Seksologi: Kalau Buah Zakar Kecil Sebelah

Anda sibuk tapi masih ingin meraih sarjana untuk menunjang karir, maka inilah |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN – terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

70314141 -7313350: jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

 

 

Oleh: Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, Sp. And, Dokter Ahli Andrologi dan SeksologiBuah pelir yang tidak normal ukurannya, dan sering tak teraba, biasanya fungsinya pun menjadi tidak normal. Kemungkinan yang bersangkutan mengalami gangguan kesuburan.

Kasus:

“Saya seorang pemuda, berumur 27 tahun. Saya punya masalah, yaitu buah pelir tidak normal karena tidak mau turun dengan baik ke dalam kantongnya. Selain itu, yang sebelah kanan lebih besar daripada yang sebelah kiri. Kadang yang sebelah kiri kelihatan, kadang tidak kelihatan, seperti naik. Sebenarnya saya mau periksa, tetapi tidak tahu mesti ke dokter mana. Saya berencana segera menikah. Saya pernah melakukan hubungan seks dengan pacar saya yang dulu, berlangsung selama 2 tahun. Pacar saya itu tidak pernah hamil. Hubungan kami berakhir. Sekarang saya berencana menikah dengan pacar saya yang baru. Kami pernah beberapa kali melakukan hubungan seks. Saya merasa gairah seks saya menurun. Saya takut tidak bisa mempunyai keturunan. Apakah gairah saya yang menurun karena buah pelir yang kecil? Apakah saya mandul? Apakah saya harus berterusterang kepada calon istri?”

(N.B., Semarang)

Jawaban:

Periksa ke Androlog

Pada umumnya buah pelir yang normal berukuran sama antara kanan dan kiri. Demikian juga letaknya, kurang lebih sama di dalam kantong buah pelir. Dalam keadaan normal, buah pelir memang dapat naik turun, antara lain tergantung pada temperatur udara dan rangsangan pada sekitar kelamin.

Walaupun dapat naik turun, bukan berarti hilang tak teraba. Kalau ternyata sampai tidak teraba berarti ada sesuatu gangguan pada proses penurunan buah pelir, sehingga tidak sempurna berada di dalam kantong buah pelir.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri, sehingga dapat diketahui dengan pasti apa yang sebenarnya terjadi. Paling tepat Anda memeriksakan diri kepada dokter ahli andrologi.

Sebenarnya kalau Anda tidak tahu harus berkonsultasi ke dokter spesialis apa. Anda dapat berkonsultasi lebih dulu ke dokter umum atau dokter keluarga. Kalau dokter umum tidak dapat menangani, tentu akan dikonsultasikan kepada dokter spesialis tertentu.

Kesuburan Terganggu

Kalau benar salah satu buah pelir Anda tidak normal ukurannya, dan sering tak teraba, pada umumnya buah pelir tersebut tidak berfungsi normal. Akibat yang muncul, kemungkinan Anda mengalami gangguan kesuburan.

Untuk memastikan tentu diperlukan pemeriksaan sperma. Saya pikir Anda perlu juga mendaparkan pemeriksaan sperma apalagi Anda berencana akan segera menikah.

Pengalaman melakukan hubungan seksual dengan pacar dulu yang ternyata tidak pernah hamil, bukan tidak mungkin disebabkan gangguan kesuburan Anda, walaupun mungkin saja karena gangguan kesuburan pacar Anda.

Mandul tidaknya Anda, ditentukan oleh bagaimana hasil pemeriksaan langsung pada kedua buah pelir Anda dan ditunjang oleh pemeriksaan sperma. Seorang pria disebut mandul bila buah pelirnya mengalami gangguan, sehingga tidak dapat memproduksi sel
spermatozoa.

Hambatan Psikis

Mengenai gairah seksual yang menurun, saya pikir bukan karena buah pelir yang terganggu itu. Saya pikir lebih banyak disebabkan oleh hambatan psikis. karena Anda terlalu memikirkan buah pelir yang tidak sama besar dan kadang-kadang hilang itu.

Apakah harus berterus terang atau tidak kepada calon istri, saya pikir tunggulah hasil pemeriksaan dulu. Kalau hasil pemeriksaan sperma ternyata normal, saya pikir tidak ada yang perlu disampaikan kepada istri.

Kalau kesuburan terganggu, sebaiknya calon istri mengetahui, tetapi Anda harus berupaya dengan pengobatan untuk mengatasinya agar menjadi lebih baik. Kalau ternyata Anda mengalami kemandulan, dalam arti tidak dapat diatasi lagi dengan pengobatan, tentu tergantung kepada Anda sendiri apakah harus memberitahu istri atau tidak.

Masalahnya, keterusterangan mungkin menimbulkan akibat, antara lain calon istri membatalkan rencana pernikahan. Sebaliknya, bukan tidak mungkin istri mau menerima dan membiarkan masalah itu sebagai masalah bersama.

Kalau tidak berterus terang, pernikahan tetap berlangsung tetapi bukan tidak mungkin kelak istri mempermasalahkan. Namun, mungkin saja istri dapat menerima juga. ***

 

Source : KCM- Selasa, 27 Juni 2006 – 11:55 wib

7 Komentar

  1. dermawan said,

    Oktober 13, 2009 at 11:22 am

    maz … saya juga mengalami masalah yg sama ..?

    terus terang saya juga saat ini merasa takut ..?

    apa lagi nanti tanggal 31 januari 2010 saya akan melakukan pernikahan ?

  2. AA said,

    Juni 23, 2010 at 2:02 pm

    Apakah ada solusi lain, seperti minum herbal ?

  3. indah said,

    Agustus 19, 2010 at 6:20 pm

    suami q jg pny buah zakar yg bsr sebelah makax q hrus bs trima klo q gk pny ank

  4. muji said,

    Agustus 19, 2010 at 6:23 pm

    q mnta maaf ma istri q yg tercnta coz q gk bs ksh kturunan

  5. indah said,

    Agustus 19, 2010 at 6:23 pm

    ok cyank

  6. arya said,

    Juni 8, 2011 at 7:18 am

    saya juga sama mas mau konsultasi nich..
    wkt saya belum masuk sd biji saya tu normal berkembang semua tapi ketika masuk smp biji yang berkembang hanya 1 bagian kanan dan bagian kiri tidak berkembang…
    apa kah sama kasusnya dok..??
    dan apakan ada solusinya..
    mhon bantuannya y dok..:(

  7. dk88 said,

    Juli 29, 2011 at 4:11 pm

    kalo gue sebelah kiri, tp msh bisa keluar sperma


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

