BLACK PANTHER SI MACAN KUMBANG


Apa bedanya yang tutul-tutul dengan yang polos hitam? Tony Sumampau – direktur Taman Safari Indonesia – menegaskan, sama sekali tak ada perbedaannya. “Dalam dunia zoologi, pernah macan tutul hitam itu dinamakan Panthera pardus melas dan juga Panthera pardus sondaica. Saya sendiri tak mengetahui pasti mana yang paling tepat. Mungkin pakar itu menyebut pardus melas untuk penamaan macan tutul jawa yang hitam, sedangkan yang loreng dengan tambahan sondaica,” ujar Tony yang bersemangat menangani macan teroris dari Gunung Pangrango sejak 1997.

Polos hitam bulu badan harimau yang sepandai kucing dapur kalau memanjat batang pohon, bila diperhatikan, ya tidak hitam total. Sebab masih terlihat tutul-tutul hitam yang lebih pekat dari sekujur bulu hitam di badannya. Tentunya, tak mungkin menyebut macan ini macan hitam tutul hitam.

Bulu hitam di sekujur badan satwa buas yang seharusnya bertutul-tutul, memang dianggap eksotik. Warna hitam menurut konsep banyak bangsa, merupakan warna maut, seram, dan misterius. Harimau yang jamaknya berwarna tutul, tiba-tiba ditemukan beberapa yang berwarna hitam polos. Kontan saja, binatang yang bertaring dan bercakar tajam ini dianggap sebagai satwa mengerikan dan macan elmaut.

Di dunia internasional, muncullah nama black panther atau black leopard. Kebetulan pula, macan tutul ini banyak di Jawa, tak aneh kalau macan ini dinamakan juga harimau kumbang – mengingat warna bulunya macam warna sayap kumbang hitam berkilap itu. Dunia komik ala Tarzan pun memanfaatkan macan kumbang ini sebagai musuh yang predator. Atau black panther itu sahabat manusia, seperti Bagheera si macan kumbang betina yang memelihara Mowgli si anak rimba dari India dalam – novelnya Rudyard Kipling – The Jungle Book.
Tony Sumampau setuju kalau dikatakan, harimau tutul hitam ini banyak terdapat di Jawa dan Benggala, India. Namun, Tony agak keberatan kalau satwa hitam itu dianggap subspesies tersendiri. “Sebab, kalau kita perhatikan, yang tutul dan yang hitam, keduanya sama saja. Kalau disilangkan pun akan punya anak bisa tutul, bisa hitam,” katanya. “Koleksi TSI dari hasil tangkapan tahun 1997, ada dua ekor hitamnya, seekor tutul. Tapi ketiganya jantan semua. Bulan Oktober lahir dua ekor anak tutul. Tapi bulan Desember lalu, lahir dua ekor anak jantan hitam.”

Soal sebab-musabab tutul belang dan tutul hitam ini, Tony cuma memberikan fotokopi ulasan beberapa pakar. Macan tutul hitam ini, katanya, mungkin menyesuaikan dengan lingkungan hutan lebat dan gelap, supaya mudah menyergap dan menculik mangsa. Tapi di beberapa hutan daerah Afrika yang lebih lebat dan gelap dibandingkan dengan hutan di Jawa dan India, tak ada black panther.

“Menurut beberapa artikel, harimau tutul hitam ini kadang kala ditemukan di beberapa negara, namun jumlahnya terbatas sekali, tidak sebanyak di Benggala dan apalagi di Jawa,” ujarnya. “Dari kelompok ‘kucing besar’ panter ini, selain pardus dari Jawa dan India yang black panther, juga jenis jaguar ada yang black jaguar. Sejauh ini belum ditemukan jenis harimau dan singa yang hitam legam, black tiger atau lion.”

Sambil tertawa Tony bilang, “Karena di Jawa ada macan tutul hitam, maka tak salah kalau ada mobil jenis panther di Indonesia,” katanya sambil menyalakan mobil merek “macan kumbang”-nya.

dari : intisari/1999/april

About these ads

7 Komentar

  1. astrid tatyana said,

    November 17, 2008 pada 4:53 am

    saya mmg mnggemari aneka binatang buas dari kecil,terutama si black panther ini.selain gesit,kuat dantangkas dlm mmburu mangsa,bulunya juga indah(hitam mengkilat)walaupun sebenarnya ada juga totol2 sepeti macan tutul di badanya.tapi krn warnanya sama sama gelap,jd kurang bgtu terlihat.saya mmbutuhkan ulasan tentang mitos dan cerita rakyat khususnya indonesia,tetntang si macan kumbang ini.kira2 diman saya bisa mncarinya?

  2. dimas said,

    Januari 24, 2009 pada 3:43 am

    dfdh pengen liat phanter

  3. September 8, 2009 pada 4:28 pm

    jaga kelestarian macan kumbang

  4. arnoko said,

    September 28, 2009 pada 5:25 pm

    Saya punya seekor macan kumbang, usia 5 tahun. Jinak, krn dr usia 2 mgg sudah biasa dilingkungan orang, Sehari makan 2 kali, jam 10 pagi sama jam 10 malam. Pertanyaan saya, samapai usia berapakah macan kumbang ini ? Kapan usia kawinnya (loop) ? Apakah dpt dikawinkan dgn anjing saya ? Misal great dane atau dalmatian atau doberman ? Apalkah kesetiaannya terhadap majikan punya batas waktu seperti kesetiaan anjing yg tdk terbatas ? Mohon infonya. Terima kasih.

  5. doddy astaman SH.Mkn said,

    Februari 13, 2010 pada 3:23 pm

    aduh macan tutul kayaknya lbh menarik krn mkn langkah,ada yg py koleksi gambarya?jk tdk keberatan sy bs di kasih..

  6. ani said,

    Maret 8, 2011 pada 11:34 am

    keliping hutan lebat gambar dan penjelasan nya?……

  7. adorosan said,

    Mei 12, 2011 pada 6:17 pm

    macan kumbang= puma
    jaguar=…454 ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: