Contoh Susunan Menu untuk Ibu Hamil

Waktu Hari I Hari II
Pagi Mi bakso lengkap dengan sayur dan air tomat. Omelet sayur isi daging dan sari wortel.
Pk. 10.00 Roti bakar isi selai dan susu. Schotel kentang isi telur + daging dan susu.
Siang Nasi, gepuk daging bumbu kecap, perkedel jagung, sayur asem, kerupuk udang, dan pisang. Nasi, sayap bakar bumbu madu, bakwan tahu, ca sawi + kapri + wortel, dan melon.
Malam Nasi, pindang kikil, ikan bakar bumbu kuning, oseng buncis, dan pisang. Nasi, kalio daging, tahu balado, oseng daun singkong, sambal goreng teri,dan teh manis.
Waktu Hari III Hari IV
Pagi Nasi soto lengkap dan sari jeruk. Nasi goreng lengkap dan jus alpukat.
Pkl. 10.00 Kroket tempe dan susu. martabak Setup sayuran, daging, dan susu.
Siang Nasi, gulai bakso ikan, oseng ati + kacang panjang peyek kacang hijau dan pepaya. Nasi, empal goreng, kering tempe, tahu isi cumi, lodeh kacang tolo, dan apel.
Pkl. 16.00 Bubur kacang hijau, roti tawar, dan teh manis. Rujak buah manis dan sari jeruk.
Malam Nasi, ayam goreng tepung, telur bumbu kecap, sayur satur kare komplet, dan pepaya. Nasi, semur daging cincang, rolade telur asin, semur terong + tahu, dan apel.

Tabel Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Zat Gizi Kebutuhan wanita dewasa Kebutuhan wanita hamil Sumber makanan
Energi (kalori) 2500 + 300 Padi-padian, jagung, umbi-umbian, mi, roti.
Protein (gram) 40 + 10 Daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu,tempe.
Kalsium (mg) 0,5 + 0,6 Susu, ikan teri, kacang-kacangan, sayuran hijau.
Zat besi (mg) 28 + 2 Daging, hati, sayuran hijau.
Vit. A (SI) 3500 + 500 Hati, kuning telur, sayur dan buah berwarna hijau dan kuning kemerahan.
Vit. B1 (mg) 0,8 + 0,2 Biji-bijian, padi- padian, kacang-kacangan, daging.
Vit. B2 (mg) 1,3 + 0,2 Hati, telur, sayur, kacang-kacangan.
Vit. B6 (mg) 12,4 + 2 Hati, daging, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan.
Vit. C (mg) 20 + 20 Buah dan sayur.

dari : intisari/1999/Juni

About these ads

17 Komentar

  1. Nana said,

    September 5, 2008 at 2:16 am

    Just FYI, beberapa sumber inform kalau hati tidak baik untuk di konsumsi oleh wanita hamil, karena mengandung retinol.
    please see this page : http://www.babycentre.co.uk/pregnancy/nutrition/foodsafety/liverexpert/

  2. manis said,

    September 25, 2008 at 3:56 am

    jika seorang ibu hamil dgn usia 21 thn,tinggi badan165cm,BB 60 kg dan usia kehamilan 4 bulan.Maka menu yang dapat dianjurkan adalah apa??????????

  3. henny said,

    Maret 17, 2009 at 11:12 pm

    menu makan apa yg unik untuk saya yg bru hamil krna saya tergolong milih2 mkan..

  4. emilly otolomo said,

    Mei 21, 2009 at 7:55 am

    menu apa yang pas buat bumil berumur 23, TB 165, BB 49, usia kandungan 8 bulan, tidk menyukai makanan bernau tajam, dan suka muntah di pagi hari……… mohon infonya di email saya ya……….
    thanks before.

  5. farida said,

    Juli 2, 2009 at 4:29 am

    wah, terimakasih infonya berguna banget kebetulan saya lagi hamil dan ga tlalu doyan sayur jadi ngerti bisa diganti apa aja ….

    http://www.cikobo.com

  6. Aini said,

    Agustus 18, 2009 at 6:30 am

    kayaknya ada yang terlupa dari tabel angka kacukupan gizi : Asam Folat. Ibu hamil membutuhkan asam folat sebesar 600-800 mikrogram(mcg)/hari. Asam Folat ini bisa didapat dari mengkonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau tua (brokoli, bayem, sawi hijau, kangkung, kailan), polong-polongan (buncis, kapri, dkk), daging merah, susu, & buah-buahan berupa alpukat, tomat, jeruk, wortel. Nutrisi asam folat dari makanan ini dikombinasikan dengan memakan suplemen vitamin yang mengandung asam folat & minum susu hamil yang difortifikasi (diperkaya) dengan asam folat. Lebih lanjutnya bisa dikonsultasikan kepada dokter kandungan masing2 ;-)
    just my 2 cents…

  7. dica rachman said,

    November 29, 2009 at 12:16 pm

    usia kandungan sy br jln 2bln, sy ga nafsu mkn,ngemil dan minum susu
    krn selalu mual dan muntah.. sy hny bs mkn buah2 yg tertentu saja sprt apel, anggur,
    jeruk dan mangga, sy tkt janin sy kurang asupan vit, jd bagaimana ya biar
    sy dpt nafsu mkn dan makanan ap yg bagus untuk sy konsumsi biar tdk selalu mual dan muntah??
    terima kasih

  8. agustina said,

    Maret 28, 2010 at 9:22 am

    sama sich kebanyakan ibu muda yg sering mual di awal kehamilan, sampe bingung mau maem.. thanx ats susunan menunya.. lumayan buat referensi… :-)

  9. elvira mutiara said,

    Mei 3, 2010 at 4:24 am

    ini kehamilan pertama saya, dan seperti wanita hamil kebanyakan saya juga merasakan apa yang dialami teman teman diatas. tapi rasanya dokter kandungan saya punya cara berbeda dalam menangani masalah kandungan seperti itu, beliau hanya berkata(dengan sedikit suara keras) bahwa mual adalah reaksi wajar karna ada perbedaan hormonal dalam tubuh kita,tapi dengan mengikuti rasa mual yang mempengaruhi pola makan kita,samasaja dengan membiarkan janin kita terganggu perkembangannnya. untuk itu perlu merubah mindset atau cara berfikir kita, fikirkan saja apapun yang kita lakukan pastilah mempengaruhi perkembangan janin kita. setiap ibu pastinya ingin janin yang dilahirkan memiliki bobot tubuh ideal, sempurna anggota fisiknya, sehat jasmani dan rohaninya, da jika sudah besar dapat tumbuh normal dan cerdas. dengan kata lain ingin hasil yang maksimal. untuk itu usaha yang harus dilakukanpun juga harus sama maksimalnya denga hasil yang diinginkan. awalnya saya berfikir bahwa dokter kandungan tidak memberikan solusi terbaik yang saya butuhkan, malah terkesan memojokkan saya ketika itu, tapi setelah direnungkan dokter saya benar. sebagai ibu yang sangat menyanyangi calon bayinya,saya akan berusaha sekuat tenaga menjaga asupan gizi untuk calon bayi saya. meskipun saya harus menahan mual ataupun menghilangkan rasa tidak suka saya terhadap sayur selama masa hamil, akan saya lakukan. karna hidupku adalah hidupnya…

  10. Yeni Munawaroh said,

    Mei 12, 2010 at 8:41 am

    apa efek dari ibu hamil yang suka makan pedas yuah….????????????????

  11. d'la said,

    September 17, 2010 at 7:09 am

    Utk ibu hamil yg mualnya double atau berlebihan mungkin bisa dicek jg ke dokter kandungannya, bisa jd itu akibat dr adanya penyakit maag yg sudah sering muncul dr sebelum menikah. Biasanya nanti dokter akan cek lbh lanjut dan kasih obat anti mual dan lambung yg aman untuk bayi.

  12. Abell said,

    Oktober 24, 2010 at 7:12 am

    Krn badan sy termasuk subur alias cepet gemuk maka kalo sy liat cth menu diatas kalau sy turuti akan menyebabkan kegemukan krn kegiatan sy tak banyak..sy saat ini hamil 4,5 bln..pola mkn yg sy jalani selama hamil mengurangi karbo perbanyak sayur,telur dan buah dan minum susu uht rendah lemak tinggi kalsium..

  13. maya said,

    Januari 18, 2011 at 6:17 am

    resep untuk ibu hamil sekalian diet apa y? karena sebelum haminya sdh gendut… thx

  14. ade said,

    Februari 18, 2011 at 6:17 am

    tlng bantu saya,krn saya lg hamil muda,…. nafsu makan ada,tp setelah makan kira2 beberapa menit kemudian muntah lagi,…
    bantu saya tuk mengatasi nya,.. tq,..

  15. paypay said,

    Maret 16, 2011 at 6:57 am

    saya nggak kuku banget nih hamil kedua ini, bener-bener mual melulu nggak ada yang masuk, bahkan air putih pun keluar lagi.. jadi ngeri dehidrasi dan kecil janin.. gimana nih.. (usia kehamilan 3 bulan belun masuk apapun)

  16. rifcha said,

    Maret 18, 2011 at 6:13 am

    wah thanks ya resepnya, akan ku coba. tapi kok buanyak banget ya…
    tapi gak papa kan yang makan bukan cuma mamanya, tapi dedeknya juga…

  17. wahyu said,

    Juli 23, 2011 at 3:37 am

    ini untuk ibu hamil trimester berapa ya?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: