TANGGULANGI JULING SEJAK DINI

 

Semakin dini dideteksi, kelainan mata juling atau jereng makin cepat dan mudah diatasi. Tes untuk mengetahui apakah anak menderita kelainan ini bisa dilakukan oleh orang tua di rumah.

Anatomi indera penglihatan dikatakan normal jika bayangan sebuah benda yang dilihat oleh kedua mata diterima dengan ketajaman yang sama. Bayangan ini secara serentak lalu dikirim ke susunan saraf pusat untuk diolah menjadi sensasi penglihatan tunggal.

Penglihatan tunggal ini bisa terjadi kalau kedua mata dapat mempertahankan daya koordinasi untuk menjadikan kedua bayangan suatu benda menjadi satu (fusi). Sebaliknya, fusi akan hilang bila daya penglihatan salah satu mata kurang atau tidak ada.

Pada penderita mata juling atau strabismus, mata tidak mempunyai kesatuan titik pandang. Kedudukan sumbu kedua bola mata itu tidak searah. Akibatnya, dua mata akan melihat dua benda atau dua bayangan (diplopia). Untuk menghindari penglihatan rangkap ini, penderita strabismus lalu berusaha menekan (supresi) atau tidak menggunakan matanya yang lemah. Ia hanya melihat dengan matanya yang sehat. Sebab itu, penderita sering mengeluh matanya mudah lelah atau merasa penglihatannya berkurang pada satu mata.

Dalam dunia kedokteran mata, kelainan mata ini akan disebut juling berganti bila mata yang satu digunakan untuk melihat, mata yang lain akan bergulir. Sedangkan kalau hanya satu mata yang digunakan, disebut juling monokuler.

Pada mata normal, bayangan yang diproyeksikan ke otak akan membentuk gambar tiga dimensi. Sementara pada mata juling – karena tidak mempunyai kesatuan titik pandang – bentuk tiga dimensi itu tidak didapat.
Tidak jarang kita menjumpai mata yang terkesan juling. Tetapi kalau itu diperiksa, tidak terdapat tanda-tanda juling. Pakar kedokteran mata menyebut kesan ini sebagai pseudostrabismus. Juling palsu. Kasus ini banyak terjadi pada ras Mongol yang berhidung datar. Hal ini terjadi karena lipatan vertikal kulit pangkal hidung membuat sclera hidung tidak terlihat dengan jelas sehingga mata tampak juling ke atas. Ada lagi kasus lain yang disebut hipertelorisme. Pada kasus ini bola mata terdorong ke luar rongga orbita sehingga menimbulkan gambaran bola mata yang menyebar ke luar. Keadaan ini memberi kesan, mata tinggi sebelah.

 

Akibat gangguan otot mata

Dr. Raman R. Saman, M.D. Ophth., AMS, MBA, ahli mata dari R.S. Prof. Dr. Isak Salim “Aini” Jakarta, mengungkapkan, penyebab mata juling itu beragam. Untuk mengetahui penyebab lebih lanjut, “Pertama-tama perlu pemeriksaan menyeluruh, mulai dari anatomi mata, faal atau fisiologi, sampai apakah si penderita mengidap suatu penyakit,” jelasnya.

Dalam beberapa kasus, otot mata sering menjadi salah satu penyebabnya. Untuk menggerakkan bola mata digunakan enam macam otot mata. Bila semua otot itu tak ngadat alias bekerja normal, kedua mata akan berfungsi secara seimbang. Normal-tidaknya otot mata tergantung pada tebal-tipis, panjang-pendek, dan berfungsi-tidaknya saraf-saraf mata. Maka, jika di antara otot atau saraf ini ada yang tidak normal, keadaan itu bisa menyebabkan seseorang menderita juling.

Tidak sedikit pula kasus mata juling disebabkan oleh gangguan perbedaan ketajaman penglihatan yang sangat besar antara kedua mata. Misalnya, mata kiri -2 (minus dua), mata kanan -9 (minus sembilan) atau lebih. Perbedaan ukuran antara mata kiri dan kanan yang masih bisa ditoleransi tidak boleh lebih dari 3.

Mata juling bisa juga bisa dipicu oleh terjadinya kemunduran daya penglihatan yang dinamakan lazy eyes (mata malas), atau disebut juga ambliopia. Mata malas ini akibat satu mata mempunyai visus(ketajaman mata)rendah yang tidak dapat ditingkatkan lagi karena terlalu lama dibiarkan. Akibatnya, penglihatan didominasi oleh mata yang sehat saja.

Menurut dr. Saman, bila dilihat lebih jauh, ketiga faktor itu tercetus karena beberapa hal. Misalnya, faktor bawaan (kongenital), trauma mata (tertusuk benda tajam atau tumpul), infeksi virus atau bakteri, dan sebagainya. “Ada pula kasus juling akibat infeksi toksoplasma yang ditularkan melalui kucing atau daging yang mengandung kuman toksoplasma tidak dimasak dengan baik,” katanya.

Penyakit sistemik pun bisa menjadi penyebab kelainan mata jereng ini. Misalnya saja, diabetes mellitus dan hipertiroid, penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak (stroke), kelainan darah atau perdarahan, serta gangguan metabolisme antara lain kadar kolesterol yang tinggi. Penyakit sistemik ini ada kalanya menyebabkan juling begitu berhubungan dengan otak.

Mata juling bisa juga terjadi gara-gara munculnya tumor jinak atau pun ganas. Misalnya, akibat tumor otak, retinoblastoma (kanker mata), dan kanker yang sudah menyebar dan menekan saraf di bagian otak. Kondisi itu menyebabkan kelumpuhan otot-otot mata.

Pada kasus mata juling karena bawaan, kelainan otot atau saraf mata pada anak, umumnya sudah terlihat sejak usia enam bulan. Gejalanya antara lain, bila anak melirik, perguliran bola matanya tidak sampai ke ujung. Itu bisa karena terjadinya hambatan pada pergerakan bola mata sehingga mata tidak bisa bergerak ke segala arah dengan leluasa. Atau pada usia ini juga bisa dilihat apakah salah satu bola matanya terlihat bergulir ke arah hidung, pelipis, alis, atau pipi. Pada usia satu tahun akan tampak lebih jelas karena anak yang menderita jereng sering melihat sesuatu dengan posisi kepalanya miring ke kanan atau kiri, tengadah atau tertunduk. Pada usia tiga tahun anak mulai mengeluh penglihatannya kurang jelas atau ganda.

Anggapan bahwa mata juling bisa timbul akibat bayi diberi mainan gantung di atas kepala dengan posisi kurang tepat, menurut dr. Saman, sama sekali tidak benar.

 

Kacamata atau bedah

Terapi yang perlu dilakukan untuk menanggulangi kelainan mata juling adalah memulihkan kembali kesatuan titik pandang. Sembuh atau tidaknya tergantung pada jenis kelainan dan penyebabnya. Kasus juling pada anak umumnya dapat disembuhkan asalkan diobati sejak dini. Kalau masalahnya berhubungan dengan refraksi atau ketajaman penglihatan, bisa ditanggulangi dengan kacamata. Kacamata itu bisa berlensa spheris, silinder, atau prisma tergantung keperluannya. Bisa juga diatasi dengan lensa kontak (terutama bagi yang minusnya tinggi).

Usaha lain ialah dengan melakukan koreksi bedah refraktif untuk mengurangi kelainan rabun dengan menggunakan pisau bedah atau laser excimer. Bila persoalannya menyangkut otot, bisa dilakukan pembedahan sesuai kebutuhan. Misalnya, otot yang kepanjangan dipendekkan (diresek), sebaliknya otot yang kepanjangan dipendekkan dengan menggeser lokasi perlekatan pangkal otot (reses terhadap insersi otot). Sedang bila juling terjadi akibat kecelakaan (trauma) umumnya dikoreksi dengan tindakan pembedahan.

Berlainan dengan anak bermata juling yang mampu melakukan supresi pada matanya yang lemah, penderita dewasa tidaklah demikian. Akibatnya, penderita dewasa akan terus terganggu karena benda yang dilihat tampak bertumpuk. Kalaupun sekali-kali mampu, mata akan terasa pegal atau capek, bahkan pusing atau mual. Sebab itu pada orang dewasa, julingnya akan lebih kelihatan bila sedang capek.

Pada orang dewasa yang tidak lagi mampu mensupresi matanya ini, pengobatan biasanya diusahakan dengan menutup salah satu matanya, sampai ototnya kembali normal. Mata yang ditutup, bisa yang sehat atau yang sakit. Dengan menutup mata yang sakit, diharapkan mendapatkan rangsangan dari mata sehat yang dipakai. Namun, kalau berdasarkan pemeriksaan ia ternyata menderita ambliopia, maka mata yang sehatlah yang ditutup. Tentu saja yang pertama diobati adalah ambliopianya lebih dulu. Bila sembuh tapi juling masih ada, maka dilakukan tindakan pembedahan untuk menghindari kekambuhan ambliopianya.

Mata penderita dewasa yang sudah telanjur rusak karena lama tidak digunakan, akan sulit disembuhkan. Umumnya juling akan kambuh kembali sekalipun sudah dilakukan pembedahan. Karena itu terapi mata juling paling tepat dilakukan sejak dini (sebelum usia 12 tahun) agar hasilnya jauh lebih memuaskan daripada setelah anak tumbuh remaja atau dewasa.

Dr. Saman menganjurkan, kecuali diperiksakan ke dokter mata, hendaknya penderita juga berkonsultasi ke dokter lain seperti ahli THT (telinga, hidung, tenggorokan) atau dokter ahli penyakit dalam. Hal ini untuk mengetahui apakah ada kelainan pada organ lain yang mungkin menjadi penyebab matanya juling.

Pada orang dewasa penderita juling akibat komplikasi penyakit seperti diabetes atau stroke, cara mengatasinya antara lain dengan melatih mata yang tidak sehat. Selain itu tentunya melakukan diet makanan sesuai petunjuk dokter dan pengobatan penyakit utamanya sampai tuntas.

“Kita harus waspada apabila juling terjadi secara tiba-tiba,” dr. Saman wanti-wanti. Sebab, banyak di antara kasus itu merupakan komplikasi penyakit ganas. Dalam kasus ini, mata juling hampir tidak dapat disembuhkan.

Saman menganjurkan, bila kita curiga terhadap penglihatan anak, lakukan tes mata sebelum anak masuk sekolah. Tes bisa dilakukan oleh orang tua sendiri. Caranya dengan menutup sebelah mata si anak. Amati apakah si anak mampu melihat gambar atau benda dengan sebelah matanya. Kalau misalnya mata kanan mampu melihat jelas, sementara mata kiri kurang jelas atau bahkan tidak bisa melihat sama sekali, segera berkonsultasi dengan dokter anak dan dokter mata. Penanggulangan dini jauh lebih cepat penyembuhannya daripada setelah dewasa. (Nanny Selamihardja)

dari : intisari/1999/juli

42 Komentar

  1. Maret 17, 2008 at 1:53 pm

    Informasi Yang Sangat Berharga. Banyak Yang bisa tertolong dengan informasi ini. Trims

  2. agung sianturi said,

    Maret 27, 2008 at 10:04 am

    saya agung usia saya 24 tahun,dari kecil saya sudah terlihat juling,tapi mata saya juling ketika mata lelah atau cape,kalo dalam kondisi prima mata saya normal walau kadang2 bisa juling juga,dari keturunan ibu saya yang menderita juling,saya mau tanya apakah mata saya dapat disembuhkan,apa melalui pemakaian kacamata dapat disembuhkan mengingat usia saya yang sudah dewasa,terima kasih.

  3. nato said,

    April 3, 2008 at 5:07 am

    senada dengan saudara agung, saya juga mau bertanya apakah kelainan mata juling ini dapat diatasi dengan memakai kacamata? saya juga mengalamai juling semenjak kecil dan selama itu saya tidak pernah percaya diri. umur saya sekarang 22 tahun. jadi masih mungkin kah seumuran saya ini dapat sembuh atau paling kurang dapat dikurangi. trims atas informasinya kira-kira dimana saya dapat mengakses info tentng kelainan mata juling ini???

  4. hendra said,

    Agustus 30, 2008 at 4:41 am

    mata saya jereng sebelah kiri arah jerengnya ke arah hidung bagaimana saya bisa sembuh

  5. Dody marten said,

    Oktober 20, 2008 at 10:29 pm

    Mata saya jereng,saya ìngin menyembuhkan mata saya,tapì saya tidak tau harus kemana,kalo kedokter mahal,saya mohon diberi tahu tempat pengobatan alternatif mata jereng,terima kasih

  6. deavid said,

    November 10, 2008 at 11:16 pm

    ngomong2,saya juga kalau mata tdk fokus mta saya kadang2 jereng sebelah mana saja,misal saya lagi jereng di kiri dan fokus mata di kanan,ketika fokus kan kiri mata saya pindah jereng nya ke kanan,anegh juga,saya masih umur 16 th.kira2 masih bisa sembuh g y??

  7. Elisa said,

    November 13, 2008 at 7:02 am

    saya Elisa, usia saya 20 tahun. mata saya sudah terlihat juling sejak 6 tahun. saya menggunakan mata kiri untuk melihat dan mata kanan saya juling bergulir kekanan. karena mata saya seperti ini, saya tidak percaya diri jika harus bicara atau ngobrol dengan orang baru. apalagi saya ini perempuan. saya khawatir sekali membaca artikel diatas yang menyebutkan bahwa penyembuhan atau pengobatan utnuk penderita mata juling yang sudah dewasa akan sulit (jika tidak di obati kurang dari usia 12 tahun) , dan walaupun sudah di operasi, juling dapat kambuh kembali. saya benar-benar ingin sekali mengobati mata juling saya, namun biaya yang dibutuhkan untuk bedah atau operasi sangat mahal. sekitar 7 juta keatas (yang saya tau). saya ingin tahu apakah ada rumahsakit dengan biaya operasi yang lebih murah. atau pengobatan alternatif. saya benar2 membutuhkannya.

    • yemmi nofianti said,

      Maret 22, 2010 at 12:26 pm

      hay met kenal nama saya yemmi, masalah yamg kamu hadapi sama dengan yang saya alami skarang umur saya skarang 29, karna mata saya ini saya juga ,malu menatap lawan bicara saya oia kamu udah dapat cara pengobatannya yah tolong donk aku juga mau…….

  8. iman said,

    November 21, 2008 at 10:17 am

    senada dengan saudara agung, saya juga mau bertanya apakah kelainan mata juling ini dapat diatasi dengan memakai kacamata? saya juga mengalamai juling semenjak kecil karena terjatuh dan selama itu saya tidak pernah percaya diri. umur saya sekarang 19 tahun. jadi masih mungkin kah seumuran saya ini dapat sembuh atau paling kurang dapat dikurangi. kalaupun harus di operasi berapa kira2 biayanya.? hal apa yang pertama saya lakukan untuk proses penyembuhannya??

  9. ida arya suari said,

    Desember 3, 2008 at 1:44 am

    saya ida, umur saya 23 th, saya mempunyai masalah yang sama dengan temen2 yang laen tentang penyakit juling, dari kecil penyakit juling saya sudah terlihat, saya mihin bagaimana cara mengobatinya, terima kasih

  10. hendi said,

    Desember 27, 2008 at 8:55 am

    saya hendi, umur 25 tahun, saya sudah mengalami penyakit juling sejak kecil. jika saya melihat dengan mata kanan maka mata kiri akan juling, sebaliknya jika saya melihat dengan mata kiri maka mata kanan yang juling. yang ingin saya tanyakan apa ada cara lain mengobati selain operasi ??? jika dengan operasi, apakah ada kemungkinan mata saya akan menjadi juling kembali ??? saya ingin sekali mengobati mata saya , mohon atas jawabannya , terima kasih

  11. rian said,

    Januari 15, 2009 at 2:46 am

    saya,rian jenis kelamin preempuan,umur 14 tahun,saya sudah mengalami penyakit juling sejak kecil.pada umur 12 tahun saya pernah berobat ke rs mata di bandung tapi kata dokternya mata saya sudah tidak bisa disembuhkan saya minta pengen dioprasi tapi kata dokter meskipun saya dioprasi lama kelamaan akan juling lagi.mata kiri saya yang juling tapi yang kanan masih normal. dan saya pun skrg pake kaca mata tapi dipakenya kadang” karna kalau pake kaca mata,mata kiri saya suka pusing.
    apakah seumuran saya masih bisa disembuhkan?
    mohon atas jawabannya

  12. Ananto said,

    Januari 25, 2009 at 2:07 pm

    Shobat smua…!aq jg ngrasain apa yg Xan smua rasain klo bleh aq ksh nasehat udahlah,trima aja bersyukur krn,ada sodara2 qt yg lbh menderita dr qt,iklas aja dan berdoa aja mga mata qt yg ga bra ngliat,dah disyurga krn,ia ta prnah dpake maksiat ok shob

  13. Nita said,

    Januari 31, 2009 at 8:07 am

    Saya, nita. Anak saya berumur 3 tahun 4 bulan mengalami mata juling. Saya baru melihat gejala tsb dalam 1 minggu ini. Kalau dia melihat matanya seperti melotot dan tidak sejajar. Dan dia mengaku kalau melihat sesuatu menjadi ganda. Saya benar-benar bisa merasakan rekan-rekan yang sudah dewasa mengenai kasus ini. Oleh karena itu saya ingin mengetahui dokter siapa yang tepat di Indonesia untuk bisa mengobati hal ini selain di luar negri. Saya hanya bisa berdoa dan berusaha untuk mencari pengobatan yang tepat buat anak saya yang masih kecil ini agar saat dia besar bisa lebih percaya diri.
    Mohon bantuan rekan-rekan, karena saat ini saya tinggal di Balikpapan-Kalimantan Timur.

    • li said,

      Agustus 2, 2009 at 7:09 am

      coba di rs mata undaan surabaya,dr ria sylvia spm.

  14. doddy said,

    Februari 20, 2009 at 4:50 am

    untuk anak anak pengobatan mata juling dimana ?
    & dokter daerah bogor dimana detailnya

    terimakasih / doddy

  15. sudiyanti said,

    Maret 4, 2009 at 8:43 am

    saya berumur 41 Th, tgl 3 maret 2009 dai Rs aini, mata kanan saya ada bayang-bayang hitam , dan kemarin habis di laser, yang saya ingin tanya berapa lamakah bayangan hitam ini hilang setelah di laser ?
    dan apakah saya harus ganti lensa kaca mata ?
    sampai saat ini rasanya gak enak kalau melihat, mohon saran , terima kasih

  16. lolhahalol said,

    April 10, 2009 at 5:23 am

    Hallo tolong di jawab ya please. Saya merasa punya kelainan seperti sodara sodara yang lainny. Mata saya yang sebelah kiri agak menjereng ke pojok kiri, sedangkan mata yang kanan masih normal. Memang apabila menonton film terlalu lama, tiba2 mata kiri jadi pegal pegal. Umur saya 18 tahun. Apakah mata saya bisa di sembuhkan dengan kacamata, lensa, atau terapi? Tolong di balas ya, karna saya gak mau jereng please dan di keluarga saya gak ada yang jereng. Trims

  17. Rin2 said,

    April 11, 2009 at 10:48 am

    Saya rin2 umur 16 thn,saya jg mengalami hal yg sama.saya jg tdk pd jika brtmu dgn org bru

  18. irwan said,

    April 15, 2009 at 12:00 am

    saya pernah lihat acara pengobatan alternatif mengenai mata jereng atau juling di ANTV hari selasa pagi,dengan metode telur ayam kampung,saya mohon tanya alamat tempat praktek tersebut dimana, makasih

  19. Ekha said,

    Juni 16, 2009 at 12:39 pm

    Sya ekha,umur 18th,mw tnya bgmn cra pnymbuhn mata juling dgn cara alami?

  20. Juni 19, 2009 at 3:50 am

    bagai mengatasinya?????????

  21. habibi said,

    Juni 27, 2009 at 3:22 am

    bagaimana cara penyembuhan juling secara alami?
    Saya ingin tahu dimana alamat tempat penyembuhan alternatif tanpa operasi untuk juling. tolong segera dijawab ke e-mail saya….

    Thanx

  22. diah said,

    Oktober 16, 2009 at 6:27 am

    bagaimana cara menyembuhkan mata juling? di umur yg sdh dewasa (20th+)
    apakah dg terapi mata, bisa sembuh sempurna seperti mata normal??

  23. Murjaeni said,

    Desember 1, 2009 at 10:12 pm

    Nama saya Murjani ,umur cmn 14 ko. . . .
    Yah sbr ja x dch
    saya jg terkena penyakit juling tp saya ta0u cara cepat bs mengatasix dgn melatih otot2 di mata carax coba mata anda sedikit di jereng kan lalu lama kelamaan lihat di depan kaca, mata anda udc seperti mata n0rmal tp. . . . . .
    Pd sa’at anda melihat dgn mata n0rmal maka mata anda akan kabur jd terus latih mata anda seperti cara di atas lalu pake lah kaca mata /kotak lensa . . . . Ya udc jd dch seperti mata n0rmal . . . . . . . . Tp ada akibatx pd saat kt pke kaca mata , mata anda akn terasa sakit atau perih tp lama kelamaan nanti terbiasa lho
    trs menc0ba x jgn ampe Menyerah . . . . . .
    He he he
    . . . .
    From Me
    Kalsel tepatx di kab.kotabaru

  24. gita said,

    Januari 18, 2010 at 6:34 am

    saya gita umur saya 14th mata saya yg bagian kanan agak kabur dan susah digunakan untuk membaca jika saya menutup mata sebelah kiri mata kanan saya akan terlihat kabur dan sulit untuk membaca ,, dan teman 2 saya bilang bahwa mata saya tidak kompak ! apakah mata saya ini bisa di sembuhkan karena saya sangat tidak percaya diri dan tdak berani menatap mata teman saya ketika sedang berbicara thx

  25. agus said,

    Februari 3, 2010 at 12:05 am

    nama saya agus..sekitar 8 tahun lalu mata saa terkena lemparan batu, akibatnya sekarang ini, mata saya menjadi rabun dan jereng..
    saya mw tanya apakah mata saya bisa kembali normal atau tdk..plg tidak jerengnya menjadi normal lgi..
    klo bisa..dmn kira2 saya bisa mengobati mata saya…??

    Tx

  26. Ocho said,

    Maret 22, 2010 at 5:46 am

    Anak perempuan saya baru berusia 2 bulan, namun sering kali dia menjulingkan matanya, dan apabila anak saya juling susah sekali untuk membalikkan ke normal… akhirnya sering kali saya tutup matanya dengan tangan saya..karena kalau saya lihat mata anak saya sudah tidak centre lagi pertanyaannya : – bagaimana caranya untuk melatih mata anak saya supaya tidak juling, dan apakah mata anak saya dapat di obati?

    TerimaKasih
    ocho-Bekasi

  27. yemmi nofianti said,

    Maret 22, 2010 at 12:22 pm

    namaku yemmi masalah saya kalo lagi ngomong sama orang, mata kanan saya biji mata hitamnya juling tapi juling saya ini tidak kentara karna kalau sedang tidak menapat kedua mata saya normal aja …..bagaimana cara mengatasinya bisa tidak dengan pakai kaca mata? tolong dijawab yach soalnya saya malu dan yidak percaya diri kalo lagi ngobrol dengan orang-orang….bahkan anak saya sering menegur tentang mata saya….

  28. rahman said,

    Maret 25, 2010 at 7:14 am

    nama saya rahman umur saya 14 tahun, bagaimana cara penyembuhan mata saya? apakah saran anda

  29. Indra Syahputra said,

    Maret 28, 2010 at 9:25 am

    saya Indra usia saya 25 tahun. mata saya sudah terlihat juling sejak 6 tahun. saya menggunakan mata kiri untuk melihat dan mata kanan saya juling bergulir kekanan begitu juga sebaliknya. karena mata saya seperti ini, saya tidak percaya diri jika harus bicara atau ngobrol dengan orang baru. apalagi saya ini laki laki. saya khawatir sekali membaca artikel diatas yang menyebutkan bahwa penyembuhan atau pengobatan utnuk penderita mata juling yang sudah dewasa akan sulit (jika tidak di obati kurang dari usia 12 tahun) , dan walaupun sudah di operasi, juling dapat kambuh kembali. saya benar-benar ingin sekali mengobati mata juling saya, namun biaya yang dibutuhkan untuk bedah atau operasi sangat mahal. sekitar 7 juta keatas (yang saya tau). saya ingin tahu apakah ada rumahsakit dengan biaya operasi yang lebih murah. atau pengobatan alternatif. saya benar2 membutuhkannya.

  30. amalia said,

    April 7, 2010 at 12:33 pm

    mata saya mungkin mengalami hal yang demikian,
    apabila mata yang sehat saya ditutup , mata yang sakit dapat melihat dengan jelas namun seperti dikelilingi kabut hitam hingga penglihatan saya terbatas,
    dan kabut itu hanya berada disebelah kiri, singkatnya hanya juling dibagian kiri, sedangkan kanan tidak,
    kalau hanya juling setengah seperti yang saya utarakan, kacamata apa yang harus saya gunakan?

  31. juju juhari said,

    Juli 21, 2010 at 9:48 am

    knp mata saya ko padangan yg stu’y tuch mengarah k hidung trs…..pa kah mta saya termasuk juling…..ap yg sya hrs lakukan biar kembali normal….soalnya sagt mengangu penglihatan saya….

  32. dewi said,

    Juli 26, 2010 at 2:51 am

    anak saya berumur 2 th 8 bln baru 3 bln ini terlihat julig saya sudah coba bawa ke dokter mata.sudah dites mata kiri dan kanan dia bisa melihat dgn jelas gamabar berukuran 0.4 walau pun sebelah mata ditutup.dokter menganjurkan operasi tp saya takut.ada gak ya cara lain selain operasi untuk menyembuhkan mata julingnya

  33. achmad said,

    Juli 26, 2010 at 11:51 am

    ade saya berumur 7 tahun matanya juling yg satu lurus yg satu lag bergeser cara ngobatinnya gimana ya????

    klo biaya operasi kira2 berapa???

    thx

  34. bayu said,

    Agustus 15, 2010 at 9:11 am

    Nama saya bayu 26thn.saya juga mengalami juling sejak berusia 6thn.awalnya karena terkena mainan bintang2an yang menusuk pelipis mata tetapi lama kelamaan mata saya terlihat juling sampai sekarang.saya sudah pernah hampir menjalani operasi mata di RS.Aini jkt,tetepi ada 2 kemungkinan kata dokter waktu itu.
    1.bisa karena faktor keturunan,
    (krn Alm Ayah saya juga juling tetapi bisa sembuh sendiri di saat umur 28thn),
    2.bisa karena efek luka waktu kecil terkena mainan tsbt.
    menurut anda apakah juling tersebut bisa sembuh tanpa operasi?saya sudah mencoba latihan tetapi tdk ber efek apa-apa.trims

  35. lusiana said,

    September 12, 2010 at 10:44 am

    saya jga mengalami mata juling ,

    kalo mata juling d sbabkan karena kturunan , apa bisa d sembuhkan ?

    trs saya bru 14 thn , ga papa gitu pke kacamata yg kya gituan ?

    trs kacamata yg kya gituan mahal ga ?

  36. udyn said,

    Januari 12, 2011 at 1:01 pm

    mata saya jereng sejak kecil sblah kanan apa bsa dsmbuh kn bales

  37. udyn said,

    Januari 15, 2011 at 7:20 am

    aq udyn umr 20+
    mta saya jereng sejak kecil apa bisa di smbuh kan mhon bntuannya tlong aq ya?

  38. ayu said,

    Februari 19, 2011 at 2:09 am

    mslh yg sy alami, sm sprt tmn2. mohon jawabanny. thanks

  39. marchen said,

    Mei 15, 2011 at 3:41 am

    saya marchen.. Saya punya masalah dgn mata sebelah kanan.. Saya berumur 17th, apakah mata juling saya masih bisa sembuh? Saya sudah pakai kacamata, tp hasilnya samasaja… Mata saya minus 2… Apa saya harus pakai kacamata khusus? Tp saya harus pakai kacamata seperti pa? N bagaimana cara melatih otot2 mata?

  40. Annisa said,

    Mei 27, 2011 at 12:34 pm

    saya annisa umur 20 thun .sejak smp saya sudah mengalami juling.
    tp mata saya juling klo saya sedang tdak sadar atau melamun. ketika saya sadar mata saya kembali lagi seperti normal .nmun mta saya juling lagi ketika sulit melihat benda yg ingin saya lihat.
    wktu umut saya 13, dokter bedah menganjurkan saya operasi. tpi itu juga tidak mnjamin 100% . saya mmtuskan tdak jdi operasi.
    bgmanakah spy mta saya tidak juling lagi?
    adakah cara alami?


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

