MENANGKAL RASA SAKIT MENJELANG HAID

    Hampir separuh populasi wanita dewasa mengalami sindrom pra-menstruasi alias PMS (pre-menstruation syndrome). Gejalanya sangat beragam dan acap kali berbeda antara penderita yang satu dengan yang lain. Ada empat tipe PMS yang masing-masing memiliki gejalanya sendiri. PMS Anda termasuk tipe yang mana? Simak pula diet tepat untuk mencegah sindrom yang menjengkelkan ini.

Setiap menjelang haid, selalu saja Murti merasa pusing dan gampang marah. Sampai-sampai pekerjaan kantornya terganggu kalau ia sedang didera gejala-gejala yang menjengkelkan itu. Yang lebih membuat dongkol, teman-temannya jarang merasakan gejala demikian.Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan sekitar dua minggu sebelum haid biasanya dianggap hal yang lumrah bagi wanita usia produktif. Sekitar 40% wanita berusia 14 – 50 tahun, menurut suatu penelitian, mengalami sindrom pra-menstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS (pre-menstruation syndrome). Bahkan survai tahun 1982 di Amerika Serikat menunjukkan, PMS dialami 50% wanita dengan sosio-ekonomi menengah yang datang ke klinik ginekologi.

PMS memang kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom itu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid.

Penyebab munculnya sindrom ini memang belum jelas. Beberapa teori menyebutkan antara lain karena faktor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Teori lain bilang, karena hormon estrogen yang berlebihan. Para peneliti melaporkan, salah satu kemungkinan yang kini sedang diselidiki adalah adanya perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel. Kemungkinan lain, itu berhubungan dengan gangguan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial, atau fungsi serotonin yang dialami penderita.

Sindrom ini biasanya lebih mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid. Akan tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya PMS. Pertama, wanita yang pernah melahirkan (PMS semakin berat setelah melahirkan beberapa anak, terutama bila pernah mengalami kehamilan dengan komplikasi seperti toksima). Kedua, status perkawinan (wanita yang sudah menikah lebih banyak mengalami PMS dibandingkan yang belum). Ketiga, usia (PMS semakin sering dan mengganggu dengan bertambahnya usia, terutama antara usia 30 – 45 tahun). Keempat, stres (faktor stres memperberat gangguan PMS).

Kelima, diet (faktor kebiasaan makan seperti tinggi gula, garam, kopi, teh, coklat, minuman bersoda, produk susu, makanan olahan, memperberat gejala PMS). Keenam, kekurangan zat-zat gizi seperti kurang vitamin B (terutama B6), vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat memperberat gejala PMS. Ketujuh, kegiatan fisik (kurang berolahraga dan aktivitas fisik menyebabkan semakin beratnya PMS).

Tipe dan gejalanya
Tipe PMS bermacam-macam. Dr. Guy E. Abraham, ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran UCLA, AS, membagi PMS menurut gejalanya yakni PMS tipe A, H, C, dan D. Delapan puluh persen gangguan PMS termasuk tipe A. Penderita tipe H sekitar 60%, PMS C 40%, dan PMS D 20%. Kadang-kadang seorang wanita mengalami gejala gabungan, misalnya tipe A dan D secara bersamaan.

Setiap tipe memiliki gejalanya sendiri. PMS tipe A (anxiety) ditandai dengan gejala seperti rasa cemas, sensitif, saraf tegang, perasaan labil. Bahkan beberapa wanita mengalami depresi ringan sampai sedang saat sebelum mendapat haid. Gejala ini timbul akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron: hormon estrogen terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon progesteron. Pemberian hormon progesteron kadang dilakukan untuk mengurangi gejala, tetapi beberapa peneliti mengatakan, pada penderita PMS bisa jadi kekurangan vitamin B6 dan magnesium. Penderita PMS A sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan berserat dan mengurangi atau membatasi minum kopi.

PMS tipe H (hyperhydration) memiliki gejala edema(pembengkakan), perut kembung, nyeri pada buah dada, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan sebelum haid. Gejala tipe ini dapat juga dirasakan bersamaan dengan tipe PMS lain. Pembengkakan itu terjadi akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) karena tingginya asupan garam atau gula pada diet penderita. Pemberian obat diuretika untuk mengurangi retensi (penimbunan) air dan natrium pada tubuh hanya mengurangi gejala yang ada. Untuk mencegah terjadinya gejala ini penderita dianjurkan mengurangi asupan garam dan gula pada diet makanan serta membatasi minum sehari-hari.

PMS tipe C (craving) ditandai dengan rasa lapar ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis (biasanya coklat) dan karbohidrat sederhana (biasanya gula). Pada umumnya sekitar 20 menit setelah menyantap gula dalam jumlah banyak, timbul gejala hipoglikemia seperti kelelahan, jantung berdebar, pusing kepala yang terkadang sampai pingsan. Hipoglikemia timbul karena pengeluaran hormon insulin dalam tubuh meningkat. Rasa ingin menyantap makanan manis dapat disebabkan oleh stres, tinggi garam dalam diet makanan, tidak terpenuhinya asam lemak esensial (omega 6), atau kurangnya magnesium.

PMS tipe D(depression) ditandai dengan gejala rasa depresi, ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sulit dalam mengucapkan kata-kata (verbalisasi), bahkan kadang-kadang muncul rasa ingin bunuh diri atau mencoba bunuh diri. Biasanya PMS tipe D berlangsung bersamaan dengan PMS tipe A, hanya sekitar 3% dari selururh tipe PMS benar-benar murni tipe D.

PMS tipe D murni disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen, di mana hormon progesteron dalam siklus haid terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon estrogennya. Kombinasi PMS tipe D dan tipe A dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu stres, kekurangan asam amino tyrosine, penyerapan dan penyimpanan timbal di tubuh, atau kekurangan magnesium dan vitamin B (terutama B6). Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dan magnesium dapat membantu mengatasi gangguan PMS tipe D yang terjadi bersamaan dengan PMS tipe A.

Ada pula kram perut
Pada hari pertama atau satu hari menjelang datang bulan, banyak wanita yang mengeluh sakit perut atau tepatnya kram perut. Gangguan kram perut ini tidak termasuk PMS walaupun ada kalanya bersamaan dengan gejala PMS.

Kram pada waktu haid atau nyeri haid merupakan suatu gejala yang paling sering. Gangguan nyeri yang hebat, atau dinamakan dismenorea, sangat mengganggu aktivitas wanita, bahkan acap kali mengharuskan penderita beristirahat bahkan meninggalkan pekerjaannya selama berjam-jam atau beberapa hari.

Dismenorea memang bukan PMS. Dismenorea primer umumnya tidak ada hubungannya dengan kelainan pada organ reproduksi wanita dan hanya terjadi sehari sebelum haid atau hari pertama haid. Nyeri perut ini juga tidak ada hubungannya dengen PMS yang mulai terasa 10 – 14 hari sebelum haid. Gejala malah hilang begitu haid datang. Kalau dismenorea membaik atau bahkan hilang sama sekali setelah seseorang melahirkan, tidak demikian dengan PMS. Wanita yang pernah melahirkan malah berisiko lebih tinggi menderita PMS.

Untuk mengatasi PMS, biasanya dokter memberikan pengobatan diuretika untuk mengatasi retensi cairan atau edema (pembengkakan) pada kaki dan tangan. Pemberian hormon progesteron dosis kecil dapat dilakukan selama 8 – 10 hari sebelum haid untuk mengimbangi kelebihan relatif estrogen. Pemberian hormon testosteron dalam bentuk methiltestosteron sebagai tablet isap dapat pula diberikan untuk mengurangi kelebihan estrogen. (Dr. Elvina Karyadi, MSc, ahli gizi Masyarakat-SEAMEO Tropmed UI)

124 Komentar

  1. ALYA said,

    Mei 22, 2008 at 8:15 am

    apakah sering mengalami nyeri haid pada saat haid,bisa mengakibatkan kemandulan?
    tolong ya dokter di jawab

  2. irawati said,

    Juni 16, 2008 at 5:49 am

    dok saya sering mengalami gejala nyeri pada perut saat haid.bagaimana cara mengatasi gejala tersebut? nyeri perut itu selalu menyiksa saya setiap bulannya, saya mohon bantuanya,saya sudahmencoba obat2 yg ada di tv, tetapi kata kebanyakan orang obat tersebut bisa menyebabkan kemandulan, apakah benar itu dok? terimakasih

  3. NovSPie said,

    Juli 7, 2008 at 10:14 am

    ohh giTu Ya saya baru Tau seLama ini saya Pikir itu penyakit menjelang haid
    karna setiap haid slalu sakiT sampai2 panas dingin
    thx ya atas iNfo Na

  4. rizna said,

    Juli 9, 2008 at 11:47 am

    dok,saya sering mengalami nyeri perut pd saat haid, biasanya hari pertama sampe kedua. dan kadang disertai dengan rasa pegal di bagian pingggang.tetapi akhir2 ini nyeri perut disertai dengan suhu tubuh yang tinggi bisanya pada hari kedua. dan pada keesokan harinya pada hari ke tiga suhu tubuh kembali menurun dan rasa nyeri sudah hilang…apakah yg saya alami berbahaya ?, atau bisa menyebabkan kemandulan ??? saya minta penjelasannya….trima ksh

  5. novy said,

    Juli 16, 2008 at 4:59 am

    dok,setiap saya haid pasti perut saya nyeri selain itu juga saya merasakan badan gak enak semua,kepal pusing,perut mual,sampai² saya gak doyan makan.begitu terus setiap bulannya.apa gejala tersebut bisa menyebabkan kemandulan dok??padahal saya belum menikah.lalu apa ada obat untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut??tolong ya dok,dijawab…

  6. Uziy said,

    Juli 29, 2008 at 7:12 am

    Dok..sy mau tanya ne,umur sy 30thn sdh menikah 6bln yg lalu..sejak umur 13thn haid sy sakit d bagian perut tpi kadang engga sakit..kalw sdh sakit sampai lemah,sakit kepalan,kulit risih.sy blm juga hamil dok apa ada pengaruh dgn haid sakit

  7. atik said,

    Agustus 22, 2008 at 7:21 am

    Dok,saya mau nanya ni kenapa dari semenjak pertama kali menstruasi saya selalu mengalami sakit perut, mual, buang air besar berkali2 bahkan hampir pimsam di hari pertama haid. umur saya sekarang 25th apakah nantinya sakit tersebut mau berkurang atau hilang setelah melahirkan? saya merasa sangat terganggu dengan sakit ini karena saat sakit saya harus istiraht total

  8. Hartaty said,

    September 13, 2008 at 4:19 am

    Enak ya???

  9. masla said,

    Oktober 11, 2008 at 8:32 am

    dok,saya sering sakit perut ketika saya haid apakah itu berbahay?

  10. rina said,

    Oktober 15, 2008 at 6:29 am

    saya suka nyeri jauh sblum haid.kadang 2 mnggu sblumnya di sekitar pinggang saya sudah terasa nyeri.apalagi haid saya selalu telat 2 mnggu.truz lama kalu lagi haid.pernah nyampe 11 hari

  11. JiEzaH said,

    November 1, 2008 at 11:38 pm

    SaYa Srin9 kALi SKiT pRuT Jka tRLmbT dTn9 hAId. . UMr sYa bRu 15 tHn.apKah NnTi akN brEsIK0 jKa sAYa SDh dWsa??

  12. Ika said,

    November 4, 2008 at 2:00 am

    dok…aku dapt haidnya sekali dalm 3 buln..itu knp y dok???

  13. vivi said,

    November 12, 2008 at 3:38 am

    jika merasa sakit perut yang berlebihan hingga mual dan muntah- muntah padasaat hait itu apakah berbahaya dan apakah saya bisa hamil ?

  14. vivi said,

    November 24, 2008 at 10:38 am

    dok…aku da 3bulan telat haid,sebaiknya apa ya dok yang harus saya lakaukan dan apa saya da penyakit lain??

  15. reno said,

    November 30, 2008 at 3:32 am

    dok….saya sering nyeri pada waktu haid untuk mencegah pake apa y? biar saya kuat…

  16. anne farhana ellyantie said,

    Desember 3, 2008 at 12:03 pm

    dok, kenapa ya siklus haid saya semenjak kuliah+kerja jadi suka telat?

  17. Maysha said,

    Desember 4, 2008 at 9:35 am

    Assalamualaikum ,dok
    Nama saya siti maysaroh umur saya 16 tahun, saya mw tanya dok udh 3x ini perut saya skt saat haid padahal sblmnya gak seperti itu biasa aja gk skit,kalo akhir2 ini kalo udh tanggalnya haid saya takut skt perut itu datang.
    Apa skt yg d sebab kan oleh haid perut bwh sblh kiri itu bisa menyebabkan mandul/tidak bsa punya ank???
    Tolong saya ya dok saya butuh bgt jawabannya.
    Makasih dök,wassalam

  18. Maysha said,

    Desember 4, 2008 at 9:36 am

    Tolong jawab ya dok

  19. winda yanti said,

    Desember 17, 2008 at 3:01 pm

    nama saya winda yanti umur saya 24 thn.aku mo tanya dok.
    waktu aku mo haid slalu bagian perut dan panyudara saya sakit sekali.karena di akibatkan apa dok??.dan bagaimana caranya waktu haid lagi tidak mengalami sakit seperti yang ku katakan tadi.dan aku sering terlambat bulan.apa masalanya
    mohon dokter di jawab,aku aku butuh sekali jawabanya.
    terimakasih dok.

  20. kurniawati said,

    Desember 22, 2008 at 2:12 am

    apakah sering mengalami nyeri haid pada saat haid,bisa mengakibatkan kemandulan?
    tolong ya dokter di jawab

  21. echa said,

    Januari 12, 2009 at 2:03 am

    dok sya sring skit saat haid . .
    tu gmna iaa dok ?
    soal’y sya mrasa tergaggu . .

  22. Nana said,

    Januari 13, 2009 at 4:49 am

    Dok, saya mau tanya. Adik saya setiap mens selalu saja kesakitan dan sakitnya sangat luar biasa beda kayak sakit mens biasa yang saya alami.
    Apa penyebabnya ya dok??

  23. ika said,

    Januari 15, 2009 at 12:46 am

    apakah sering skt kepala,perut,dan nyeri pada kaki,.merupakan penyakit pada haid?terima kasih

  24. lisa said,

    Januari 16, 2009 at 12:25 am

    dok…
    saya mo nanya … napa yah setelah haid baru 2 minggu aja… minggu ke tiga udah dapat flek22 coklat lg
    mang ga menggaggu tapi bikin sebel
    bisa ampe 2 mionggu
    nah.. setelah it baru haid lagi seperti biasa
    apa waktu haid darahnya ga keluar semua yah…..

  25. azmy said,

    Januari 23, 2009 at 3:16 am

    mau tanya:
    knpa klu 1 tau 2 hari menjelang haid rasanya badan cpek, trus stelah haid dtang mlah jdi skit. Apa lgi bgian prut sama pinggang, aduh rasanya skit minta ampun…..sampai-sampai aktifitas jdi trganggu smua. Tolong bantuannya yah, gmana solusinya untuk mencegah rasa sakit itu. Trima kasih senelumnya……

  26. Ika fitriani said,

    Februari 6, 2009 at 2:16 pm

    Stiap kali aku akan datang bulan,perut ku sakit minta ampun,trutama bgian pinggang,badan jg lemas,tak sanggup q menahannya,aku meminum obat pereda sakit perut tiap bulan,ap tc bahaya & ada efek sampingnya? Ku masih bisa hamil gak?

  27. rara julita said,

    Februari 9, 2009 at 5:49 am

    ass,
    dok..saya mau nanya,
    perut saya sering nyeri saat halangan,kadang kepala saya jga sring pusing,kalau saat nyeri badan saya trasa lemes dan malas mlakukan aktifitas.apakah rasa nyeri itu menyebabkan kmandulan?.karena saya merasa terganggu.

  28. rara julita said,

    Februari 9, 2009 at 6:03 am

    sat halangan datang saya mrasakan nyeri dok,sakit bgt.
    kdang saya nangis karena ngak tahan lg,,apa solusi yang bgus untuk mengurangi rasa nyeri,??oya dok,,kadang halangan saya gak tratur datangnya,, kdang nyampe 10 hari,bisa jg 12 hari,,apakah bisa menyebabkan kemadulan???
    mhon bantuannya dok..
    terima kasih ya dok..

  29. masla said,

    Februari 11, 2009 at 2:14 am

    dok,saya minta tolong yach,knp setiap saya datang bulan perut saya terasa sakit buanget,apakah saya boleh minum obat biar rasa sakit saya hilang.

  30. icha said,

    Februari 15, 2009 at 6:25 am

    dok, bila nyeri haid saya terasa seperti ingin buang air besar pada hari awal datangnya haid, apakah itu normal?? thx…

  31. siti munafiah said,

    Februari 16, 2009 at 10:29 am

    Tiap haid, darah yang keluar sangat banyak sekali. apa itu normal. apa benar haid yang banyak bisa menyebabkan menopause lebih cepat. menopause lumrahnya usia berapa? terimaksih atas jawabannya.

  32. Rhea said,

    Maret 4, 2009 at 12:48 pm

    Dl Gw jg menglmi sakit wkt haid,skrg ga lg..Gw nemuin cr yg amt mdh tp agk sush jg jlni ny:ga blh makan cabe/saos 3hr mnjlg haid,smpe haid slsai..Cobain dech..!Pst brhsl!

  33. aa said,

    Maret 10, 2009 at 5:39 am

    saya sering marah kalau sedang haid apayang harus sya lakukan untuk menghindarinya

  34. ayu said,

    Maret 11, 2009 at 4:29 am

    saya pernah mengalami selama 6 bulan pasca melahirkan anak ke dua. saya merasa sangat terganggu, sehingga saya mencoba meningkatkan perhatian menjelang haid. seminggu sebelumnya saya mengkonsumsi vitamin C 1000 mg sampai setidaknya tiga hari setelah haid. alhamdulillah sekarang amaaaan….

  35. carra said,

    Maret 14, 2009 at 10:24 am

    dok sering kali stiap saya haid..selalu kram pada prut dan membuat saya ga napsu makan, kemudian sering mengeluarkan darah yg berlebihan beserta gumpalan” yang saya tidak ketahui…kira” itu apa ya dok?
    trus saya juga sering kali merasa seperti ingin buang air besar walau nyatanya tidak…sering kali hal ini buat saya takut…

    kalo lagi haid minum air yg banyak itu penting ga sih dok?

    umur saya masih 17 thn

  36. Hani said,

    Maret 14, 2009 at 11:59 am

    Aq jg d0k, slLu skt pRuT d hari pRtma haid,sakitx mNta ampun..sampe g bs ngapa2in, seRing boloz skula gara2 ni. Tys aq dKasi resep tRadisi0nal uTk mgatasi nyeRi haid, dr pd minuM obt2An yg da eFek sampingx. Gni ne rSePx, tUmbuk 1 jahe,lalu rebus brSAMA air,kmudian cAmpur dgn teH, ckup mNum 1 gelas aj. Insya Allah skt yg temen2 rSain sgERa reDa, aq jg udh ny0bA n khasiatx bRasa, so aq g pRLu bol0s skula lg. Slmt menc0bA tman2.
    Untk d0kter, apa kandungan pd jahe n teh, kenapa itU bs sdKit mreDakan nyeri haid sy?thx infox,

  37. rima said,

    Maret 22, 2009 at 7:37 am

    kalo aku gy… haid sama juga prutnya sakit banget kira2 obatnya apa ya dok?????

  38. Fenny Utami said,

    April 9, 2009 at 7:24 am

    kenapa yach kali aku haid hari pertama perut kiri bawah selalu sakit kadang suka mual, pening bahkan kalo sakit banget selalu sampe pinsan?

  39. anne said,

    April 15, 2009 at 11:30 am

    dok.. saia selalu sakit pas haid di hari pertama.. bahayakah??

    perlukah saya memeriksa ke dokter?

    tlg balas ya… terima kasih…

  40. m4zt3r_20 said,

    April 18, 2009 at 2:58 pm

    Jngn hwtr,emang kbnyakn wanita prnh gtu walau g smuany.Solusinya gampang,cepetan nikah trs hamil nti g trasa skt lg kok. is3q sudah buktiin…Smga brmanfa4t.

  41. lee lin said,

    Mei 11, 2009 at 4:25 pm

    dok, saya setiap kali haid selalu sakit, saya putuskan untuk ke dokter kandungan dan hasilnya saya dinyatakan ada bibit kista/ endometriosis, waktu itu dokter menyuruh saya meminum pil KB setiap kali haid untuk mematikan bibit kista tersebut (saya tangkap penjelasannya seperti itu). satu dua bulan memang tidak sakit lagi tapi setelah itu selalu sakit dan makin sakit, sampai saya berkeringat dingin dan pandangan jadi kabur. apa yang harus saya lakukan?
    mohon bantuannya…terima kasih

    • wiwin said,

      Februari 27, 2010 at 5:11 pm

      Saya wanita berumur 17 Tahun,saya mau tanya kepada Dokter..?Saya mengalami haid yang tidak biasa nya haidnya mengeluarkan darah yang Tidak seperti haid biasa tetapi Darah Segar dok..dan itu sangat deras dan banyak,sebelum haid datang perut saya sangat sakit luar biasa dan haid datang 2hari lebih awal dr tanggal nya,saya menderita mag kronis,sebelum hait datang pola makan saya meningkat dan itupun harus dengan cabei banyak,,saya juga sering melakukan manstrubasi,apakah ini penyakit atau hal yang sangat berbahaya dok..??mohon saran nya dok…sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terimakasih.

  42. Bella said,

    Mei 17, 2009 at 8:48 am

    Dok, Saya RemAja SMP kelas 2 yang baru mengalami Haid pada bulan Oktober Lalu… sdikit memberitahu, saya mengalaminya pada tanggal 17… kemudian berlanjut hingga 10 hari. pada bulan November saya mengalaminya agak telat, namun pada bulan Desember, saya tidak mengalami Haid. selanjutnya, pada bulan Januari, Saya haid tanggal 5. sampai begitu seterusnya, tanggal 3, 4, dan 2. saya pernah bertanya kpd guru biologi, dan beliau menyuruh saya untuk berkonsultasi jika masih berlanjut. pertanyaan saya, apakah normal pada setiap wanita yang saya alami ini?
    tlong di jawab…. thankz…

  43. lavigne said,

    Mei 25, 2009 at 6:32 am

    Dok mau tnya dong ??
    klo haid sering mengeluarkan darah yg menggumpal dan bnyk keluarnya
    itu kira2 berbahaya ga ya ?
    makasih

  44. Hardiyanthy said,

    Juni 4, 2009 at 3:35 am

    DoK, Sy juga kadang2 merasakan nyeri haid pada haid pertama sy dan itu menyebabkan sy harus harus istirahat beberapa jam krn biasanya klw sy sudah tidur sdikit rasa sakitnya langsung hilang. Sy sempat berfikir skit yg sy rasakan ini akibat dari kurangnya sy berolahraga….apakh penyebabnya sehingga wanita mengalami hal seperti ini? thankz

  45. rilli yanti said,

    Juni 12, 2009 at 7:11 pm

    dok mau tanya dong,,,,,,?
    kalo setiap kali haid saya tidak merasa sakit sama sekali, dan darah yang keluar tidak saya ketahui, tiba-tiba saat aku mau pipis baru aku ketahui kalo aku haid…, apakah ada kelainan pada saya dok…. karena tidak merasa sakit saat haid….? jawab ya dok…

  46. vivi said,

    Juni 25, 2009 at 6:44 am

    sore Dok,,
    yeri diperut tepatnya dibawah puser saya terasa sakit bgt,,seharusnya saya sdh haid tgl 18 kmrin tp smpa skarg tgl 25 blm jg tp faktor sblum haid yag dngan nyeri dibwah puser ini udah lama terasanya malah kdang yakin klo bakalan dapat mlam hrinya, tp sdh brhari2 perut saya skit bgt kya nyeri seluruh badan,,knpa ya Dok? tlong bantuannya ya Dok,,
    Trima kasih Ya Dok atas waktunya

  47. Juni 27, 2009 at 4:44 am

    Assalaamu’alaikum dok, saya ud hampir 2 th menikah blm mempunyai ank, umur saya 29 th, jk dtng bulan perut saya trkadang sakit kadangpun biasa2 aj, golongan darah sy AB, saya mhn petunjuk dr dokter hal ap yg hrs saya lakukan??

    • boylaut said,

      Juni 7, 2011 at 3:29 am

      periksakan kesuburan anda dan suami anda kedokter.

  48. yuni said,

    Juli 8, 2009 at 3:42 am

    mau tanya dok…!
    Setiap haid hari pertama-kedua perut saya sakit sekali, badan dingin kadang disertai muntah, darah haid ada yg mengumpal. Mungkin saya bisa pingsan kalo tidak istirahat total. apakah saya ada kelainan dok….? bagaimana solusinya? makasih bnyak dok, mhon d jawab…

  49. tii said,

    Agustus 1, 2009 at 3:26 am

    bagian vagina sakit ketika menstruasi apakah wajar?

  50. ayu said,

    Agustus 6, 2009 at 7:51 am

    Aslam….
    dok mw nanya …..?
    sebelum dan haid badan pegel semua panyudara bengkak….. trus pada saat hari pertama dan kedua haid perut sakit melilit… apa itu tidak bahaya dok….

  51. Lesty said,

    Agustus 25, 2009 at 8:05 am

    Dok,knpa sh sy sering mengalami sakit perut ketika haid.sampai2 sy mau pingsan.kta orang tua dulu ktnya klo skt ky gt bisa mandul.pa benar dok?tp skit perut sya bisa hilang kalau minum jamu kiranti,tp tman2 sya melarang sya untk mnum jmu tr5but karna bisa mengeringkan rahim.pa kandungan dlam jamu ter5ebut da yg berbhya?

  52. dira said,

    September 7, 2009 at 8:30 am

    mw tanya niy..
    kLo lagi dpt sakit perutNya sakit baget itu normal ga siy??
    sampai lemes gt..
    kLuar keringet dingin,
    panDangan jg ga jelas, gelap2 gmN gt
    kaya orang mw pingsan deH..
    solusinya gmN ya??
    thx..

  53. sella said,

    September 10, 2009 at 5:27 am

    caa ngilangin sengugutan lw haid..????

  54. indrey said,

    September 24, 2009 at 12:45 am

    ass,,
    Dok,,sbnrny lama haid itu normalny brp hari ?
    Trus minum jamu2 atw obat2n semasa haid apkh brpengaruh pd kondisi rahim ?
    Kl emg ada, seberapa parah atw jauhkah efekny ?
    Trimakasih.,

  55. nia said,

    Oktober 4, 2009 at 2:17 pm

    dok knp ya law nia haid sakit banget.pernah sampai pingsan.apa benar kata orang susah punya anak?

  56. lyan said,

    Oktober 15, 2009 at 3:54 am

    Dok,saya mau nanya..
    ketika saya haid perut memang terasa sakiiiit banget,tetepi sebelum haid saya merasakan payudara saya rasanya mengencang,kadang sakit banget.apa itu bisa menyebabkan kanker payudara??
    satu lagi Dok,
    Pada waktu saya haid kadang bawaanya males banget,apa itu ada hubunganya dengan PMS tipe A?
    Saya tunggu jawabanya ya Dok….
    Makasie..

  57. aya said,

    November 2, 2009 at 6:11 am

    ass..
    dok,,kenapa ya klo setiap dtang bulan saya sampai merasakan keram yang begitu hebat sampai-sampai saya Pucat,,Pingsan,,Pusing,,dan Mual !!
    kenapa ya dok saya bisa merasakan nyeri haid yang begitu hebat&mengganggu aktivitas saya ??
    bagaimana caranya bisa mencegah agar tidak terjadi lagi.
    Trimakasih..,

  58. lyn said,

    November 26, 2009 at 5:34 am

    dok,sya ingin bertanya sya mengalami haid tak tertu kdg2 4 hari kdg2 5 yang paling peliknya bulan ni (november) hanya dtg 2 kali saja…apa sebab nya dok???

  59. megha said,

    Desember 2, 2009 at 7:18 am

    dok,,,
    knpa tiap sy haid skit na ampe bikin pingsan,,,
    pa obat na lg dok,,
    biar g sakit lg?
    sy mohon petunjuk dokter,,,
    wsslm

  60. Maria said,

    Desember 31, 2009 at 9:18 am

    Dok, saya mau nny, setiap saya dateng bln perut saya itu sakit sekali (keram).. sampai2 untuk berjalan saja susah sekali..
    dan bnyk kata orng jg “susah utk pnya ank” apakah iy dok…????
    dan bgmn utk mencegah agar rasa sakit di perut itu hilang… dan saya dapat beraktifitas seperti biasanya..
    Trims..

  61. Dina said,

    Januari 5, 2010 at 5:14 am

    Aku selalu mengalami sakit perut, di saat Haid hari pertama dan terakhir dan selalu membuat pusing.apa yang menyebabkan sehingga hal tersebut terjadi?

  62. nora siburian said,

    Januari 21, 2010 at 4:32 am

    dok.. saya mau tanya….
    setiap kali aku mau datang bula(haid) kenapa perut di bagian bawah….
    sakit sekali.. dan perih..
    bagaimana ya, dok cara mengatasinya agar setiap kali mo datang bulan tidak sakit lagi.
    bls

  63. ayu riyanti said,

    Februari 12, 2010 at 12:10 pm

    sy slu mglami nyri sat haid yg bgtu hebat,g nfsu mkn&prut rsnya sprti d blender..skt bgt!obt yg cck spy sya g gtu lg!thx

  64. gadis said,

    Februari 13, 2010 at 6:44 am

    mau tnya ,
    ini problemnya mama sya ,usia 40th .

    selama datang bulan ,vagina terasa perih .
    ini terjadi setiap dteng bulan ,sdh brtahun-tahun …

    sdh ke dokter ,katanya gak papa .

    itu bgm ?
    apa brbahaya ?
    bgmn cra mngatasi agar tdk perih .

    tlg d jwb .
    trimakasih .

  65. elin said,

    Februari 25, 2010 at 1:03 pm

    dok saya berumur 16 tahun dan april sekarang 2010 saya berumur 17 tahun ,
    saya sering mengalami myeri hed yang begitu amat sakit ,nyeri ini saya alami di waktu hari pertama dan kedua
    setelah hari ke 3 sudah tidak ada lagi
    saya mau tanya dok ,
    apakah ini ada gangguan dalam tubuh saya ?
    apa penyebanya ?
    dan bagaimana saya mengatasi rasa sakit ini ?
    trimakasih dok .

  66. siiska said,

    Maret 9, 2010 at 12:32 pm

    ekhmmmmmmmmmmmm………..
    gugx enak hegg.,,,lw agg haid tegh…….
    sakitt bngett…………………….

  67. Maret 10, 2010 at 7:15 am

    dok, saya mau nanya. kan waktu mau haid pasti aja saya sakit 2 atau smpe 4 hari trus 2 hari pertama mau haid pasti pusing trus muntah2 mau tau ya dok, kalo punya gejala kaya gitu musti mkan / minum pa?

    • boylaut said,

      Juni 7, 2011 at 3:21 am

      jus wortel obatnya.. coba deh.

  68. suci said,

    Maret 20, 2010 at 6:50 am

    Waktu haid pertma aku slalu mengalami kesakitan yg dahsyat skali shga syta menangis. terus sya pernah haid 30 hari. kdang perut pgang trasa skit skali kaluu mengeluar kan haid yg bnyak biasa nya kpala sya pusing hampir pinsan.trus hari nie sya lgi haid udah 2 miggu an. sya dang cpet smbuh dan nglakuin ibadah aku. sya mau tnya sbenar nya tu sya kna sakit pa sieh? jwab ea

  69. mirnawati said,

    April 10, 2010 at 7:51 am

    dok,saya berumur 20 th, sejak umur saya 14 th saya sudah mengalami menstruasi,sejak itulah saya selalu merasa kesakitan, dan sakitnya itu gak bisa aku tahan,karena rasa sakitnya itu di barengi muntah2, sampai saya merasakan perut saya itu kosong, karena sampai cairan doand yang qu muntahin.pernah juga aku merasakan sakitnya itu sampai aku tak sadarklan diri, dok saya mau tahu cara untuk sembuh dari penyakit itu. arena saya tidak sanghgup kalau mau menghadapi masa datang bulan itu, malahan saya selalu stres untuk menghadapinya. terimakasih

  70. anhie said,

    April 27, 2010 at 5:11 pm

    dok sy wanita umur 21 thn.sy sdh mnikah.sdh 4bln sy tdk haid.wktu tes urine pakai tes khamilan hsilny negatif.perut sy suka keram.apa normal 4 bln tdk dtg haid.dan apa sy mgidap pnyakit?

  71. ika rahmawati said,

    Mei 11, 2010 at 7:43 am

    dok… penyebabnya apa sih kok pada waktu menjelang haid kram perut, padahal dulunya enggak sakit.

    • boylaut said,

      Juni 7, 2011 at 3:19 am

      itu penyebabnya semakin bertambahnya usia yg di ikuti pubernitasnya kamu.. ora opo2. biasa aja..

  72. Hana novitasari said,

    Mei 17, 2010 at 7:34 am

    Maaf, saya mau bertanya.
    Saya ini umurnya masih 15 tahun, tapi setiap kali saya mensturasi sya harus merasakan sakit perut yang luar biasa. Saya merasa tergangu banget apalagi kalau itu tejadi di hari sekolah. Jadi, saya mau nanya apakah ada makanan yang harus saya hindari atau saya konsumsi untuk menyembuhkan nyeri haid itu ? Terimakasih.

  73. ntie said,

    Mei 29, 2010 at 2:59 pm

    Dok, mau tanya saya usia 23 tahun, sejak haid pertama kali umur 13tahun saya tidak pernah merasakan sakit, akn tetapi setelah umur 18 tahun saya sering merasa sakit saat haid hari pertama dan kedua,saya biasa haid nya 5-8 hari, hari ke 10 perut saya suka sakit lagi seperti pada saat haid,terkadang sebelum haid jg. mohon pencerahannya.

  74. poetry said,

    Juni 11, 2010 at 9:49 am

    SaYa KAlAu HAID rAsAnYa SaKiT SEkALI,BAHKAN sAMPAI Pusing n mual2….kira kira apa yang saya lakukan????????

  75. ainun said,

    Juni 12, 2010 at 11:55 am

    dok…saya wanita umur 28thn n blum menikah,saya klu haid cm 3 hari az n hari pertama selalu nyeri perut sama pinggang sakit gtu smnjak umur 17thn smpai skrg!
    itu berbahaya g dok,coz saya lum pernah periksa k dokter n lum pernah coba obat2an kerna saya takut berefek ke perut saya…o iy,klu sprt itu masalah ny ap y dok
    tx sblm ny….

  76. Sihla said,

    Juni 24, 2010 at 9:02 am

    Dokt saya mau tanya? kenapa saat saya datang bulan di hari pertama dan pada malamnya saya mengalami sakit yang luar biasa di perut saya, Panas, Mual, Mata berkunang kunang, perut terasa kayak di remas2 trim kasih dokt.. mhn sarannya

    • boylaut said,

      Juni 7, 2011 at 3:15 am

      itu karna proses awal pecahnya sel indung telur yg tidak dibuahi, biasanya diiringi dng keluarnya gumpalan2 darah. tidak apa2, itu masih bisa dikontrol. rajinla berolah raga, minum jus wortel serta hindari stres.

  77. irahayu said,

    Juni 28, 2010 at 12:51 pm

    dok, mama saya umurnya 43 tahun…
    waktu umur remaja beliau tidak pernah merasakan sakit perut yang berlebihan saat mandapatkan haid tetapi setelah umur 40 tahun keatas, beliau merasakan sakit perut yang luar biasa setiap menjelang haid ?kira-kira penyebabnya apa?bagaimana solusinya ya? thx.

  78. sumarni said,

    Juni 30, 2010 at 5:38 am

    dok gini,saya sering sakit perut pada waktu haid, sampai sampai saya tidak bisa beraktivitas sampai 3 hari.gimana solusinya?

  79. nuno said,

    Juli 12, 2010 at 9:00 am

    saya mw tanya donk,,,
    ]ko setiap hri pertama haid perut sy skit bgt kya d tusuk2 gtu,,
    ap ad cara untuk mencegah nya???
    sy tkut ad kelainan,,,

  80. ariesta komala said,

    Juli 20, 2010 at 4:36 am

    Gw tiap bln haid ga teratur,,, trs pas hari prtama haid pasti perut rasanya skt bangeetttttt,,, Sakit minta ampun deh.. Biar ga sakit minum apa ya ???? Apa haid ga teratur bs menyebabkan kemandulan ?????? thx

  81. sofie said,

    Agustus 2, 2010 at 5:47 am

    klo lagi haid knp c kdg sakit bgt… padahal ud minum obat (Kiranti) gt.. n klo penyebab mandul untuk wanita itu p ac…? terimaksiih

  82. lusy angriani said,

    Agustus 4, 2010 at 9:09 am

    Dok,saya sering sakit perut waktu hari kira2 24 jam lah tapi sakit nya luar biasa badan saya panas2 dingin jadinya??? terus perut saya sangat sakit,,,pada waktu haid tu saya tidak bisa melakukan aktifitas yang bisa hanya tidur karna terlalu sakit.,,,apa itu berbahaya,dan apa obat yang bisa menghilangkan rasa sakit tu dok,,,,,???? karna rasa sakit itu kada setiap tanggal datang haid saya, saya slalu takut??? terimakasih sebelumnya dok,

  83. deta wahyuni said,

    Agustus 25, 2010 at 3:41 am

    dok saya sering mengalami gejala nyeri pada perut saat haid.bagaimana cara mengatasi gejala tersebut? nyeri perut itu selalu menyiksa saya setiap bulannya, saya mohon bantuanya,apakah bisa menyebabkan kemandulan, apakah benar itu dok? terimakasih

  84. Nenk said,

    Agustus 29, 2010 at 6:45 am

    dok, sya sering bnget sakit ktika mau haid, selama haid bahkan ketika mau selesainya pun sakit jga! normal ga’ sich haid yg d’alami oleh sya????

  85. made said,

    September 6, 2010 at 8:39 am

    dok saya berumur 28 tahun sudah punya anak satu, sebelum saya punya anak saya tidak pernah sakit perut seperti ini, dan saya sekarang ingin punya anak kedua anak saya kalau dia masih hidup sudah berumur 10 tahun tapi tuhan sudah memanggil dia dan sampai sekarang saya belum juga dikaruniai anak, dan setiap saya datang bulan perut saya sakit sekali sampai badan saya terasa lemas, dan perut saya jadi kembung, apa dari sakit perut itu saya tida bisa punya anak, tolong dijawab ?

  86. shelly said,

    September 21, 2010 at 5:01 am

    ……… duuuh… sudah smpai hri ke tiga saya haid.. tpi kenapa masih mrasa skit peruut……?????????????????????

  87. Bali Wedding said,

    Oktober 6, 2010 at 7:20 am

    sakit diperut pada saat menstruasi banyak dialami oleh kebanyakan wanita, walaupun tidak semuanya sih yang mengalami masalah atau keluhan pada saat menstruasi. tetapi dengan kejadian ini banyak perempuan yang sepertinya sangat tersiksa dengan keluhan pada saat menstruasi.

    seperti teman saya yang sangat tersiksa sekali dengan keadaan pada waktu menstruasi sampai dia membungkuk mencoba untuk menghilangkan rasa sakit, dan ada yang kelihatan pucat sekali wajahnya menahan rasa sakit, bahkan saking tidak kuatnya sampai-sampai pingsan. duh seperti itu sakitnya. untung saja apa yang dialami oleh teman saya tidak pernah saya alami pada waktu menstruasi.

    jujur loh kadang saya sering merasa takut kalau sampai saya kesakitan. kalau kiat saya sih banyak minum air putih dan istirahat yang cukup, tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat. karena kondisi badan pada waktu menstruasi sangat berbeda sekali. gampang capek, gampang sakit, badan lemas dan mungkin masih banyak keluhan-keluhan yang dialami oleh setiap perempuan menjelang menstruasi…..salam kenal….

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

  88. Riska said,

    Oktober 7, 2010 at 4:24 am

    Dok mohon penjelasannya,,,,

    saya dah telat 2 minggu,,, dan sekarang perut saya keram,, mau buang air kecil terus, perasaan gelisah, g jelas, tu knp ya dok,,,?

  89. achy said,

    Oktober 7, 2010 at 6:32 am

    dok,usia sya skrang 20 thn, sjak sya mengalmi menstruasi selalu aja ngerasain perih di perut saya,dan itu rasanya menyiksa bangat,selain tuh saya merasakan pegal2 d pinggang saya,,,saya sering mengkonsumsi obat2 untuk menghilangkan rasa nyeri tsbt,tp tu hanya bersifat sementara…saya takut jangan mpe gar2 mengkonsumsi obat2 itu bisa menyebabkan kemandulan,,,,minta solusinya donk,,,,

  90. Citra said,

    Oktober 24, 2010 at 1:17 pm

    Dok,sya mau brtanya,setiap sya mau dtag bulan,5hri sblum dtg bulan pinggang n kaki sya terasa pegal,perut jg pngn muntah..pa tu gejala wajar?efek dari obat sprti kiranti n feminax tu pa dok?pa bs mnybabkan kmndulan?..trima kasih bnyak dok..

  91. tina said,

    Oktober 26, 2010 at 4:17 am

    ass.npa y dok setiap sy haid sring skt prut pai pingsan,trus sy jg sring gk tertur.dulu sy prnh mnum jamu pi mlah skt bgt dok…minta penjlsan na y dok,,,,

  92. mita said,

    Oktober 26, 2010 at 2:21 pm

    dokkk apa sakit perut pada saat menstruasi bisa mengakibatkan kemandulan? Saya sakit perut hari pertama menstruasi pada saat belum lancar, tetapi setelah menstruasi lancar rasa sakit pun hilang.. Saya takut ini berpengaruh dengan kesuburan saya dok.. tolong jelaskan..

  93. mega said,

    November 1, 2010 at 4:14 am

    dok saya berumur 19 tahun . saya slalu mengalami sakit ketika akan haid dan beberapa hari saat haid .apa itu berbhaya ? lalu apa yg hrs saya lakukan untuk menyembuhkan rasa skit itu ?terimakasih

  94. Neng Caem said,

    November 26, 2010 at 8:59 am

    iy sm nih…
    qluw dpt sk sakid perut nyah dh gt d tmbh pegel” d betis…

    cr ngilangin itu smw gmn yah..??

    qluw mnum feminax bahaya ga si??

  95. arni puspa h said,

    November 28, 2010 at 4:41 am

    asss.. dok sya stiap haid sllu skit prut, skitnya itu mlilit skit bnget n npa jga haidnya nggak prnh teratur. kdang2 tlat 2mggu ada jga nggak dpet sma skli dlam stu blan. minta sousinya ya dok n lw ada obatnya apha biar lw mau dpet nggak tkut gie ngadpinya… mkch sblumnya dok. wsalam.

  96. rupina manurung said,

    Desember 4, 2010 at 4:50 am

    siang Dok,, nama saya Rupina Manurung, saya wanita berumur 20 tahun,, kenepa ya dok kalau saya mau haid gitu badam sakit semua?,, apa sih obat untuk mengatasinya?

  97. juli said,

    Desember 27, 2010 at 11:07 am

    dokter saya mau tanya…………

    apakah akibat haid tidak datang hampir 7 bulan?
    tapi klo haid datang selalu deras bangt seperti air mengalir!

    dan sekarang ini gara2 itu semua prut jadi mengeras didalam,
    tapi lom tau sebabnya apa!
    tolong ya dok balaz!

  98. mey said,

    Januari 3, 2011 at 5:49 am

    dok saya mau tanya,dh hampir 1 mnggu ini saya merasakan kram dbawah perut,pusing,mual,meludah mulu,,tp krng saya lagi datang bulan,,kkenapa y dok??pa saya sedang hamil atau tidak?
    balas y dok??

  99. nabila said,

    Januari 5, 2011 at 6:50 am

    dok say mau tanya knp ya setiap mau dateng haid perut saya terasa sakit ..???

  100. siti said,

    Januari 18, 2011 at 3:09 pm

    salam,
    dokter,saya kadang klo lg haid atau stlah haid miss V saya sakit,itu knapa y?
    Mgkn g kalo itu kanker cervik.
    Makash

  101. nely said,

    Januari 23, 2011 at 2:38 pm

    dok saya tiap haid hr 1 hrus skt prt dn tak bisa ngapa2in,saya mau mjnum obt yg dipaarnkatax bsa menyebbkn ke2ringn dlm rahim,akhrnya g saya apa2inapkh hal itu bnr?dn saya prnh dgr kalosembuhnyanyeri itu akan hlg stlh mnkh,pdhl saya msh lum wktunya mnkh,klu nunggu mnkh brp thun lg skt prt trus dok?
    mksh

  102. mala said,

    Februari 11, 2011 at 5:32 pm

    ass dok
    dok nama saya mala saya mw tanya ,stiap saya haid perut saya selalu sakit,banyak orang bilang klo haid kita sakit sulit mempunyai keturunan?apa benar dok….mohon dperjelas
    makasih.

  103. ilmiah said,

    Februari 19, 2011 at 11:19 pm

    3 hr m’jlng haid payudara bengkak dan sakit, kurang slera mkn, mrasa haus, sesekali trasa nyeri di perut dan blakang bgian bwh, memar di paha N lengan. Hari 1 N 2 nyeri di perut sampai kluar kringat dingin, mual,mencret, bdn trasa sakit klw disentuh bahkan ga bisa nyisir rambut krn sakit klw rmbt’y rontok. Jd sy ga bs ngapa2in slama 2 hr. Hr ke3 dah mulai b’kurang, hr ke 4 dah sehat. Siklus haid sy cm 25 hr. Mhn penjelasan’y dok.

  104. Fuji Rahayu said,

    Februari 21, 2011 at 1:53 pm

    Malam Dok,

    Umur saya 27th, dari pertama haid umur 12th saya selalu mengalami nyeri haid yang berlebihan, badan terasa dingin & berkeringat dingin, perut seperti ditusuk-tusuk, tdk nafsu makan. Kalau dulu saya sampai berguling-guling di tempat tdr bahkan sampai bolos sekolah. Sekarang tidak jauh beda hanya tidak seperti dulu tp tetap saya harus tidur beberapa jam utk menghilangkan rasa nyeri itu.

    Saya minta tolong diberikan solusinya Dok, karena banyak teman yang menyuruh saya periksa ke dokter kandungan, berhubung sekarang saya sudah menikah selama 7 bulan tp belum hamil, takutnya ada miob atau semacamnya. Kira-kira berapa biaya nya jika saya ingin periksa Dok?

  105. santy said,

    Februari 27, 2011 at 1:29 pm

    dok. . . . saya sudah 13 tahun tapi saya belum haid ya. . . dok apakah saya tidak normal. . . . tolong penjelasannya. . .
    terima kasih

  106. kinanthi said,

    Maret 23, 2011 at 6:48 am

    di buka privacy share’nya dong,ingin share ini di facebook..sbb sy trmasuk org yg sllu mngalami pms di awal haid. bahkan sakitnya terkadang tak tertahan hi9ngga sy pingsan…thanks utk share-nya..

  107. ocid said,

    April 5, 2011 at 5:48 pm

    dok pcr saya tu sering mengalami nyeri perut pd saat haid, biasanya hari pertama sampe kedua. dan kadang disertai dengan rasa pegal di bagian pingggang.tetapi akhir2 ini nyeri perut disertai dengan suhu tubuh yang tinggi bisanya pada hari kedua. dan pada keesokan harinya pada hari ke tiga suhu tubuh kembali menurun dan rasa nyeri sudah hilang…apakah yg di alami pcr saya berbahaya ?, atau bisa menyebabkan kemandulan ??? saya minta penjelasannya…. Dok. Thks…

  108. duwy said,

    April 17, 2011 at 7:43 am

    dok kenapa saya setiap halangan sakit perut yang sangat berlebihan setiap bulan nya?? terimakasih dok mohon di bantu.

  109. meisha said,

    April 26, 2011 at 5:33 am

    dok,perut saya sering sakit saat haid,dan beberapa pencegahan sudah saya lakukan tpi tetap saja masih sakit saat haid,lalu bagaimana cara mengobati agar perut saya tidak sakit lagi saat haid?selain itu badan saya seperti tidak ada tenaga nya(ndredek)

  110. Mei 4, 2011 at 6:35 am

    dok , saya wanita berusia 18 tahun . sudah 1 tahun terakhur saya mengalami nyeri haid yg kuar biasa sampai saya terkadang pingsan atau muntah2 .. saat ke dokter dia bilang karna saya punya masalah dengan lambung makanya sakit perut haid itu bercampur dgn sakit lambung hingga menyebabkan mual dan sakit yg amat hebat .. saya pun pernah di usg tapi tidak ada penyakit di perut saya .. jaddi bagaimna cara mengatasi sakit haid ini dan apa obat yg benar2 manjur untuk saya ?

  111. rohayati said,

    Mei 20, 2011 at 7:37 am

    Dok, sy mo tanya .sy kl datang bulan sakit sekali seperti ada luka di dalam dan itu terjadi selama haid,tp kl selesai haid sakit itu hilang,namun haid tetap lancar, mohon penjelasan dan saran dokter ? Terima kasih

  112. mirra said,

    Mei 25, 2011 at 2:27 pm

    dok saya sering sakit di bwh prut smpai2 ke pinggang skit nya dan rasa mual saat haid saya juga sudah mnikah bln febuari smpai saat ni blm hmil pa sakit saat haid yang mnybabkan sya lmbat hmil??

  113. Mei 26, 2011 at 5:33 am

    dok , saya mw nnya .. klo haidnya telat 1 mnggu itu knapa ya?? bahaya tidak?? bru bulan mei 2011 ini sya mengalami telat dtang bulan (menstruasi) .. saya jg sllu mngalami sakit pinggang saat pertama menstruasi hingga menjelang 5 hari .. menstruasi saya juga tidak menentu .. kadang 1 bulan 2x , itu dikarenakan apa ya dok?? tlong djwab ya dok?? trims ..

  114. Mei 27, 2011 at 4:04 pm

    dok, payudara saya terasa sakit kalau mau menjelang haid, itu sebenarnya wajar ngak sih dok????? dan itu berbahaya ngak dok?????, itu membuat saya takut…….

  115. lian said,

    Juni 22, 2011 at 12:37 pm

    knp asal sya haid slalu nyeri prut sya dok.,

    tlg d jwb ea dok..

  116. muthia said,

    Juli 10, 2011 at 7:49 am

    Vagina sakit pada saat haid itu karna apa? Bahaya atau tidak?

  117. Iyul said,

    Juli 29, 2011 at 5:18 am

    Dok,,nama saya yuli.kenapa ya setiap kali saya haid selalt saja terasa nyeri,bahkan ampe bwt saya demam lo dok.
    Kalau saya bawa tidur makin terasa sakitnya,hinga ke paha saya merasakan sakit.kalau saya merasa kedinginan bulu roma dan bulu tangan saya berdiri semua,dan itu membuat perut saya makin sakit.
    Apa ya dok yg bisa buat nyeri haid ne gak datang lagi??
    Mohon jawaban nya y dok.
    Makasih

  118. Vera said,

    Juli 31, 2011 at 3:30 am

    Dok,mau tanya?sy wanita berumur 22.sy sudah menikah sktar 1,5 thn..sebelum menikah haid sy lancar dan tdk merasakan skt apa2 diperut.tetapi stlah saya bkrja di jkrt dan akhrnya menikah,haid sy mulai jd skt .perut sakit,pgn muntah,buang air besar berx x..dan yg ingin saya tanyakan,kenapa sampai saat ini sy blm bs pnya anak?apakah ada pengaruh tentang rasa skt itu dgn ovarium saya?trmksh mhn dijelaskan.

  119. kiki said,

    Agustus 5, 2011 at 2:22 am

    ass. dok… begini bulan ini saya sempat telat datang bulan selam 1 minggu dan pada akhirnya datang juga si “bulan” tapi kenapa ya dok hari pertama tuh rasanya sakit…..bgt pada bagian perut bawah, beda sama haid bulan2 kemarin rasanya ga sesakit ini….jadi apakah haidku normal dok???? dan gmn caranya supaya pada saat hari pertama datang bulan tidak merasa sakit bagian perut bawah.. makasih ya dok…


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

