 1 minggu lagi waktu bengkaknya pecah dan kulit serta daging jari2 merekah dan sedikit berdarah kemudian sekitar 1minggu mulai proses mengering dan mengelupas, yang akhirnya kulit kembali normal dan bersih, sekitar 1minggu sehat maka kemudian akan mulai lagi terasa gatal, demikian seterusnya prosesnya terjadi selama 7 tahun ini, dan kalau saya mengkonsumsi obat medis baik kapsul ditambah salapnya, maka proses tadi berlangsung lebih cepat namun tidak kunjung mau sembuh, kalau tidak makan obat proses waktunya sedikit lebih lama, ada perbedaan sekitar 10 harian, dan menurut sebahagian dokter penyebabnya karena pikiran/stress, dan didaerah lain ditubuh saya yakni dibahagian yg ada lipatan2 seperti lipatan paha, sekitar selangkangan juga terasa gatal namun bentuk gatalnya agak berbeda dengan yg ditangan tadi, dan terasa gatalnya kalau lagi berkeringat, dan saya mengangap itu gatal/alergi biasa saja, tapi kalau yang ditangan tadi saya merasa memang aneh, jd tolong bantuannya, karena saya benar benar sudah sangat tersiksa,wassalam terima ksh

    • Akong said,

      Juli 11, 2010 at 2:46 pm

      Saya rasa anda salah satu dari saya,yg memiliki gatal yang sama,seperti apa yg anda alami,sy coba bantu sedikit tips,karena anda sering mengkonsumsi obat obatan sy rasa kurang baik,anda dapat mencobanya dengan berolahraga kecil jangan keterlaluan,dan anda rendamkan diri anda pada buthtup,dengan air panas,dan campurkan sedikit garam kira kira 5 sendok,dan rendamkan tubuh anda kira kira 30 menit harus cukup hangat,seminggu 2 kali saja fungsinya:
      1.olahraga mengakibatkan jalan darah menjadi lancar (terlalu berat olah raga mengakibatkan darah menjadi panas)
      2.merandam diri di air panas mengakibatkan darah menjadi lebih encer
      dan pada saat bangun beberapa saat tubuh agak dingin.
      3.garam berfungsi untuk menetralisirkan panas menjadi baik(jika kita sakit gigi dapat melakukan kumur garam)
      4.bilas bersih kembali dengan air yg panas pula tanpa garam
      pantangannya:
      1.jangan mandi malam malam,jam 5 Sare sdh boleh melakukan
      aktifitas mandi
      2.jangan mengkonsumsi es,apapun itu(es teh,teh manis dingin,dingin
      beralti panas)
      3.jangan mengkonsumsi gula terlalu banyak
      4.jangan mengkonsumsi telor berlebihan
      5.daging daging yg terlalu gemuk
      6.jangan mengkonsumsi kue Atau Roti yg berhubungan dengan ragi
      pada waktu sementara ini (procese pengobatan)3sd6 bulan saja
      7.jangan bergadang akan 2x lipat darisekarang
      8.kurangi makan berminyak
      9.jangan tidur di lantai,akan membuat jalan darah terhambat dan
      rheumatic,serta lokasi sandaran tidur akan memicu reaksi alergi lebih
      tinggi karena darah putih menyerang area tsbt,untuk menyembuhkan
      rheumatik maka secara otomatis akan membentuk alerhi semakin
      mengganas
      10,jangan tidur dengan kipas angin ditiup secara langsung

      Tips manja
      1.tidur harus di AC derajat agak tinggi,tapi tiupan angin jangan
      langsung kena tubuh
      2.gunakan herosin di sekujur tubuh sebelum tidur
      3.mintalah suami atau istri anda membantu mencakar / garuk garuk
      kecil pada area gatal,nikmati lah maka anda akan bisa tidur dengan
      nyenyak,jika anda masih sendirian sy anjurka untuk membeli
      pengaruk punggung,mengaruk dengan pelan pelan agar kulit tdk luka
      4.jangan lupa tinggalkan kuku tapi jangan terlalu panjang dan tajam
      agar di perjalanan terutama menggunakan motor dapat sedikit
      membantu ,supaya tetap konsentrasi pada jalan
      5.perbanyak minum teh Tiong kok/herbal chinese tea

      saya rasa cukup sekian anda boleh mencobanya ,semoga anda lekas sembuh
      kong

  23. Eno said,

    April 27, 2010 at 10:17 am

    assalamu’alaikum…
    dok…saya juga mau tanya, kalo mengkonsumsi CTM untuk obat gatal itu baik apa tidak? soalnya saya gatal2 di tubuh saya, seperti di pantat, selangkangan, paha, kaki, tangan, dan tubuh. Bentolnya kecil2 gitu tapi kalo gak digaruk gatal semakin digaruk semakin gatal, gak pandang siang ataupun malam (tapi kalau malam gatalnya semakin menjadi) apa saya alergi ya dok? terutama pada debu mungkin soalnya saya tiap hari pulang pergi naik sepeda motor ke kampus. Saya udah pernah coba minum obat (cobra) yang disarankan teman saya tapi juga tetep gak smbuh. Saya pengen ke dokter untuk periksa tapi saya malu karna gatalnya dia area-area seperti pantat, dan selangkangan gitu. Trus gimana dok solusinya apa tetep harus ke dokter atau periksa (tes alergi) gitu? soalnya gak nyaman banget rasa gatalnya….udah sekitar sebulan…tapi sebelumnya saya juga pernah gatal2 gitu tapi sembuh sendiri…

  24. ana said,

    Mei 11, 2010 at 2:34 am

    Assalamualaikum wr.wb
    dok saya mo tanya, saya sering sekal punya alegi yang tumbuh di sekitar bibir. Penyebabnya belum di ketahui. kadang juga terjadi apabila ada perubahan cuaca sementara ini pengobatannya hanya memakai madu selama seminggu sembuh. pertanyaan saya apa nama penyakit yang saya alami dok? dan bagaimana pencegahaanya? dan obat apa saja yang harus saya konsumsi agar penyakit saya sembuh dan tidak terulang lagi. Wass

  25. nia said,

    Mei 30, 2010 at 1:15 pm

    saya nia,,,saya mau tanya bagaimana menghilangkan bekas gatal-gatal,,bekasnya bulat-bulat hitam,,bagaimana ya menghilangkan bekas gatal ini???

    • rie2 said,

      Maret 15, 2011 at 4:47 pm

      sama… bgm ya caranya menghilangkan bekas2 itu??? gatal tak kunjung menghilang ditambah bekas2 hitam di tangan dan kaki. Membuat kepercayaan diri hilang di tengah teman2 yg kulitnya normal.

  26. foedha berkata said,

    Juni 2, 2010 at 12:49 am

    aku takut alergi itu terus meraja lelah, tapi aku yakin dan percy bahwa alergi itu dapat sembuh dengan banyak bersyukur dan mengingat akan cobaan tuhan.

  27. Awan said,

    Juni 7, 2010 at 1:33 am

    halo all. nama saya awan di jogga. umur 21.
    pada saat saya berumur 17-18 tinggal di kota solo, saya mengalami alergi gatal2 seluruh tubuh, bentol2 seperti biduran. saya akhirnya tahu gejala pastinya adalah makan daging. tapi gejala dingin juga saya dapati. saya meringankanya menggunakan CTM.
    kemudian memasuki umur 19 saya pindah kejogja, gak tahu kenapa Alhamdulillah, gatal itu menghilang. dan saya bisa makan daging lagi.

    tapi, sayang sekali, akhir2 ini saya mendapati gatal lagi di sekujur tubuh saya. mungkin keberihan lingkungan juga termasuk faktor besar pemicu alergi.

    sampai saat ini saya belum ketemu obatnya?

    • nova yanti said,

      November 29, 2010 at 9:37 pm

      ass,dok saya jg mengalami masalah yg sama dari perut hingga selangkangan saya mengalami gatal2 sampai timbul luka, itu udh lama sekali dok,saya udh berobat kemana2 tp ga ada hasil,tolong bantu saya ya dok
      terimakasih

  28. Franky said,

    Juli 19, 2010 at 12:53 pm

    Kalau gak sembuh-sembuh juga obat dari dokter, coba pakai NIZORAL ( bentuk tablet ). Minum 1 hari satu tablet, dan jangan lupa banyak minum putih, karena obat ini akan berdampak bagi orang yang mempunyai kelainan Ginjal dan fungsi Hati. Satu hari makan satu tablet NIZORAL dan minum air putih minimal 3 Liter satu hari. Mudah2an lekas sembuh.

  29. riangga said,

    Juli 29, 2010 at 2:34 pm

    dok, saya juga mengalami hal yg serupa. saya memang berbakat alergi sejak kecil. namun yg terparah sejak 6 tahun terakhir (sejak tahun 2004 hingga sekarang 2010) gatal2nya berupa bintik2 berair di kaki(lutut hingga telapak kaki) dan tangan (lengan hingga telapak tangan) sudah bosan berobat keman saja tapi belum kunjung sembuh. hingga saya sangat malu pada calon suami karna bekas2 hitam karna alergi di kaki&tangan saya. mohon untuk solusi alergi bintik berair pada tangan&kaki saya+obat penghilang bekasnya. saya sangat menunggu jawabannya untuk mengatasi alergi saya+bekasnya. terimakasih sebelumnya

  30. Andi said,

    Agustus 27, 2010 at 3:50 am

    Dear All yang bermasalah dengan penyakit gatal sekujur badan.
    Saya juga dulu tahun 2002 pernah terjangkit gatal gatal dalam waktu yang lumayan lama.
    Gatal ini menyerang parah banget, dari ujung kepala sampai kaki, bentolnya besar besar, kalau lagi kumat kepala saya sampai rasanya jadi besar gara gara bentolnya.
    Mengobatinya saya tidak pernah ke dokter, saya hanya beli incidal di apotik, dan meminumnya sehari 1 kapsul dan itu dalam waaktu yang lama saya meminumnya rutin.kalau saja saya lupa meminumnya gatal sudah pasti akan menyerang.Tapi karena incidal lumayan mahal, akhirnya saya beralih ke obat yang lain yaitu Lehaxis kalo ngga salah namanya, entah siapa yang menganjurkannya saya pun sudah lupa.tapi terbukti lehaxist pun bekerjanya sama ampuh seperti incidal, dan harganya pun tidak mahal.sampai satu hari lehaxist saya habis dan stock di apotik habis, akhirnya saya mencoba CTM, dan ternyata ctm pun sama juga cara kerjanya dengan 2 merk obat terdahulu itu.
    Disamping cara itu, saya juga melakukan pengobatan itu dengan mandi air panas tiap hari, lalu setelah mandi saya menjemur diri disaat matahari sedang panas.Ibu saya juga menyarankan kepada saya agar memakan daging ular dan anjing, maaf sebelumnya, saya muslim tetapi karena niat saya karena untuk mengobati, saya yakin perbuatan saya tidak melanggar norma yang ada di islam.Walhasil per 3 hari sekali saya membeli erwe(daging anjing) di lapo kios tempat orang batak. Dan karena saya tinggal di kampung pernah ada teman yang menangkap ular,teringat omongan orang tua saya agar mencoba memakan daging tersebut, akhirnya saya membawa pulang kerumah ular tersebut untuk saya goreng dan dimakan.
    Alhamdulilah karena keyakinan saya yang kuat bahwasanya tidak ada satu penyakitpun yang tidak bisa sembuh, akhirnya saya sembuh juga dari penyakit gatal gatal.
    Saya menceritakan ini hanya karena niat ingin berbagi, saya tidak menyarankan apa yang saya lakukan untuk ditiru, karena saya khawatir apa bila cara saya ini ditiru malah akan menjadikan penyakit gatal yang bersangkutan malah tambah parah. Pesan saya, apapun yang anda lakukan untuk mengobati suatu penyakit, yakinkanlah pada diri anda untuk mengobati dengan cara yang anda akan pilih apapun hasilnya nanti, karena hasil akhir adalah Tuhan yang punya Kuasa didunia ini yang menentukannya.Kita Manusia Berusaha dan doa.
    Note : Untuk diri saya sendiri meminum obat obatan diatas tersebut dalam waktu yang lama dan rutin tidak menimbulkan efek apapun hingga saat ini, Alhamdulilah saya sehat wal afiat.

    Wassalam, Semoga Allah menyembuhkan penyakit gatal gatalnya

    • Mey said,

      Februari 2, 2011 at 4:49 am

      Mba, apakah obat2 tersebut harus diminum setiap hari? dalam 1 hari 3x minum atau bgmna? saya juga merasakan sakit seperti itu, baru 3bulan terakhir ini. Saya tidak nyaman sekali dengan gatal2 nya. Saya sudah berobat ke spesialis kulit, tai malah tidak ada hasil. Pernah suatu ketika saya minum obat nya TIENS ( Munchord ) dan hasil nya gatal2 nya berkurang. Tapi ketika saya tidak minum, saya merasakan gatal2 lagi.
      Minum obat Lehaxis beli nya di apotik2 ada yah mba??
      mohon sarannya…

  31. ENY said,

    Oktober 3, 2010 at 3:23 am

    Ass dok!
    Saya bisa merasakan semua yang diceritakan teman-teman seperjuangan menahan rasa gatal….ya Roby..tak terkatakan dan tertahankan, saya mengalami gatal-agatal ditangan saja..kalau sdh kumat gatalnya, sampai saya rendam diair panas kalau orang biasa mungkin tidak tahan karena kepanasan, memang rasa gatalnya hilang tapi tangan jadi keras dan pecah-pecah kalau kena air pedihya tak terkira. saya udah kedokter kulit tapi tidak ada kemajuan, sampai anak saya menganjurkan untuk menghipnotis diri sendiri bila rasa gatal datang dengan mengucapkan tangan saya tidak gatal berulang-ulang Alhamdulillah gatal tersebut hilang…baru dua hari ini cara tersebut dipakai, mungkin yang lain mau mencobanya…mudah-mudahan berhasil

  32. toto said,

    Oktober 29, 2010 at 3:26 pm

    kayaknya bukan sy sendiri yg punya penyakit gatal,dulu awalnya tiap cuaca dingin timbul gatal tp sekrg ngak lagi,panas atau dingin ttp gatal,tp kalo tahan sebentar atau ngak digaruk hilang sendiri,kalo digaruk makin parah tp selang bebrp saat bekas garukan hilang,lukapun tidak,udah gatal trus ada rasa perih sedikit,terakir coba minum jeligamat,5 hr minum gatalnya hilang tp pas hilang minum jeli distop,eh ngak taunya balik lagi,kayaknya penyebabnya makanan yg kita makan sdh tidak bagus kayak dulu lagi karna sdh byk yg mengandung racun seperti pestisida,jd buat menangulanginya saya minum jeligamat atau vitamin lainnya dan olahraga yg rutin biar tubuh kuat menahan serangan alergen ,padahal dulu kena abu dikit aja udah langsung gatallllllll,emang penyakit milenium kayaknya apalagi akibat global warning,gatal….gatal….gatallllllllllllllllllllllll

  33. valentino said,

    November 30, 2010 at 12:48 am

    saya juga kna nih penyakit pak,,, saya ini oranganya gemuk, sering sekali muncul kalo capek panas ato dingin, saya mengatasi gejalanya dgn cara olahraga berlebih sampai gatal2 nya muncul setiap hari selama 4 bulan ,,, saya coba berat badan turun dan gatal yg timbul berkurang,, pas kalo waktu gemuk penyakit ini kambuh lagi ,,,, mhon penjelasan dari kasus saya ini terimakasih,, selebihnya saya sedang mencoba herbal propolis,,,, jika ini work akan saya beri kabar

  34. awal said,

    Desember 1, 2010 at 4:53 pm

    ass dok…sdh 1 bulan ini sy mengalami rasa gatal di seluruh tubuh,,,entah alergi atau karena apa…malah rasa gatal itu klo di garuk,bknnya hilang,tp malah tambah enak..nnti klo udah lecet br berhenti gatal…tolong solusinya dok…trims

  35. taf said,

    Desember 20, 2010 at 3:09 pm

    Ya Allah entah sampai kapan aku dan saudara2ku dpt terbebas dr “gatal/alergi” sy pakai LORATADINE, yaa sam fungsinya spy, CTM, Incidal dan Cetirizine, bedanya Loratadine tidak mbuat kita ngantuk, tolong informasikan, jika ada salah satu diantara kita yg terbebas dr raja garuk.., triim’s

  36. Simeon said,

    Januari 6, 2011 at 8:01 am

    Pertama kali kena gatal-gatal yang parah waktu saya masih smp seluruh badan bentol-bentol semakin digaruk semakin asyik tapi makin jadi lah, ke dokter spesialis bolak balik, seingat saya dulu pernah dikasih obat merek ‘avil’ obat diminum gatal hilang, obat habis gatal kambuh lagi, akhirnya 5 tahun kemudian saya disarankan oleh teman makan sop ular sanca wah ngebayangin ular saja sudah weleh weleh tapi buat kesembuhan yah saya ikutin aja sarannya, saya coba dalam jangka 2 bulan mungkin 5 kali saya makan sop tersebut dan gatalnya hilang sampai 3 bulan lalu saya kena lagi setelah 20 tahun tidak diserang …. saya juga ndak ingat kenapa bisa muncul lagi tapi paling tidak masih pingin lagi makan sop ular walaupun hik hik, tapi lumayan kan efeknya 20 tahun ngga kedokter, sementara ini saya minum CTM tapi ngga efek jadi untuk sementara pake celestamine lumayan daya kerjanya cepat tapi yah itulah daya kerja obat habis gatal muncul lagi…. yah mudah mudahan teman teman mo coba yang pernah saya lakukan.

  37. yunita.hds said,

    Februari 1, 2011 at 1:26 am

    assalamualaykum
    saya kok baru ngerasain gatel yang kalo digaruk ngga hilang gatelnya ya.pindah-pindah gitu.rasanya ga kayak gatel digigit nyamuk.apa saya alergi ya.tapi saya ngga makan aneh-aneh.kebetuln saya lagi konsumsi kapsul cacing karna sedng tifus.
    buat temen-temen yang pernah skabies.dulu,adik sy kena skabies dikedua tangan tepatnya di jari2 tangannya.katanya sih karna air di kosannya kurang berih.kasian banget,ga tahan.da gatel panas juga.akhirnya di pupukin pake daun sambiloto tiap hari.mestinya minum air sambilotony juga.tapi krna pahit dya ga mau.alhamdulillah sembuh juga

  38. umar said,

    Februari 12, 2011 at 6:02 am

    aq juga gatal gatal selama 2 bln terakhir bagaimana dokter

  39. nay said,

    Februari 14, 2011 at 5:27 am

    saya juga mempunyai keluhan yang sama, sampai bertahun-tahun setiap hari mengkonsumsi obat, tetapi lama-lama cpek jg hrus minum obat,,,jadi sya ga minum lagi,,,,akhirnya gatal-gatalnya ilang dengan sendirinya

  40. MTB said,

    Maret 12, 2011 at 1:08 pm

    podo pak aku yo nduwe penyaket koyo ngono , malah ra mari mari. aku yo wes ngombe kobat 2 kali sehari kadang kadang juga 1 kali sehari. tp yo podo ae marine nek pas di ombeni obat tok, ,, hidupku tergantung sama obat … yooo seng sabar pak, mungkin allah lagi ngurangi dosone kene….ra sah di pikir nemen nemen,, nek ketoke ameh gatelen yo di ombeni obat…. HIDUP ALLERGI ……

  41. dimas said,

    Maret 15, 2011 at 3:04 pm

    untuk gatal-2 dan alergi, saya punya pengalaman unik, yaitu di
    mandi’in air laut oleh mendiang Emak saya. saya dari keluarga miskin
    yang jangankan untuk berobat, untuk kebutuhan sehari-hari saja
    pas-pasan. rumah saya juga dipinggir sawah jauh dari laut. suatu hari
    pas berkunjung ke rumah famili dikampung nelayan di pesisir utara
    pulau jawa, tiba-tiba Emak punya ide untuk mandi’in saya di laut,
    dengan niat semoga penyakit gatal-gatalku dan penyakit apapun yang ada
    pada diriku luntur terbawa air laut.. Alhamdulillah.., sudah puluhan
    tahun gatal-gatalku gak kambuh lagi. Terima kasih., Ya Allah.! Tempatkanlah Emak-ku ditempat terbaik Ya Allah.!! Amin..

  42. agus said,

    Maret 22, 2011 at 4:41 am

    saya juga mengidap alergi sejak kelas 2 smp skpai saat ini sayatu bintik-bintik bernanah dan kadang juga biduran dan ada lagi yang palng buat aku jengkel gatal dibagian punggung dan di dengkul seperti garis-gari gitu dok seperti bekas dicambuk dan bengkak, dulunya sih cuman sedikit tapi lama-lama semakin banyak. mau tanya itu penyakit apanya,apa termasuk alergi pa nggak? terus solusinya apa./ perlu di opersi nggak dok.?

    terimakasih sebelumya….

  43. April 5, 2011 at 6:19 pm

    dok, sy gatal gatal g tau alergi atau apalah. Yg pastinya aktivitas sy trganggu tiap hari, paling parah gatalnya kalau lg malam hari. Kadang sy bangun jam 2/3 malam tdk tahan sma rasa gatal gatal. Sy jg sdh mencoba brbagai macam obat gatal tpi percuma tdk ada perubahan.
    .
    Dok, sy butuh solusinya.
    . Wassalam

  44. barata said,

    April 27, 2011 at 12:02 pm

    saya sdh kurang lebih 3 tahun ini menderita alergi gatal yang sakit sekali, setiap 3 hari sekali saya minum obat buat menghilangkan rasa gatal dan biduranya itu, mohon bagi teman2 yang punya solusi buat mengobati alergi biduran saya ini mohon kirim ke email saya ikhtiar_4ever05@yahoo.com

  45. Tonny said,

    Mei 16, 2011 at 6:46 pm

    Saya jg Punya Alergi yang sama

    Alergi Gatal-gatal yang akan muncul bila di suhu dingin!
    sebelum nya saya belum pernah ada penyakit gatal-gatal..!!

    tp seminggu setelah saya mengosumsi obat penyakit paru-paru (karena saya terkena paru-paru basah)..semenjak saya mengosumsi obat itu..Alergi Gatal-gatal pun muncul!

    dari situ saya sudah tidak tahan lagi menahan gatal di badan saya…muncul bentol besar (bukan bentol di akibatkan gigitan nyamuk)

    bentol besar itu terus menjalar me seluruh badan..semakin dingin nya suhu ruangan!

    tolong donk yang Dokter / Senior dalam hal ini..adakah obat nya untuk Alergi gatal saya ini?

  46. Mita said,

    Juli 6, 2011 at 4:21 am

    Ibu saya jga gatal seluruh tubuh. Sampai kepala juga. Kalau udh gatal smpek dsikat saking gatalnya. Ada orang blang dsuruh minum air degan. Tp ada juga yang gak boleh. Gmn ya?

  47. roro said,

    Juli 23, 2011 at 12:09 pm

    alergi memang tdk bisa disembuhkan tp minimal bs dihindari atau dicegah,biasanya obat dokter tdk mempan pd alergi,saran saya coba minum kunir asam atau daun suruh merah yg direbus,mungkin bs membantu :)

  48. santo wicaksono said,

    Agustus 7, 2011 at 1:21 pm

    ass dok..
    saya juga terkena gatal yg sama, mungkin sudah sekitar 10th ini.. gatal muncul setiap 2 hari, dan hilang dalam 5 menit setelah saya minum incidal OD, tp apa gatal ini tidak bisa di sembuhkan? apa selamanya saya harus minum incidal setiap 2 hari setelah gatal? saya mohon dengan sangat diberikan pencerahan terimakasih
    bisa di kirimkan ke
    email : rafanelo_82@yahoo.com
    atau (085228819005)
    sekalilagi terimakasih


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

