Untuk Anak, Madu Lebih Ampuh daripada Obat Batuk

Rabu, 05-12-2007 | 05:03:03-tribunkaltim

MADU dikenal mempunyai banyak manfaat. Satu sendok teh madu yang diminum sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu anak tidur lebih nyenyak. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilaporkan para orang tua terhadap anak-anak yang menderita batuk.

Obat tradisional ini lebih baik dari obat batuk maupun perawatan medis modern lainnya. Madu bermanfaat melegakan dan menyembuhkan luka pada tenggorokan. “Banyak sekali para orang tua yang ikut dalam penelitian ini. Dan mereka mengatakan apa yang dianjurkan nenek-nenek kita dulu memang benar, ” kata Kepala Tim Peneliti dari University’s College of Medicine, Negara Bagian Pennsylvania, Dr. Ian Paul. Hasil penelitian ini akan dimuat dalam  Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine bulan ini.

Dewan kesehatan federal AS lama ini mengeluarkan peringatan supaya tidak menggunakan obat-obatan pereda batuk dan flu untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Selain itu, beberapa obat untuk bayi ditarik dari pasaran.

Tiga dokter anak yang juga ikut serta dalam penelitian ini menyarankan agar orang tua menggunakan obat tradisional seperti  madu ini. Meski begitu, madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah usia 1 tahun karena dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius.

Penelitian ini melibatkan 105 anak yang menderita infeksi pernasan dari sebuah klinik di Pennsylvania. Orangtua diberikan sebuah tas kertas dengan instruksi dosis di dalammnya. Beberapa orang tua tidak mendapat catatan dosis khusus, beberapa lainnya diberikan instruksi dosis untuk obat flu rasa madu yang mengandung dextromethorphan sesuai dengan usia anak. Beberapa yang lain menggunakan dosis tertentu madu.

Selanjutnya, orangtua diminta untuk memonitor tidur dan batuk anak yaitu, sekali sebelum dan sesudah. Rata-rata anak menderita gejala infeksi pernafasan ini pada skala 7. Setelah penelitian kondisi kesehatan seluruh anak menjadi lebih baik. Namun, anak-anak yang diminumi madu mencapai perkembangan yang lebih baik.

“Berikan dosis sedikit-sedikit maka mereka akan menjadi lebih baik,” kata Pat Jackson Allen, profesor di University School of Nursing, Yale.

Penelitian ini dibiayai Dewan Madu Nasional, sebuah industri yang didiriakan Departemen Pertanian Amerika Serikat. “Namun dewan ini tidak ikut campur terhadap desain penelitian, data maupun hasilnya,” kata Paul. (ap/cpk)

About these ads

88 Komentar

  1. muli said,

    Maret 20, 2008 at 4:04 am

    selain menyembuhkan batuk madu jg bisa digunakan sebagai obat penghilang bau mulut.

  2. iskandar said,

    Mei 11, 2008 at 10:21 am

    memang di beberapa artikel atau bahkan ada hadisnya bahwa madu itu adalah rajanya obat,tapi bagaimana cara membedakan madu yang baik/asli dengan madu yang jelek /palsu/campuran.soalnya banyak penjual madu yang mengaku asli.

  3. klipingut said,

    Mei 12, 2008 at 12:19 am

    Ada cara praktis guna menguji madu, baca Lima Cara Sederhana Mengukur Kualitas Madu disini : http://my-curio.us/?p=246

  4. manaf said,

    September 14, 2008 at 6:44 am

    benarkah utk menguji madu asli dgn memkar nya di kayu cepat terbakar

  5. Desember 6, 2008 at 3:41 pm

    apakah madu murni juga dapat untuk menyembuhkan batuk berdahak dan pilek anak?

  6. Januari 5, 2009 at 2:08 am

    Anak saya usia 1 Th, skr lg panas, batuk & pilek. Hr jumat kmr udah dibawa ke DSA tp blm sembuh jg. Klo malam suhu tubuhnya tinggi banget. Obat apa yg terbaik buat anak saya. Terima Kasih atas jawabannya

  7. atiqa said,

    Januari 14, 2009 at 3:43 am

    insya 4jj yang aku tahu madu asli tuh klo qt celupkan di air dia langsung mengendap,ttp klo madu dah campuran dia akan langsung bercampur dg airnya…..

  8. Mardha said,

    Januari 18, 2009 at 2:54 pm

    Anak saya batukdisertai muntah, tapi tidak panas, minta tolong sharenya… Thanks..

  9. mulyadi.r said,

    Januari 20, 2009 at 2:10 am

    madu memang adanya demikian sangat banyak manfaatnya karna di refrensikan juga dalam Alquran, tks

  10. mulyadi.r said,

    Januari 20, 2009 at 2:12 am

    madu so goog

  11. tia said,

    Maret 11, 2009 at 3:14 am

    Assalamu’alaikum…
    Mohon saran juga, anak sy batuk disertai muntah, panasnya tinggi bangat udah hampir 4 hr… Apa hrs minum madu juga?

    Makasih

  12. Dwi said,

    Maret 15, 2009 at 4:39 am

    berapa lama nu¡ sembuhnya kalau batuk n p¡lek d¡obatin paka¡ madu?aquh udah m¡m¡ madu,¡ah sih udah agak mend¡ngan . .

  13. ike said,

    April 6, 2009 at 9:32 am

    Kira-kira madu (merk) apa ya yang asli, aku dah coba macem2 merk madu tapi kok kayaknya pada campuran

  14. nur alam sully said,

    April 8, 2009 at 12:39 am

    anak sy batuk satu hari sy kasih madu asli di cmpur perasan kunyit 3 sendok… alhamdulillah batuk anak sy berkurang, skrg tiap hari sy kasih ramuan kunyit dan madu minimal 3 sendok tiap hari…

    • johan said,

      Oktober 29, 2010 at 3:32 pm

      kalau boleh tau anakmya dah berapa tahun, kalau anak saya 2 thn lebih mengalami batuk sudah hampir 1 bulan. belum jg sembuh tuch, dokter sudah dicari dan tukang kusuk jg udah. berat badan payah naik. tp setelah di bw ke org pintar suruh minum madu + kunyit + temu lawak +jahe. sekarang dah mending dan dahaknya sudah banyak keluar. trims

  15. Rosi said,

    April 11, 2009 at 2:52 am

    Assalamu’alaikum…
    anak sy uur 6 thn batuk disertai muntah, panasnya tinggi bangat sudah hampir 4 hari. sudah minum obat dokter, tapi mash batuk juga. Mohon informasinya . tks. dan apakah madu yang dijual di supermarket dengan bermacam-macam merek dijamin keasliannya ? trima kasih. email saya : delta99@plasa.com

  16. listi said,

    April 12, 2009 at 5:28 am

    anak saya usianya 1.7bln. apakah obat yg baik untuk menyembuhkan batuknya? selain madu dicampur apalagi? kalau demam dan flu sebaiknya dikasih apa?

  17. wahyu said,

    April 14, 2009 at 5:28 am

    rayhan usianya 2 th, anak pertamaku batuk-batuk tapi jarang2, obatnya apa ya… dan anak ke 2 Ghaisan juga umur 6 bl apa sudah boleh dikasih madu

  18. kenny said,

    April 19, 2009 at 4:18 pm

    ya.. madu ngebantu sekali… Aku sdri klo leher sdh mulai gatel lgsg aja bikin ramuan sdri dri madu,jer nipis,& garem dikit.
    Lgs gak jd batuk,klo pun telat n tetep batuk nya gak parah..justru lgsg mateng slemnya dan cepet sembuh..selamat mencoba

  19. corry said,

    April 21, 2009 at 6:28 am

    jaman sekarang susuh untuk mendapatkan madu yang asli. kalau uda jual di pasaran itu uda campuran semua,kecuali yang asli itu baru ambil dari sarangnya

  20. deyand said,

    April 27, 2009 at 2:32 am

    anak saya umur 5 bln batuk dan suaranya serak dah 3 minggu belum smbuh2 malahan dah di uap 2 kali tp tetep aja nafasnya ngegorok,gimana solusinya ya? pake madu apa yang bagus?

  21. Ari said,

    Mei 4, 2009 at 5:34 pm

    Emang benar kalo bisa enggak usah pakek obat-obatan,mendingan yang alami gitu looooh!

  22. Mei 19, 2009 at 3:09 am

    anak saya umurnya 3 thn lebih, saya dah bawa ke dokter ahli anak & dikasi obat tapi sampe sekarang batuknya belum sembuh2 juga, atau alternatif yang lain ada gak… tolong dong!! …

  23. CINDY DEKA said,

    Mei 26, 2009 at 4:08 am

    anak ku sdh hampir 2 bln btk,ga sembuh2 minum obat u/ pengencer dahak tp masih ada dahaknya klu muntah. yang susahkan untuk anak mengeluarkan dahaknya apabila dia batuk.jadi gimana yaaaaaaaa?

  24. Mei 26, 2009 at 6:54 am

    anak saya juga sering batuk yang disertia dengan pilek dan juga sesak napas, tapi saya baru tahu bahwa madu bida mengatasi hal yang demikian terima kasih

  25. Gunawan said,

    Juni 19, 2009 at 8:09 am

    anak sy usia 6 bulan,sudah 3 hr batuk disertai muntah,tidak panas dan sedikit rewel..obat apa yg cocok buat anak sy,apa bisa pake madu????????thxs

  26. nani said,

    Juni 26, 2009 at 11:01 pm

    anak saya umur 21 bulan, batuknya jarang, tapi pas saya coba pake madu ko, ternyata tambah parah, malah suhu badannya panas, apa karena madunya palsu tolong sarannya? makasi

  27. doris said,

    Agustus 2, 2009 at 11:53 am

    tapi masalahnya, madu yang asli susah di dapat. madu yang dibuat dari pabrikan jusri di campur ama bahan lainnya.

  28. kumbang silaturrakhman said,

    Agustus 9, 2009 at 4:27 am

    Bagaiman cara membedakan madu murni dengan campuran ?

  29. eli said,

    Agustus 16, 2009 at 6:35 pm

    Anak saya umur 11 bulan,pernah sih dikasi madu waktu batuk(walaupun katanya ga boleh sebelum 1 tahun) dengan cara ditaruh disendok trus sendoknya ditaruh diatas air panas biar hangat!memang ada khasiatnya sih!tapi yah itu hari gini mau cari madu asli dimana???kynya sulit deh!kalau ada yg tau tolong share yah

  30. Agustus 25, 2009 at 12:03 pm

    Wah masalahnya, cari madu yg asli itu susah ya :(

  31. Kendil said,

    Agustus 28, 2009 at 8:23 am

    Hu’um, madu asli sulit bgd di cari.. Klo anak” dikasih madu campuran apakah akan menimbulkan efek yg negatif??

  32. morina klindrika said,

    September 7, 2009 at 2:25 am

    anak ku umurnya 7 bulan 3 minggu skrg lg batuk brdahak mau dikasih madu tapikan susah bgt cari madu asli lagian katax klo dibawah umur 1 tahun bs mengakibatkan keracunan makanan ih..jd bingung

  33. Anas bombana said,

    September 7, 2009 at 11:39 pm

    Betulkah madu bs mgobati bau mulut? Trus brpa kali shari dikonsumsi?

  34. Hendro said,

    September 15, 2009 at 12:05 pm

    Bagi yang cari madu asli, bisa contact gw via email…….dijamin asli.

    • salasiah said,

      Februari 25, 2010 at 1:12 am

      mas hendro cara pesan madu aslix gmana

    • nurmuharian said,

      Maret 23, 2011 at 3:11 am

      gmn cr psn madu asli

  35. emiliawaty said,

    September 26, 2009 at 6:14 pm

    anak saya selalu dikasih madu setiap bangun tidur 1 sendok makan,jarang sekali telat baik sehat maupun sakit.madunya asli dari ciamis.sekarang anak saya menderita batuk yg tak kunjung sembuh sdh hampir 2 bulan,obat plus madupun tdk pernah ketinggalan,sy jd bingung knp ya padahal selalu dikasih madu hampir tiap hari ko’batuknya blm sembuh aja.

  36. Dwi utaminingsih said,

    September 27, 2009 at 12:11 pm

    anak saya umur 4th dari kecil paling sering batuk, klop sudah kumat batunya, setiap makan makanan apapun pasti muntah, sudah di bawa kedokter jg susah hilangnya, kt dokter anak sy sesak nafasnya, seperti ada suara ngik2, obat tradisional jg sudah sy coba, tp tdk kunjung sembuh, yg ingin sy tanyakan disini,apakah madu cocok utk batuk disertai sesak? Terimakasih atas jawabannya

  37. nani santoso anto said,

    Oktober 3, 2009 at 4:55 pm

    anak ke-5 saya,11 bln, jg sering batuk dalam sebulan bisa 2X .batuknya ters-terusan sampai muntah. saya bingung ..smp nangis.saya takut ada penyakit lain di balik ini.

  38. hendra said,

    Oktober 4, 2009 at 5:36 pm

    Madu asli bisa di dapat dmn ya? Trus klu madu asli tuk balita bisa ga sih? Tq

  39. nanne said,

    November 2, 2009 at 3:04 pm

    Assalamualaikum wr wb
    Anak sy usia 2 thn 8 bln, knapa stiap hbis btuk slalu munth dan stiap kdinginan slalu btuk2, ap pnyebab btuknya itu apa bsa smbuh kalo uda mnum madu, thank…

  40. agus said,

    November 5, 2009 at 4:37 pm

    anakku 3 th, sdh 1 mggu batuk, panas dan pilek dan radang, terus makannya susah. Apakah cocok madu utk semua itu

  41. Yulia said,

    November 26, 2009 at 1:56 am

    Anak saya, 1 thn, batuk udah beberapa hari. Saya kasih madu tapi batuknya kok tambah parah..?? Saya jadi kuatir klo memberinya lagi.. Mohon infonya, bagi yang tahu. Terima kasih.

    • titik said,

      Desember 16, 2009 at 10:49 pm

      mungkin bis ajadi dari madu yg diminum ga asli..coba aja kasih jeruk nipis plus kecap..

  42. heru said,

    Desember 15, 2009 at 2:39 am

    sy tau penjual madu asli dari yaman n kasmir itu adanya didaerah tb simatupang kalau enga slh tlp 081586516054 coba aja hub orngnya but namanya sy lupa. semoga informasi bisa bermanfaat

  43. Elly_83 said,

    Desember 28, 2009 at 4:12 pm

    Anak saya umur 1,5 thn juga batuk udah 4 hari , syrup yang dikasih dokter juga dah habis, walaupun belum sembuh , tapi setelah saya kasih madu yang asli ditambah perasan jeruk nipis , batuk anak saya lumayan reda walaupun nantinya balik lagi , jadi ngasih madunya rentang 5 jam mesti dikasih lagi . walaupun agak lama tapi Insya Allah Batuknya perlahan2 bisa sembuh .

  44. Lia Yusuf said,

    Januari 7, 2010 at 4:34 am

    cara paling praktis dgn menyimpan madu di frezer, jika asli dia tdk akan membeku.
    Benar madu adalah obat batuk yg paling bagus buat anak & bayi (tanpa efek samping)

  45. suci said,

    Januari 7, 2010 at 7:07 am

    wah..banyak para orang tua khususnya ibu yang cari pendapat disini..kemarin anak saya yang usianya 4 bulan baru pertama kali terserang batuk. dan dia suka nangis karena baru belajar yang namanya sakit.

    atas saran ibu dan suami akhirnya saya sisipkan air hangat di tambah madu (kalo bisa madu cap pramuka), kurang dari seminggu batuknya sudah hilang. skarang malah gantian ibunya.hehe..

    kalo ada yang muntah, itu biasanya respon anak yang belum kenal makanan aja sepertinya. tapi kalau sudah panas, selain pertolongan pertama di kompres pakai air dingin atau es, sepertinya segera bawa ke dokter saja. dokter saya menyarankan jika panas sudah lebih dari 39, jangan tunda-tunda segera rawat ke RS..semoga berguna…

    • ririe said,

      Februari 7, 2010 at 4:20 pm

      bunda, kalau badan panas jangan kompres dengan es..tapi dengan air hangat…kemudian jangan bungkus si kecil dengan baju tebal. biarkan udara panasnya keluar.

  46. ririe said,

    Februari 7, 2010 at 4:17 pm

    http://untuk-ayah-bunda.blogspot.com/2009/10/obat-batuk-manjur.html

    mudah-mudahan si kecil cepat sembuh…

  47. levi said,

    Februari 13, 2010 at 6:58 am

    saya sering mengabaikan pesan suami saya untuk memberi anak2 madu sdm setiap harinya. Ternyata manfaatnya banyak sekali. Trims ya.

  48. mamawildan said,

    Februari 18, 2010 at 7:24 am

    anak saya 6bulan batuk dah 3minggu, dah kedokter batuk berdahak n panas tinggi, apa bisa dikasi madu, katanya ga boleh u/ anak dibawah umur 1tahun, yg bener yg mana…jd anak saya bisa dikasih apa dunk,mohon sarannya..

  49. yupi said,

    Februari 23, 2010 at 9:58 am

    anak saya panas dan juga batuk sampai sampai bibir ya merah menurut anda obat apa yang bagus untuk anak saya

  50. yanti said,

    Maret 2, 2010 at 7:07 am

    Assa….. Anak saya batuk ya kering (bersuara) dan juga pilek, padahal berobat juga udah.. apasih yang paling mijarab, agar cepet sembuh kasian makasih…

  51. eviline said,

    Maret 11, 2010 at 12:59 am

    kasih tahu… dong ? anak saya 1,8 bulan hampir setiap bulan terkena batuk… dan setiap bulan pula saya harus bawa ke dokter. Apakah madu bisa meredakan batuk anak saya tanpa harus meminum obat dari dokter ?

  52. yudi said,

    Maret 11, 2010 at 4:25 am

    madu yg asli ya pada sarang madunnya kalo dah dibotolin syirup namanya

  53. mbak dita ,fathim hasan said,

    Maret 19, 2010 at 1:16 pm

    kenali batuk nya jenis apa kalo jenisnya udah parah sampe sesak napas itu berbahaya, baiknya hub dokter,tapi di awal sakit hari pertama kasih dulu madu sauda jeruk nipis dan berdo’a untuk anak kita. jika 3 hari tetep panas hub dokter aja. dan pantau terus panasnya. kalo panasnya lebih dari 38 atau 39 kemungkinan terkena bakteri atau virus. madu memang sangat bagus tapi kalo madunya ga asli sama aja pengalaman ketiga anakku , karena ada sebagian produk madu yang diolah dan dimasak malah akan menghilangkan khasiatnya dan cirinya madunya bersih sekali. jadi untuk batuk panas yang tinggi madunya harus yang bagus….

    oya ini doa yang harus sering kita baca agar anak terlindung dari gangguan binatang bakteri ato virus yang kita tidak ketahui…………..
    “u’idubikalimatillahi tammati min kulli syaithoni wa hammati wa min killi ‘anillamati.” berlindung kepada Alloh dari syaiton binatang dan bahaya sihir .Jangan lupa berdo’a setiap anak kita akan keluar rumah.

  54. Ade said,

    Maret 24, 2010 at 2:18 am

    Makasih infonya ya, berguna sekali. Tinggal cari madu yg bener2 asli deh…

  55. siswanto said,

    Mei 18, 2010 at 7:30 am

    anaksy btk g sembuh2 udh sy ksh madu msh blm jg sembuh

  56. dee said,

    Juli 6, 2010 at 5:52 pm

    madu jenisnya banyak, tiap jenis khasiatnya beda2 krn kandungannya beda2. mungkin yg udh berhasil mengobati dgn madu bisa lebih jelas ngasi tau jenis yg mrk pake, biar kita2 bisa coba jens yg sama

  57. widi widanti said,

    Agustus 30, 2010 at 1:30 am

    Saya punya madu asli ,klo ditaruh diemari es lebih dari 1 bln ,masih awetkah digunakan ? Karena anak saya sering kali batuk dan ganggu tidurnya :(

    • Betty said,

      Desember 15, 2010 at 1:47 am

      Mbak Widi..boleh saya tahu merk madu asli apa namanya…anak saya umurnya 14 bulan udah 10 batuk sama pilek tapi nggak sembuh2..padahal udah di bawa ke dokter…gimana ya solusinya?/ kasihan aja kalau melihat si kecil….

      • Betty said,

        Desember 15, 2010 at 1:49 am

        *10 hari maksudnya.

  58. ibu fita said,

    September 3, 2010 at 3:40 am

    anak saya umur 3 tahun 1 bulan, lagi batuk berdahak, seharusnya minum obat apa ??????????????????????????

    • ariani.faraz said,

      Februari 2, 2011 at 12:31 pm

      madu + habbatusauda bu…InsyaAllah…sy sdh membuktikan pd anak2 sy.

  59. Ancy said,

    September 28, 2010 at 3:08 am

    Anak sy baru sebulan lalu sembuh. Eh skarang kumat lagi batuk dan pileknya… Tapi sy segera memberinya madu asli. Semoga berkhasiat..

  60. cut said,

    Oktober 14, 2010 at 1:32 am

    dah capek berobat, mahal lagi. obat2 kimia masuk tubuh anakku, skrg penyakitnya malah kayk imun thdp obat. bener juga Rasul, nyuruh kita minum madu

  61. rangga dwi sundara said,

    November 12, 2010 at 1:05 am

    Anak saya 1th 2bln,saat ini sedang batuk,dan tiap kali batuk pasti muntah.
    Kasian melihat eugene seperti itu,bobo mlm’y jd tidak nyenyak.
    saat ini saya sedang mengikuti suami tugas di samarinda,minta bantuan’y u/ info jual madu asli daerah sekitar samarinda.
    Tks

  62. lima said,

    November 28, 2010 at 3:40 pm

    :( gimana ya anak saya 18 bulan udah ke dokter 2 tempat tp batuknya gak sembuh-sembuh. Sedih banget liatnya tiap malam kalau batuk. Madu asli susah bgt dicari.

  63. noel said,

    Desember 15, 2010 at 3:33 am

    numpang bagi pengalaman, saya juga punya anak baru berusia 2 thn dan sudah sebulan yang lalu batuk2 hampir tiap 1 menit batuk 2 sampai 3x, saya sebagai ayah stress karena sudah kedokter dikasi obat juga nggak sembuh2 dan saya coba untuk browsing internet ternyata banyak saran untuk memberikan madu, saya baru teringat sahabat saya pernah ngasi madu yang katanya asli sekitar 6 bulan lalu, lalu saya coba cicip karna khawatir sudah tidak bagus dan istri saya juga cicip setelah 30 menit saya tidak merasakan hal2 yang aneh baru saya beranikan untuk memeberikan ke anak saya waktu itu saya campur madu dan jeruk nipis dan ternyata luar biasa batuk sembuh termasuk flu juga hilang ingusnya juga hilang, setiapmalam anak saya tidur nyenyak tanpa batuk menganggu, dan sampai sekarang saya sekeluarga jadi rajin deh minum madu setiap hari, klo ada orangtua yang membutuhkan madu saya dengan senang hati berbagi tanpa harus membayarnya tapi porsinya sedikit ya karena madunya juga hanya sedikit tapi untuk membantu, saya dengan senang hati.karna banyak madu yang palsu…ini email saya: noeltarigan@yahoo.com atau hubungi nmr saya di 02151164951

  64. iwan said,

    Desember 30, 2010 at 12:43 pm

    terima kasih ats artikelnya…. cari lagi tips yang lain ya…

  65. agusni said,

    Januari 2, 2011 at 9:44 am

    alhamdulillah, informasi yang bagus dan insya Allah bermanfaat bagi saya . . .

  66. bunda lexa said,

    Januari 22, 2011 at 4:11 am

    katanya kalo madu asli kalo ditaruh dikertas ga tembus.kalo ditaruh gitu aja ga disemutin.kalo taruh difrezer gak membeku..dan yg pasti kalo beli dipasaran harganya murah pasti palsu.betul ga sih???

  67. jogo said,

    Februari 12, 2011 at 5:42 pm

    trimakasih info tentang madu akan saya coba smoga bermanfaat.

  68. rosliana said,

    Februari 16, 2011 at 2:12 pm

    anak saya berusia 5thn batuk flunya sdh hampir sembuh, tetapi skrng makin menjadi, obat apa yg baik ya.. klo d beri madu, apakah ada batas dan takaran pemberiannya??? madu apa yg asli dan d mana bisa saya dapatkan yg benar2 asli???? untuk saat ini apakah ada obat tradisional untuk meredakan batuknya yg terus menerus tanpa henti??? sy tdk tega melihatnya…

  69. rini said,

    Maret 5, 2011 at 4:01 pm

    Apakah kasiat madu akan tetap sama ketika dicampur dengan susu?

  70. Bowo said,

    Maret 15, 2011 at 12:30 am

    Pernah coba yang ini?

    http://mari-ketawa.blogspot.com

  71. Maret 23, 2011 at 2:34 pm

    coba tes keaslian madu. caranya taungkan madu ke piring kecil/pisin. lalu aduk teratur berlawanan arah jarum jam/ seperti orang tawaf. akan telihat seperti sarang madu..

  72. yenti said,

    Mei 4, 2011 at 4:46 am

    terimakasih banyak atas infonya

  73. yenti said,

    Mei 4, 2011 at 4:48 am

    menurut saya obat batuk buat anak-anak itu memang yang paling bagus dan mujarab adalah madu dicampur jeruk nipis dan sedikit air ngilu kuku bagus

  74. MKUMALADEWI said,

    Mei 16, 2011 at 3:11 am

    saya harap.kawan 2 dapat memberi petunjuk buat anak saya meysa ramelia putri.saya tinggal di batam centre blok r no.15.

  75. suharti fikri said,

    Mei 26, 2011 at 2:14 am

    anak saya umur 1,9 th, selalu batuk berdahak dan pilek….. obat tradisional apa yang bagus untuk anak saya agar tidak selalu mengkonsumsi obat-obat kimia…………. terima kasig

  76. inayah said,

    Juni 1, 2011 at 10:39 am

    anak saya juga sering batuk, dan saya rutin kami beri madu murni, akhirnya kami jual madu murni secara online di http//jualmaduasli.wordpress.com. silahkan order kalao butuh madu asli.

  77. Juni 3, 2011 at 7:02 am

    Makasih infonya, madu memang obat alami yg mujarab

  78. Bunda @rafiealodie said,

    Juni 20, 2011 at 2:52 pm

    Bunda,, jgn lupa juga u/t mprhtkn mknan yg dikonsumsi sm buah hati kita tersyg ya yg dpt mjd penyebab timbulnya serangan batuk ,pilek,serta radang pd buah hati kita yg lucu2..

  79. Sriyatun said,

    Juni 28, 2011 at 2:41 pm

    Aku mau tanya nih,anakku bru usia 2 bln apa ga papa kalo di kasih madu?trus dosisnya berapa ya?

  80. Ina QuinSya said,

    Juli 13, 2011 at 2:37 pm

    anak saya sudah 1 bulanan batuk, sudah rongen,tes darah, mantuk (hasil negatif).. saya sangat khawatir sekali, stelah berobat 2-3 hari sembuh tapi batuuk lagi..saya mau coba pake madu tapi takut palsu krn ada ktanya yg di campur gula takutnya malah tambah parah batuknya.. mohon solusinya…:(


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: