Fosil Manusia Purba Bertubuh Kerdil Ditemukan di Palau

Stephen Alvarez
Ukuran tulang manusia purba di Palau (tengah) dibandingkan dengan ukuran tulnag wanita sekarang (kiri) dan Homo floresiensis (kanan).
Selasa, 11 Maret 2008 | 22:16 WIB

JAKARTA, SELASA – Populasi manusia purba bertubuh kerdil tidak hanya ditemukan di Flores, namun juga di Palau, Micronesia, di antara gugusan pulau-pulau di Samudera Pasifik. Penemuan ini semakin menguatkan pendapat bahwa pengerdilan terjadi karena manusia tinggal terisolasi di pulau yang daerah jelajahnya sempit.

Fosil tersebut ditemukan Lee Berger, seorang paleoantropolog dari Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan saat melakukan kunjungan ke Palau tahun 2006. Ia sedang mengelilingi pulau berbatu yang berada pada jarak 600 kilometer timur Filipina itu dengan kayak saat menemukan tulang-belulang di dua buah gua. Ia baru melakukan penggalian intensif setelah mendapat dukungan National Geographic Society.

“Setidaknya sepuluh gua telah ditemukan di pulau berbatu tersebut dan penggalian pada salah satu gua menghasilkan fosil sekitar 25 individu,” ujar Lee. Salah satu kerangka lengkap yang ditemukan memperlihatkan sosok manusia setinggi 94 hingga 120 centimeter. Beratnya diperkirakan hanya 32 hingga 41 kilogram.  Dari segi ukuran, manusia kerdil tersebut mirip manusia kerdil Flores yang kontroversial sebagai Homo floresiensis.

Namun, volume otaknya sekitar dua kali lipat otak manusia Flores. Dari hasil pengukuran strktur tulangnya, mereka juga lebih mirip Homo sapiens atau manusia modern meski dengan ukuran tulangnya terlampau kecil dan cenderung primitif. Mereka diperkirakan tinggal di sana antara 900 hingga 2.800 tahun.

Peneliti yang melaporkan temuannya dalam jurnal Public Library of Science (PLoS) ONE mengatakan bahwa manusia purba tersebut mungkin mengalami kekerdilan karena terisolasi yang disebut insular dwarf. Penemuan ini menambah daftar perdebatan di kalangan para ilmuwan. Homo floresiensis sampai sekarang juga masih diragukan sebagai spesies tersendiri dan ada peneliti yang masih yakin bahwa mereka kerdil disebabkan penyakit seperti microcephaly atau kemuncuran perkembangan otak atau bahkan kekurangan gizi.(NG/WAH)

dari : [mycurious]

About these ads

148 Komentar

  1. kori said,

    Agustus 2, 2008 at 5:06 am

    bisa cari gambar purbakala yang lebih bagus gak seeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh???????????????????????????

    • iqbar said,

      Mei 14, 2009 at 2:30 am

      anjing lo ya nyela karya orang,emang lo bisa cari gambar yang lebih bagus.makanya kalau koreksi orang k0oreksi dirimu dulu.

      • aji said,

        September 5, 2009 at 1:08 pm

        maab ya kok gambar purbakala nya dikit bngt sihhhhhhhh???
        BANYAK DIKIT APA , KAN UNTUK CARI TUGASSSSSSS

      • beni said,

        Oktober 23, 2009 at 11:40 am

        mahasiswa ko kaya anak kecil aja

    • ratu adinda said,

      September 4, 2009 at 9:03 am

      lo adda bener.y tapi ad salah.a,,,,,,,,,,,,,,jangan hina karya orang lain

    • susan said,

      September 9, 2009 at 1:50 pm

      gw gg bisa cari gambar purba yg bagus lo biza ngerti kan ??????

      • agum said,

        Oktober 1, 2010 at 9:20 am

        yaa ngerti lah

    • jabon said,

      Agustus 13, 2010 at 9:05 am

      hehe ntar kalo kamu dah out… sempurna banget kayaknya buat jadi gambar fosil purba.. hhehe

    • Raka said,

      Oktober 6, 2010 at 6:16 am

      ya bsa lah……

  2. omas said,

    Agustus 14, 2008 at 1:13 pm

    loh ?

  3. citra said,

    Agustus 16, 2008 at 9:36 am

    bagusssssssssssssssss…………….

  4. adit said,

    Agustus 20, 2008 at 9:32 am

    gwe nyarii kaga adh gambar nha…
    kacih gambar dun kan buat TUGAAAAAAAAASSSS

  5. astri said,

    Agustus 28, 2008 at 5:06 am

    kok gak da gambarnya si…..ktnya lengkap, yang kita btuhinkan gambarnya…

  6. Octely said,

    September 3, 2008 at 2:33 am

    koq pada nyaci2??

    hargain donk…

  7. devi said,

    September 7, 2008 at 10:02 am

    gambarnya mana ???
    jadi malez nch, gambar ntu kn bwt tugas!!!

  8. leila ningrum said,

    September 10, 2008 at 11:52 am

    kalo bisa gambar fosil manusia purba yang kerdil di tamoilkan di internet dong broo

    • kolesom said,

      Januari 28, 2010 at 4:19 am

      betil,betul,betoel,,,,,,

  9. dinda utari said,

    September 10, 2008 at 11:53 am

    jangan asal saja kalo tidak ada gambarnya?

  10. anggelina ikun sali said,

    September 10, 2008 at 11:55 am

    gambarnya yang banyak dong supaya kita bisa lebih tau lagi……..???

  11. citra amanda said,

    September 16, 2008 at 1:15 pm

    gileeeeeee kagak ad gambar nya!!!!!!!!! bwat tgas nech??????????

  12. September 20, 2008 at 8:07 am

    oy btw jk aku lihat website ini g ada gambarnya I kill you<n 1 lg bisa xri gmbr g cichhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh?cok

  13. dany said,

    September 20, 2008 at 8:09 am

    hoe,,,,.pok lela jgn mrh gt donk nie kan bln puasa<twwww????????????

  14. Oktober 5, 2008 at 1:06 pm

    ou hambarnya manaaaaaaaaaaaa kan bwt tugas hiks3x gmana nich gw tkut dimarahin ama guru gueeeee waaaaaaaaaaaaaaa

  15. pu2ng said,

    Oktober 18, 2008 at 11:41 am

    lengkap sich, tapi sayang gak ada gambarny. gue kirain lengkap ma gambarnya, tapi nyatanya cuman lengkap keterangannya doank. tambah gambar doank biar tambah lengkap. ocre bro!!!!!!!!

  16. afra said,

    Oktober 20, 2008 at 7:29 am

    mana gambarnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  17. Hariono Mansur said,

    Oktober 20, 2008 at 10:05 am

    Itu kan termasuk nenek moyang kita juga, saya sangsi orang kerdil di Indonesia juga banyak, jangan2 satu turunan pula

  18. kyata said,

    Oktober 21, 2008 at 2:33 am

    fotomu mana mas?, biar ada gambar manusia purbanya
    foto dipertanyakan & diharapkan kemunculannya

  19. dananto said,

    Oktober 21, 2008 at 2:36 am

    gambare pundimas?????????????????????????????????????????????????????????????
    nek gak ana gambare gak jozzzzzzzzzzzzzzzzz blasssssssssssssss!!!!!!!!!!!

  20. zulva said,

    Oktober 31, 2008 at 9:35 am

    mas gambare yang bagus donkkkkkkkkkxxxxxxxxxxxx………….

  21. caca said,

    November 5, 2008 at 1:27 pm

    aduuuuh gambarnya mana ? buat tugas gua neh !

  22. die said,

    November 6, 2008 at 1:52 pm

    Cui……….!!!! ga da gambar ya!!!!
    ane kan mo nyari fto tmen ane nie

  23. klipingut said,

    November 13, 2008 at 8:43 am

    Hi kalo gambarnya gak muncul coba di refresh dgn F5 OK !?

  24. Arras said,

    November 22, 2008 at 8:35 am

    CUIIIIIIIII!!!!! KAGA ADA GAMBAR’a LAGI YA?????

  25. chifa said,

    November 23, 2008 at 4:26 am

    mna donk gambar’y…,,,????????
    bwat tugas yeuh,,,!!!!!!!!!

  26. PIxY said,

    November 27, 2008 at 10:45 am

    Woi Ribut amat!!!!!

  27. dyea said,

    Desember 3, 2008 at 10:11 am

    wuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    gambar ny baghusind dunk . . . .

    jngand gambar yg ittoo.

    oooooooooocccccccccccccceeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • embund said,

      Agustus 26, 2009 at 8:42 am

      cba mencari dlu aq jga d zrh bwt kliping ky elo!!!!!! bersabar jha nie kan bln pws,oooooooooooooookkkkkkkkkkkkk…….!!!!!!^_^

  28. lana said,

    Desember 7, 2008 at 3:45 am

    tabah ja yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………………..

  29. gdfg said,

    Desember 8, 2008 at 2:01 pm

    salam buat pak purba

    • jaenal said,

      Agustus 23, 2010 at 7:13 am

      emangx masih hidup……
      !!!!

    • Agustus 24, 2010 at 3:25 am

      ih merinding loooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo jadi naaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa .

  30. SETENLY said,

    Desember 12, 2008 at 2:19 am

    BANYAK DONG KK GAMBARNYA PLIZZZZZZZ
    BILA PERLU 1000000000XXXXXXXX
    TERIMA KASIH KEMBALI YA KIRIM SALAM BUAT VTEMEN DI RUMAH SAKIT GILA TERIMA KASIH OK .,.,.,.,.,.,.,.,.,?

  31. DIDI KEMPOT said,

    Desember 12, 2008 at 2:24 am

    DICARI GAMBAR MANUSIA PURBA DI INTERNET BILA PERLU KIRIM KE POX.KEMPOT@YAHOO.CO.ID/.,/.,/./,

  32. Fajar said,

    Desember 17, 2008 at 8:34 am

    mca tu z gambarx…………

  33. buletinalkahfi said,

    Januari 5, 2009 at 9:22 am

    dasar gilaaaaaa!!!!!!!!!!!!………….. emang loe mau dikatain keturunan MangKy?!!!!!!!!! teori evolusi hanya bo’ongan belaka. Bahkan diBarat sudah G dipake, Cuma orang Indon aj yg msh ketipu,,,,,, Kalo Gua siCh G mau, Cukuplah Nabi Adam sbg MnaUsia perTama.

  34. utiyanglucusekalli said,

    Januari 20, 2009 at 2:16 am

    aduadu mana gambaaar ????????????????????????????????? buat tugas sekola neeeeeeeeeeeee

  35. valen said,

    Januari 27, 2009 at 9:13 am

    aduh, bagaimana sih? info koq gambar na begitu doang? ya jelas pada kritik, orang kurang. apa masih layak info kaya begitu?

  36. yani said,

    Januari 28, 2009 at 9:29 am

    banyakin gambarnya dun!!!

    minimal 20 gambar laa…
    biar tugas ako cepet selesei…

    lgean ako bgung,,

    udaa jelas teori evolusi darwin uda runtuuh,
    kug masii aja iia sekulaa ngajarin kita tentang
    masa prasejarah…

    law emg kita ntu evolusi dari ‘monyet’,
    kenapa sekarang monyet2 masii ada.
    apa monyet2 yang sekarang bakal berevolusi lgi,
    untuk 2000 atau mpe 200.000 taun yang akan datang.???

  37. feehily said,

    Februari 2, 2009 at 12:44 pm

    woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii mana gambarnya??????????????????????????????? yang lengkap donk .quw jadi penasaran nie gimana cie manusia kerdil

  38. riraii said,

    Februari 4, 2009 at 10:42 am

    laahhh…!!!
    infoonyaa cm sgetoo tuwh..
    kurangg taoo…

  39. Aiya said,

    Februari 13, 2009 at 1:43 am

    LUMAYANNNN…….!!!!!
    Menanbhah pengeyatahuan……!!!!!

  40. citra aprilia said,

    Februari 13, 2009 at 5:47 am

    manaaaa GAMBAR manusia purba Na bpk2 n ibu2 ka penasaran aku!

  41. Haekal said,

    Februari 17, 2009 at 3:21 am

    duuuuKh… mNa gmBar’a nihh mSa cMan gTu dwNk…
    bUat Bkin mKalah niiiih..
    gAg jEbo bGt deeh..

  42. Haekal said,

    Februari 17, 2009 at 3:32 am

    woooooiiiii….. NyePot yuuuuuuuu????!!

  43. ARY said,

    Februari 21, 2009 at 12:46 pm

    menurut gue,kalian tu gak ngargai penemuan sesorang,kalo gue sendiri menghargai,penemuan-2 pendahulu kita,kalo gak gitu,gimana kta bsa tau ada manusia purba ato gak!!!!ya!!1mungkin penemuanxa cman sgt kli,ya gak sah di protes,emang nya lho-lho pade apa bisa kayak pendahulu kita,ka gak!!!

  44. Dian said,

    Februari 28, 2009 at 10:34 am

    AsS,mkSh yC tAz iNFoX DgN InFo niE Mg bS NaMbaH ILMu,

    maNuSia puRbA thu ne”K MoYaNg qT V pA NaBi aDaM ThU TrmSk mANuSia puRbA………?

    Tlg duNk diJwB CoZ q pNsRn bgT NiE?

    MkSh,waSsaLaM. . . . .

  45. Maret 6, 2009 at 1:44 am

    hay,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    mau tahu ga tentang manusia purba?
    klo mau tahu loe lihat aja diri loe pasti mirip

    • anton said,

      Juli 28, 2010 at 2:55 pm

      ojo ngono lah mbak isin x aku emang nya aku iku manusia purba ?bls

  46. barkah said,

    Maret 9, 2009 at 1:20 pm

    ga usah bkin website dh lo, klo ga ad gambarnya !!!!

  47. sofie maria said,

    Maret 11, 2009 at 9:36 am

    uuuuuuuuuuhhh

    bagus tuh kALO gt

    kan jadi praktis xrinya

    and kita anak anak

    indonesia tambahhhhhhhhhhhh

    pinter donk

    pastinya

  48. sofie maria said,

    Maret 11, 2009 at 9:40 am

    aduuuuhhhh

    lupa ney……..

    aku buka ney cozz lagi xriiiiii

    tugasx ade ade kelas di SMATER HIGH SCHOOL IN MOF

    KAn kta anak mof

    uuuuuuuuuheheheheeeeeeeee

  49. MICHELIE said,

    Maret 12, 2009 at 2:03 am

    bahasanya lumayan tapi informasi yang diberikan sedikit kurang memuaskan

  50. chie ea said,

    Maret 15, 2009 at 1:03 pm

    me cwweeeeeeeeeneng buangeeeet ma pelajaran sejarahh….
    ech gw pnya teka teki niiieeh
    np klo guru sejarah botaknya di belakang vvv np klo propesor botaknya di depan..????????????
    ayo np??????
    jwbannya,,,,,!!!!!!!!!!!
    karena klo guru sejarah mikirnya masa lampau ‘n klo propesor mikirnya masa depan……….
    gt,,,,
    he.he………….he

  51. Putra Aditya said,

    Maret 31, 2009 at 9:26 am

    wah…..
    bagus bngt nh… bwt prests gw jd….
    naek…d”tambhn lg yahhhhhhh
    byr tambh komplit and gw sh pngnnya nyari manusia prba yang da d:wajak….aTP “s OKE bgus bngt k”

  52. Winda Pratiwi said,

    April 4, 2009 at 11:31 am

    waduh manusia purbanya kok mirip loe ceh,

    sekarang enak kalau ada tugas nyari gambar manusia purba, alternatifnya udah canggih abis……..iiiiiiiiiii……….ssssssssssssss

    betul gak, semua tugas pasti slesai.

  53. anshori said,

    April 4, 2009 at 2:46 pm

    Makasi udah bantu buat klipping nya ya !!
    Thanks For all .

  54. dewi amor said,

    April 5, 2009 at 4:37 am

    bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss kokkkkkkkkkkkkkk, tapi kasih gambar lebih banyak lai biar tugasQ slesai…………………………

  55. Tuti said,

    April 6, 2009 at 3:52 am

    hi… kaya aku waktu kecil

  56. toni said,

    April 30, 2009 at 10:24 am

    kok tulang tok ?

  57. levi said,

    Juni 4, 2009 at 12:43 pm

    masak gambarnya aja sich aturan kn sekalian penjelasannya juga

  58. levi said,

    Juni 4, 2009 at 12:44 pm

    mana penjelasannya??
    kok cuma gambar aja ceh

  59. tiara n yuliana said,

    Juni 5, 2009 at 8:24 am

    info’na Leeeeenggggkaaaaap……………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    iza bntu kta ngrjain tgasssssssssss……………………………………………..

  60. Juni 10, 2009 at 7:12 am

    GambARnya kOq dkiT baNget SiCh…….?

  61. X_men007 said,

    Juni 30, 2009 at 6:39 am

    apa kabar semuaaaaa ?????????????????????????????

  62. yosita kumala dewi said,

    Juli 4, 2009 at 5:05 am

    waw,.. menarik ye,..

  63. zul fikar said,

    Juli 6, 2009 at 5:38 am

    kok gak da gmbr sih

  64. riska said,

    Juli 22, 2009 at 8:55 am

    gambar nya segiu aja ya !

  65. zonamuth said,

    Juli 28, 2009 at 11:33 am

    HE ?
    gambarnya segitu doang iiiaph ??
    welehe”

  66. Pyqie said,

    Juli 28, 2009 at 4:11 pm

    Uwadu.. .
    Kuq rwuame amt iah..
    Brsykur kek udh d kci inf0rmsi…
    Tenkz iah quh cuwka ckali ma sjarah..
    Ahay,

  67. Farah Hanien said,

    Agustus 2, 2009 at 6:10 am

    ihhhhh….
    saiiia cri” mnusia prba bwd tgas jranx yg da gmbr’a..
    plinx jg cm bbrapa…
    tmbhin dund gmbr”a..
    jgn cm da gmbr’a duank tp gk da pnjlasn’a..
    n kl da pnjlasan’a sxan dund ama gmbar’a.

  68. chandra said,

    Agustus 8, 2009 at 12:39 pm

    gambarx yang banyak ya…
    cuz bwat tugas,,,,
    sebtulx artikelx dah baguzzz
    tpi gambarx kurangg

  69. zzz said,

    Agustus 26, 2009 at 6:59 am

    pusng bljr sejarah

  70. x said,

    Agustus 27, 2009 at 7:14 am

    mana, ciri cirinya scara detail !!!!!!!!
    gggg lngkapppppp!!!!!!!!

  71. BamS said,

    Agustus 29, 2009 at 5:58 am

    whuoooooooooYyyyyy………,,,,,

    meNuRuT GuE…..,,, komeNtAR tenTaNG FoSiL ManujsiA PuRBa di AtAs NTu…….,, ;; VeRy Good.

    ThanK’S # B a m S #

  72. AFRIDA YUNIAR KAMALUDDIN said,

    September 2, 2009 at 1:44 pm

    mEnaRik
    tEmEn Qu peRseNtaSi tEnTaNg INI dApAt niLai 9.

  73. susan said,

    September 9, 2009 at 1:48 pm

    harusnya kamu tuh hargain karya orang jangan cuma komentar doank ?????

  74. paul said,

    September 10, 2009 at 9:16 am

    4764`1234712737453123blbcasjsdhgkhjg fwljbhl

  75. ajeng said,

    September 26, 2009 at 1:03 pm

    gammmbarrr.e manaah cehhhhh????
    kant gammmbarnia tagk buuat makaallah maah tugassss keliping

  76. Oktober 2, 2009 at 3:03 pm

    wduwh,, ga da gmbar,a ne !
    gmna donx ???

  77. della said,

    Oktober 5, 2009 at 9:10 am

    guambarnya mana yua………………………..

  78. JRS said,

    Oktober 8, 2009 at 12:11 pm

    Alhamdullilah, tugas sejarah quw kelar jugga..,Makasih,syukron,thanks ya bagi penyusunya…..

  79. rendi said,

    Oktober 12, 2009 at 9:24 am

    baguzzzzzzz………………….

  80. widya said,

    Oktober 13, 2009 at 11:08 am

    gambar nya bagus kok’

  81. Oktober 14, 2009 at 2:51 am

    lumayyan gambarnye wat kliping tugass..

  82. noname said,

    Oktober 20, 2009 at 7:35 am

    KOPED

  83. Ayoet said,

    Oktober 26, 2009 at 12:37 pm

    Ko pda cri gmbar seh? Datang aja elo-elo ke musium arkeolog sangiran sono…!

  84. Thina said,

    Oktober 28, 2009 at 2:33 pm

    Emmm
    infony lumayan lengkap
    tp kok gmbrny dkt amat??
    Tmbh lge dunk gmbrny biar kren

  85. widya said,

    November 4, 2009 at 5:59 am

    ih wow fosilnya unik yaph…..
    tapi nurut saya lain gitu?!!!!
    ha….ha……..

  86. by dwii said,

    November 8, 2009 at 2:56 pm

    ud,,, bgz kuq, q jd pya by’ ielmue!
    Thank’s bwt penyusun.na

  87. yntie said,

    November 9, 2009 at 5:39 am

    pd knp se ne umat?????????mski bgtu kan jg hsil krya…
    kita wjib mnghrgainya.ok

  88. MEI said,

    November 20, 2009 at 8:07 am

    kok semuanya ngejelek-jelekin pada sieh. COBA YANG LAIN PADA BUAT ARTIKEL YANG LEBIH BAGUZZZZZZ!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  89. Amalia said,

    November 21, 2009 at 7:59 am

    aLahhhhhhhhhhhh……..
    bisa’x cuma ngejek karya oang laen……….
    padahal diri’x sndri gak bisa apa2………..
    dasar TONG KOSONG NYARING BUNYINYA………..

  90. November 23, 2009 at 8:29 am

    saaaa..ngat menabjubkan..

    bisa tuk blajar nih..

  91. dede kurnia said,

    November 25, 2009 at 5:43 pm

    segala sesuatu yang tersembunyi akan di tampakan dan segala sesuatu yg terkubur akan di gali atau di perlihatkan kembali.bagaimana dengan kalian jika nanti dihadapkan kepada Allah swt(tuhan semesta alam) ketika segala sesuatu keburukan yg telah kalian lakukan di perlihatkan? Tobat adalah suatu jalan satu2mya.sebelum hari itu datang

  92. dede kurnia said,

    November 25, 2009 at 5:49 pm

    sbgi seorang mahasiswa harus bersifat arif.jadikannlah artikel itu sebagai insfirasi kalian.agar kalian dapat berbuat yg lebih bagus lagi.kebanyakan suara tong itu nyaring bunyinya tetapi kosong isinya.ibarat suara keledai seburuk2nya suara.saya acungi jempol untuk org yg telah membuat kliping itu,ingat tanpa kritik anda takan berhasil

  93. fandy flores said,

    November 30, 2009 at 6:18 am

    foto manisia purba yang ada di gua liang bua flores manggarai ( ntt) adalah: fosil manusia purba kecil yang terbukti adanya, dan tak tak terbantahkan, oleh karena itu bukanlah merupahkan sesuatu hal yang diperdebatkan oleh para arkeologi dunia.

  94. fandy flores said,

    Desember 4, 2009 at 1:19 am

    Aku sarankan kepada para arkeologi dunia, agar berupaya meneliti fosil manusia purba yang berada di gua liang bua, karna masih banyak
    artefak yang dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa digali, dan sampai sekarang kami semua masih menanti jawaban agar terjawap fosil apakah itu?

  95. Andhy Aldhye Deeost said,

    Januari 11, 2010 at 12:20 pm

    adakah nama manusia purba selain yang ada di buku sekolah

  96. wahyu said,

    Januari 22, 2010 at 5:17 am

    menurut saya segitu jg sudah bagus.. kalian copas gambar itu bayar g ke dy?… g kan g ush bnyk comment klo cma copas.. ^^

  97. nurul said,

    Januari 24, 2010 at 3:59 am

    bagus………………….. SARAN,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, supaya anak2 di Indonesia tambah pintar2diperbanyaklagi ya……………….. fosil2nya

  98. Putri said,

    Februari 14, 2010 at 12:02 pm

    Aku berharap aku tidak seperti manusia purba zaman dulu…..!!!!!

  99. rissa said,

    Maret 28, 2010 at 4:04 am

    gak pada menghargai karya orang eee…

    • orang hebat said,

      September 2, 2010 at 3:28 pm

      wa stuju ma katax rissa

  100. Mei 4, 2010 at 10:52 pm

    ternyata msi ad sekrang berbentu manusia purba yaitu yang membaca ini

  101. anys wb said,

    Mei 18, 2010 at 11:58 am

    eh semuanya walaupun kerdil tapi,mengandung sejarah

  102. ANGGA said,

    Mei 19, 2010 at 1:53 am

    pada bego2 amat anak sekolah jaman sekarang???Mau gambar banyak???BELI ENSIKLOPEDI MODAL DIKIT tolol!!!tugas” lo sendiri ngapaen minta cari2in orang?dibacotin pula,tanya aja ma tukang somay…dah cuman browsing (gratisan hotspot) masih ngoceh macem”…lagian mau bagus mw jelek ini blog urusanmu apa??kalian majikanya???ya moga2 aja lu mampu lulus sekolah..biar bacotlu lebih intelek

  103. yunita said,

    Mei 19, 2010 at 5:37 am

    Mengapa fosil manusia purba tersebar di mana-mana?

  104. avi armawati said,

    Mei 21, 2010 at 1:28 pm

    gamBr cOemN toE ja Pa,
    CaRieeeeeeeee donXXXXX yG laeN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  105. rodearni damanik said,

    Mei 25, 2010 at 8:28 am

    secara buku yang saya baca memang semua manusia mirir manusia purba karena muka manusia persis seperti monyet.

  106. ervina crisnawati saragih said,

    Mei 25, 2010 at 8:34 am

    secara pengetahuan saya manusia purba itu memang mirip dengan cara manusia mukanya sama dan keningnya menonjol kedepan itulah sepengetahuan saya.

    • rodearni damanik said,

      Mei 25, 2010 at 8:37 am

      secara gitu lho bagus sssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  107. chacha said,

    Juni 10, 2010 at 5:00 am

    Da yg laen g Seeeehhhhhhhhh………??????????????

  108. rolib_arfadinata said,

    Juni 28, 2010 at 9:59 am

    gokil.. gag kebayang gi mna badan nya ntu.. hahahahhaha..

  109. agung doe said,

    Juni 30, 2010 at 10:23 am

    hy…………….
    aku brharap kmu yg bca brubah seprti manusia purba
    ‘amien’

  110. river said,

    Juli 2, 2010 at 2:12 pm

    ada ga artikel-artikel yg lebih rinci lagi dengan dari awal persalinan manusia purba, perkawinan, dlll???

  111. farida said,

    Juli 16, 2010 at 3:59 am

    wah…..
    apik

  112. Marcellina putri said,

    Agustus 3, 2010 at 2:38 am

    gambarnya yang banyak donk,,,
    masa’ beritanya banyak gambarnya cm satu ajaaaaaaaa……
    tambahin lagi yaaaaa
    pake fotoku juga gpp :)

  113. avila putri said,

    Agustus 3, 2010 at 2:39 am

    baguss . . baguss . .

  114. gevi_love_dedik said,

    Agustus 22, 2010 at 6:12 am

    aqw pngen mnusia purba ini di jdiin topik brita d indonesia yg bru soalnya bguss bwat msyarakat indonesia

  115. aldi said,

    Agustus 27, 2010 at 3:20 am

    saya menemuan manusia purba di krian

  116. Fariza said,

    Agustus 29, 2010 at 9:40 am

    .,ssiipp….
    .,tapie kurang lengkap….

  117. roezvhandee said,

    September 8, 2010 at 6:24 am

    kalo mau gambar lengkap cari sendiri brooooo.!!!!!!

  118. Jhon said,

    September 17, 2010 at 9:49 am

    Hargain karya orang,masih bagus ad yg bisa post in ini,yg nyindir bisa ga?

  119. devy putry said,

    September 26, 2010 at 7:11 am

    kok gambr nxa getoe2 ja,,ngga ad xg lbih jelz ngga.
    maaf yah klo tersinggung

  120. lintang said,

    Oktober 1, 2010 at 7:50 am

    helooo!!!!

    aku anak baru di wibesite ini tolong di temeni

    yachhhhhhhh

  121. agum said,

    Oktober 1, 2010 at 9:18 am

    hah kerangkanya gk gaul

  122. Andi Ramdan said,

    Oktober 6, 2010 at 11:35 am

    koq gak ADA sich, mw bwt tugas nih ! tlng kasih gambarnya dunx!!!!!

  123. aulia said,

    Oktober 11, 2010 at 6:49 am

    ini baru keren!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  124. Oktober 21, 2010 at 5:54 am

    saya sedang mencari zaman manusia purba

    • Bugi NK said,

      November 14, 2010 at 9:32 am

      Sama Gw juga lgi cari yg lbih lngkp nicch.

  125. November 2, 2010 at 8:08 am

    ka ada yang lebih bagus gha tentang fosil-fosil manusia purba

  126. wilda ario said,

    November 29, 2010 at 7:16 am

    Duch ga kebayang klo q idup djjaman manusia purba yang ga penuh dengankesederhanaan

  127. wilda ario said,

    November 29, 2010 at 7:17 am

    ducccccch ga kebayang klo q idup dijaman manusia purba

  128. tiwi said,

    Januari 17, 2011 at 12:14 pm

    gambarnya kurang cin, aqw pusinK nYh cari tugas…

  129. maidah said,

    April 1, 2011 at 8:00 am

    mana gambarnya, ada gambar, infoNya pasti lebih bisa dipercaya + lebih lengkap!!!

  130. sonia ariez said,

    Juli 24, 2011 at 3:19 am

    ahh itu bohong ada akal manusia purba badannya kerdil cih..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: