MANUSIA PURBA DI INDONESIA

August 7th, 2008 by arief_foster

Penelitian manusia purba di Indonesia dilakukan oleh :
1. Eugena Dobois,
Dia adalah yang pertama kali tertarik meneliti manusia purba di Indonesia setelah mendapat kiriman sebuah tengkorak dari B.D Von Reitschoten yang menemukan tengkorak di Wajak, Tulung Agung.
• Fosil itu dinamai Homo Wajakensis, termasuk dalam jenis Homo Sapien (manusia yang sudah berpikir maju)
• Fosil lain yang ditemukan adalah :
Pithecanthropus Erectus (phitecos = kera, Antropus Manusia, Erectus berjalan tegak) ditemukan di daerah Trinil, pinggir Bengawan Solo, dekat Ngawi, tahun 1891. Penemuan ini sangat menggemparkan dunia ilmu pengetahuan.
• Pithecanthropus Majokertensis, ditemukan di daerah Mojokerto
• Pithecanthropus Soloensis, ditemukan di daerah Solo

Peta : Daerah penemuan Fosil di wilayah Jawa Tengah dan jawa Timur
2. G.H.R Von Koeningswald
Hasil penemuan beliau adalah : Fosil tengkorak di Ngandong, Blora. Tahun 1936, ditemukan tengkorak anak di Perning, Mojokerto. Tahun 1937 – 1941 ditemukan tengkorak tulang dan rahang Homo Erectus dan Meganthropus Paleojavanicus di Sangiran, Solo.
3. Penemuan lain tentang manusia Purba :
Ditemukan tengkorak, rahang, tulang pinggul dan tulang paha manusia Meganthropus, Homo Erectus dan Homo Sapien di lokasi Sangiran, Sambung Macan (Sragen),Trinil, Ngandong dan Patiayam (kudus).
4. Penelitian tentang manusia Purba oleh bangsa Indonesia dimulai pada tahun 1952 yang dipimpin oleh Prof. DR. T. Jacob dari UGM, di daerah Sangiran dan sepanjang aliran Bengawan Solo.
Fosil Manusia Purba yang ditemukan di Asia, Eropa, dan Australia adalah :
• Semuanya jenis Homo yang sudah maju : Serawak (Malaysia Timur), Tabon (Filipina), dan Cina.
• Fosil yang ditemukan di Cina oleh Dr. Davidson Black, dinamai Sinanthropus Pekinensis.
• Fosil yang ditemukan di Neanderthal, dekat Duseldorf, Jerman yang dinamai Homo Neaderthalensis.

Gb4. Fosil
• Menurut Dobois, bangsa asli Australia termasuk Homo Wajakensis, sehingga ia berkesimpulan Homo Wajakensis termasuk golongan bangsa Australoid.
Jenis-jenis Manusia Purba yang ditemukan di Indonesia ada tiga jenis :
1. Meganthropus
2. Pithecanthropus
3. Homo

Gb 5. Jenis manusia Purba Pithecanthropus
Ciri-ciri manusia purba yang ditemukan di Indonesia :
1. Ciri Meganthropus :
• Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu
• Badannya tegak
• Hidup mengumpulkan makanan
• Makanannya tumnuhan
• Rahangnya kuat
2. Ciri Pithecanthropus :
• Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu
• Hidup berkelompok
• Hidungnya lebar dengan tulang pipi yang kuat dan menonjol
• Mengumpulkan makanan dan berburu
• Makanannya daging dan tumbuhan
3. Ciri jenis Homo :
• Hidup antara 25.000 s/d 40.000 tahun yang lalu
• Muka dan hidung lebar
• Dahi masih menonjol
• Tarap kehidupannya lebih maju dibanding manusia sebelumnya
CORAK KEHIDUPAN PRASEJARAH INDONESIA DAN HASIL BUDAYANYA
Hasil kebudayaan manusia prasejarah untuk mempertahankan dan memperbaiki pola hidupnya menghasilkan dua bentuk budaya yaitu :
• Bentuk budaya yang bersifat Spiritual
• Bentuk budaya yang bersifat Material

i. Masyarakat Prasejarah mempunyai kepercayaan pada kekuatan gaib yaitu :
• Dinamisme, yaitu kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib. Misalnya : batu, keris
• Animisme, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang mereka yang bersemayam dalam batu-batu besar, gunung, pohon besar. Roh tersebut dinamakan Hyang.

ii. Pola kehidupan manusia prasejarah adalah :
• Bersifat Nomaden (hidup berpindah-pindah), yaitu pola kehidupannya belum menetap dan berkelompok di suatu tempat serta, mata pencahariannya berburu dan masih mengumpulkan makanan
• Bersifat Permanen (menetap), yaitu pola kehidupannya sudah terorganisir dan berkelompok serta menetap di suatu tempat, mata pencahariannya bercocok tanam. Muali mengenal norma adat, yang bersumber pada kebiasaan-kebiasaan

iii. Sistem bercocok tanam/pertanian
• Mereka mulai menggunakan pacul dan bajak sebagai alat bercocok tanam
• Menggunakan hewan sapi dan kerbau untuk membajak sawah
• Sistem huma untuk menanam padi
• Belum dikenal sistem pemupukan

iv. Pelayaran
Dalam pelayaran manusia prasejarah sudah mengenal arah mata angin dan mengetahui posisi bintang sebagai penentu arah (kompas)

v. Bahasa
• Menurut hasil penelitian Prof. Dr. H. Kern, bahasa yang digunakan termasuk rumpun bahasa Austronesia yaitu : bahasa Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia.
• Terjadinya perbedaan bahasa antar daerah karena pengaruh faktor geografis dan perkembangan bahasa.

Jenis Bangsa Prasejarah Indonesia
Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia, maka pada zaman prasejarah di Kepulauan Indonesia ternyata sudah dihuni oleh berbagai bangsa yang terdiri dari:Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memiliki ciri-ciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa keturunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa Papua Melanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid memiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang. Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Sasak (Pulau Lombok), Suku Dayak (Kalimantan Tengah), Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan).Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloid sama dengan bangsa Melayu Tua, sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsa ini berkembang menjadi Suku Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat), Suku Jawa, Suku Bali, Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya.
Demikianlah uraian materi tentang jenis bangsa prasejarah Indonesia

dari : one.indoskripsi.com

About these ads

127 Komentar

  1. euis said,

    Desember 2, 2008 pada 3:50 am

    bagus berguna bagi tugas Quuuuuuuu…………………………………..

    thx…………………..

    hhehhehhehehhehhe……………….

    ^_^

  2. riswar aziz pradipta said,

    Desember 2, 2008 pada 1:40 pm

    lengkapin lagi donk supaya aku dapet ilmu yg lebih banyak !!!!!!!!!!!!!

  3. azzahra said,

    Desember 4, 2008 pada 12:02 pm

    1. bagus
    2. dapat membantu tugas

    tapi menurut saya :
    sebaiknya di beri peta persebaran manusia purba, agar kita dapat mengenali asal muasal manusia purba tersebut .

    terima kasih

  4. tami said,

    Desember 10, 2008 pada 12:34 pm

    lengkappppppppppppp

  5. rhea cutie said,

    Desember 14, 2008 pada 5:34 am

    Terima kasih,aQ lebih tambah tahu tentang manusia purba.Tetapi di lengkapin dong sedikit (^,^)!!!!

  6. Sabrina said,

    Desember 14, 2008 pada 8:54 am

    udh lengkap tapi pake’ dikasih proses alatnya yang dibuat berburu yg sederhana ke modern yg di pake’ manusia purba & gambarnya

  7. zara_baggins said,

    Desember 22, 2008 pada 5:54 am

    berguna bgt buat tugaskuuu! tlg diperbanyak!!!abiz guruq cerewet bgttt!!!

  8. Ledy Moseley said,

    Januari 11, 2009 pada 2:35 am

    uummmmm…………..thx bgd ud kasih informasi yang bagus.
    Lumayan buat bikin presentasi.
    Piece of cake!

  9. reza said,

    Januari 14, 2009 pada 9:52 am

    tq bgt yah lo dah bantu gue. jd tugas gue beres dehhhhh

  10. angga said,

    Januari 17, 2009 pada 8:10 am

    Muantepppppp…..!!!!!!!!

  11. asmboh_d_c said,

    Januari 17, 2009 pada 9:14 am

    wah wah wah…

    kita mlongo ngeliatnya
    TOP BGT deh
    Thx yaaa, ,ni bisa buat guru kita MINGKEM!!

  12. ardita said,

    Januari 18, 2009 pada 9:03 am

    baguzzz…..

    aku jadi gampang bikin tugas nya…..

    hehehe….

    thanx….

  13. naddia said,

    Januari 19, 2009 pada 3:21 am

    lengkap, tapi gambarnya dunk!

  14. M.Derry Aryadi said,

    Januari 20, 2009 pada 2:42 am

    very good

  15. M.Derry Aryadi said,

    Januari 20, 2009 pada 2:43 am

    good

  16. habiebie said,

    Januari 21, 2009 pada 2:02 pm

    berguna buat anak2 yang sedang mencari tambahan data

  17. Henry gunawan said,

    Januari 23, 2009 pada 9:47 am

    Makasih ya….karena sumbernya-informasi ini sangat lah berguna bagi kami anak didik..

  18. melati said,

    Januari 25, 2009 pada 3:17 am

    wahhh… makasihh ea atss info nya

    saya k bntu bget neeh ..

  19. epokx_fiven said,

    Januari 26, 2009 pada 6:32 am

    thx nach krn selesai tugas dengan ini…

    tapi tolong info-nya diperbanyak agar nilaiq makin tinggi…..

    thx nak FIVEN

  20. riska eka fatma said,

    Januari 26, 2009 pada 7:51 am

    wahhhhhh…
    Keren banget,,,
    tRuzzz makaci ya…
    tugazzz skula q jadi bisa diselesaikan deh,,,,

  21. a_qurtubi@yahoo.com said,

    Januari 27, 2009 pada 4:40 pm

    Makasih ya….karena sumbernya-informasi ini sangat lah berguna bagi kami anak didik.

  22. a_qurtubi@yahoo.com said,

    Januari 27, 2009 pada 4:43 pm

    saya minta kliping tentang desa dan kota dunk’z lengkap dengan gambar – gambar pendukungnya! Please… demi kelancaran proses pembelajaran.

  23. mizt flowert said,

    Januari 29, 2009 pada 7:15 am

    Thanx for information, ,check and complete again, ,it will be good!!!

  24. flo said,

    Januari 30, 2009 pada 11:17 am

    thx ueiy…

  25. owhcha said,

    Februari 2, 2009 pada 12:36 pm

    wahhhhhhhhhhhhhh……..keren banget bisa nambah ilmu nie!!!!tapi ada yang kurang ,gambarnya mana?? supaya pada ngga penasaran kaya gimana nenek moyang kita pada zaman purba,tolong lengkapi dengan gambarnya donk!!!!!

  26. Chocotwist said,

    Februari 3, 2009 pada 11:04 am

    Thnx for the article, It has been helped me,-
    It’s pretty good. .
    Thnx for helping. .

  27. reyzer said,

    Februari 5, 2009 pada 10:42 am

    Good forever buat tugas di skul………………..

  28. dylan said,

    Februari 6, 2009 pada 8:40 am

    napa nda atha gambarnya ? ? ? ? ? ? ?

  29. nay said,

    Februari 7, 2009 pada 4:28 am

    aduh…thanks ea….help my task………
    thanks u…….
    tmbah agie yea…..mterinya,…..hkhkhkhkhk

  30. Tikka said,

    Februari 7, 2009 pada 8:05 am

    makkaassssi :)

  31. geraldooooo said,

    Februari 11, 2009 pada 1:36 am

    makasih yah cui….
    komplit banget.. kerjaan gw jadi bisa cepet beres deh

  32. Bhie iank biLank said,

    Februari 12, 2009 pada 12:57 pm

    Ba9s.Ba9uS.Ba9uS.

    Tu9as bRaSiiL..

    HaffT,,
    PaK aDit 9a9 mRaH Dey,,
    [ kwkwkwkw ]

  33. AMIRUL said,

    Februari 15, 2009 pada 5:39 am

    trims

  34. Yoza said,

    Februari 16, 2009 pada 11:15 pm

    Bguzt bget

  35. OVY said,

    Februari 18, 2009 pada 7:58 am

    THANKS YOW,gr2 kamyuu aku dapet ngarjain tugas sejarah akyuu
    sx lg thanks yach

  36. Februari 19, 2009 pada 5:39 am

    wuih,,, mkasih y artikelnya,,

    akhirnya tugas sejarah q selesai…

  37. ary said,

    Februari 22, 2009 pada 9:47 am

    makasih,bsa presentasi deh aq,hahahahahahaha

  38. *carla* said,

    Februari 23, 2009 pada 7:50 am

    keren ,dapat dantu aku nyelesein tugas.

  39. ary said,

    Februari 23, 2009 pada 10:59 am

    wheeeeeei,mkasih ya,hehehehehehe,lmayan bwat presentasi

  40. anjar said,

    Februari 23, 2009 pada 12:38 pm

    trims atas artikel’a, tetapi saran saya di kasih contoh gambar’a dong agar semua orang” tahu bagaimana perubahan manusia.

    anjar,

  41. dani said,

    Februari 23, 2009 pada 11:58 pm

    peta persebarannya nowh

  42. amel m0udztt said,

    Februari 24, 2009 pada 8:08 am

    ya buaguz bgtzz. . . . .

    Oz aq bsa ngrjain tugazz dgn mudah..

  43. bubuw said,

    Februari 24, 2009 pada 9:46 am

    huhuhww…

    thax bgd buat yg bkin lmayan mmbantu tgas

  44. deccy said,

    Februari 24, 2009 pada 10:12 am

    waduh..
    ge bingung cari tugas tentang kehidupan masa bercocok tanam manusia purba ni…………
    materinya kurang lengkap,
    kalo perlu kasih menjelasan yang panjang duank

  45. rini said,

    Maret 5, 2009 pada 9:36 am

    isix kurang lengkap n kurang detail lom da perbedaan megantrhopus dan pithecantrhopus

  46. Tya said,

    Maret 10, 2009 pada 1:52 pm

    Yupz..
    THanks Bgett…
    Jdii TrbantUuu..

  47. tia said,

    Maret 11, 2009 pada 8:11 am

    baGus… Gus…………

    tUgas Q bs sLsai dEh…
    thnks yau….

    hehe ^_^

  48. asmi rahayu, said,

    Maret 12, 2009 pada 3:48 am

    pak makasih y ats infony. Sy bth bhnny ini to mengajar.

  49. robi said,

    Maret 18, 2009 pada 3:21 am

    makasaih denngan adanya situs ini sekarang ngajar sejarah jadi enak, anak anak saya suruh buka situs ini dan anak anak lebigh cepat memahami materi, belajar sambil berekreasi di dunia maya

  50. robi said,

    Maret 18, 2009 pada 3:23 am

    ssayaaaang cuman gambarnya yang ga ada

  51. Dian.a.l said,

    Maret 19, 2009 pada 8:24 am

    Ne………sgt brGuna bgd wat Q cZ tUgaZ Q buU4nYak BGD

  52. heru said,

    Maret 25, 2009 pada 7:22 am

    lumayan agar di kembangkan lagi…………………………….

  53. ajo said,

    Maret 26, 2009 pada 1:50 pm

    kok sama ?????

    ada page yg sama dgn yg ini!!

  54. IbNhu sMaElY said,

    April 30, 2009 pada 5:35 am

    petax dunk!!!!! paling penting di tugas…..

  55. Maharani_ said,

    Mei 3, 2009 pada 11:46 am

    bAgUUUUUz . . . .
    TaPi , , ,
    tLonG LeBih LeNgKaP LgY . . . .
    tHx . . . .

  56. Barnavies said,

    Mei 4, 2009 pada 4:29 am

    Sejarah Manusia purba selalu tidak pernah lepas dari anngapan bahwa manusia itu berasal dari KERA.
    Kemudian, bagaimana tentang sejarah ILMU PELET atau istilahnya SANTET ?
    Sebab di Indonesia, Ilmu semacam ini sudah mendarah daging

    Barnavies

  57. phiey_miutZ bngt said,

    Mei 22, 2009 pada 11:21 am

    alhamdulillah. . . . . . . . . . .
    akhir na aQuch biso dapett inpo iyang aQ mao!!!
    mkcccieeee yuuuahhhhh!!!!!!!

  58. dea jo said,

    Mei 25, 2009 pada 11:04 am

    bagusssssssssssss banget :D
    ada lagi nga ? ckckck

  59. ikey said,

    Mei 28, 2009 pada 7:54 am

    makasih
    ini sangat berguna
    hha
    sekali lagi makasih banyak

  60. sonia said,

    Juni 13, 2009 pada 10:58 am

    Ko gambaranya gak ada ya?

  61. peri hutan said,

    Juni 16, 2009 pada 4:29 am

    subjektif saya –> ini bohong, khayalan kaum materialis u/ mendukung teori evolusi, dawinisme yg pada akhirnya mengarah pada atheism dan kaPITALISM. saya lebih cenderung pada teori penciptaan. gak ada teori evolusi . bukti2nyajuga gak lengkap cuman pecahan tengkorak, gigi, sama tulang2 yg entah tulang binatang apa orang juga gak jelas.

  62. Jacko said,

    Juli 24, 2009 pada 1:18 pm

    idong

  63. mz ahmad said,

    Juli 27, 2009 pada 1:23 pm

    ciiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dah

  64. rizky said,

    Juli 31, 2009 pada 10:25 am

    tolong dong, ada peta sama di kota apa ada jenis manusia purba yang ditemukannya ya.maaf, buat aku jd g terlalu bisa buat tugasku yg sekarang

  65. loma said,

    Agustus 1, 2009 pada 3:43 am

    foto nya di perbanyak doomkk .. q jd kesulitan cri gmbar wat tugasz .. >.<

  66. cipa said,

    Agustus 3, 2009 pada 4:17 pm

    thank’s ya pak. tugasq dah slsai coz aq bc ini. mohon diperbanyak infonya y…..
    thank you

  67. Boy STOEM said,

    Agustus 6, 2009 pada 8:11 am

    Komen sya adl sangat bagus da sangat lengkap. terima kasih sya dapat mengerjakan tugas dgn mudah. (Boy STOEM)

  68. ebimmmmmhhhhhh..... said,

    Agustus 6, 2009 pada 10:34 am

    makasih yaw aku udah dapat jawabanya

  69. Agustus 13, 2009 pada 2:29 am

    very goooooooood, a like this…!

  70. andracute_kibumcute said,

    Agustus 24, 2009 pada 6:16 am

    LEngkap Juga !!!!!

  71. Antares Rangga said,

    Agustus 26, 2009 pada 11:39 am

    Bagus bangetzzz.,,,
    tapi sayang…kurang tempat ditemukannya(peta nya)…
    kalau dalam rupa gambaran/peta kan lebih jlazzz…….

  72. Febri & Vika said,

    Agustus 27, 2009 pada 6:30 am

    lengkap sich, tapi kasih peta n’ gambar donk …..
    kita d’suruh cari gambar n’ peta nya .. bantuin donkk ..
    kekurangan lho … >_<

  73. Agustus 28, 2009 pada 6:01 am

    hai! boleh lihat foto manusia purba ga???

  74. adit said,

    Agustus 28, 2009 pada 6:57 am

    hebat

  75. Salwaa Alamsah said,

    Agustus 29, 2009 pada 1:41 pm

    berguna bwat tugas ku yg harus di kumpul tgl 31 agustus hrii snin..

  76. riski said,

    Agustus 30, 2009 pada 9:00 am

    mas ada berapa jenis manusia purba???????

  77. ariescha said,

    September 7, 2009 pada 8:34 am

    hmmmmm…………………… bagus banget thx 4 all

  78. putri said,

    September 7, 2009 pada 8:49 am

    kurang lengkap…nich……………………………………….
    untuk pengertannya okay mungkin bisa di tambahin lgi……………………………………………………………tpi thx…………………………

  79. ariescha said,

    September 7, 2009 pada 9:08 am

    comen hmmmmmmmmmmmmmmmmmm bagus sieh tapi blum lengkap banget dech tlong donx lebih lengkapi lagi biar bsa tau lebih dalam lagi ty xa muach………………………………99999999999999999999999999999999999999999999999999x

    • cute said,

      September 27, 2009 pada 8:01 am

      aku setuju ma kamu
      menrutq kurang lengkap

      oh, ya ku ucapin met idul fitri ja yah mohon maaf lahr n batin

  80. hendri said,

    September 14, 2009 pada 5:30 am

    kalau bisa dipelengkap agar lebih mudah dalam mencari bahan pokkkkkk

  81. cute said,

    September 27, 2009 pada 7:59 am

    pas bangets nich aku skrg lagi ngerjain tugas sejarah aq
    bantu banget
    tapi kalo menurut aq sich prlu dtmbahin peta penemuannya biar tmbah lengkap
    TRIMS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  82. Aprilla Sharfina said,

    September 27, 2009 pada 8:59 am

    waah, lebih lengkap dari buku ips aku!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!………….

    tapi, foto fosil2 nya kasih tau donkkkk….

    kyknya tugas aku bakal jadi no.1 ….

    klo ngeliat kesini………thx….dadaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh…..

  83. natashya said,

    September 28, 2009 pada 1:44 pm

    akhrna ktmu jga…….bwat tgas sjarah gw……
    gmbrnya dunk!!!!

  84. puteri said,

    Oktober 4, 2009 pada 12:28 pm

    cm gak ada gambar nya manusia purba itu

  85. Abdullah said,

    Oktober 4, 2009 pada 3:33 pm

    Wah tulisannya cukup bagus, bisa menambah wawasan yang bacanya,…namun sayang tidak dilengkapi dengan gambar/photo…usul tlg tampilkan photo anusia purbanya dong…tks.

  86. Andrew said,

    Oktober 6, 2009 pada 7:36 am

    Krng lenkap.. Klo bs d tambah peta penyebaran manusia purba!!!

  87. Nazmi Rahadita Aisy said,

    Oktober 7, 2009 pada 7:35 am

    biar pun blm d baca ,tp keliatannya udah lengkap tuh ,,semoga berguna ya bwt aq ..trimz ..

  88. nikita said,

    Oktober 31, 2009 pada 6:27 am

    tugaz q bisa selesai nih…hore

  89. November 5, 2009 pada 12:20 pm

    ALLHAMDULILLAH slesai jga tugas ku

  90. vallian sayoga said,

    November 24, 2009 pada 8:12 am

    \(^.^)/ THX y tugas ku selesai……

  91. bagas terangbangsa said,

    Desember 10, 2009 pada 8:31 am

    nice !

  92. Hime Atena said,

    Januari 18, 2010 pada 7:42 am

    wah ! ! thx bgd tgs q jdi lese dech ! ! !

  93. agung said,

    Februari 2, 2010 pada 10:38 am

    gimana sih cara download wordpress,, tolong bales ke agunk_soerya@yahoo.com.

    Thx

  94. tity_rany said,

    Februari 3, 2010 pada 10:35 am

    aduuuugh…… pucink nee xrie tgazz…

  95. putri lala reynanda adelina said,

    Februari 7, 2010 pada 3:57 am

    lebih baguz lagi kalau ada petanya . .

    :))

  96. dyna said,

    Februari 8, 2010 pada 12:33 pm

    thanks yaw…
    lengkap artikel.a…

  97. sisiL said,

    Februari 9, 2010 pada 1:34 am

    cayuooooo….!!!
    melihat perkembangan sejarah………………………
    tX,, ku bisa bikin tugas melalui artikel ni…
    hohohohoohoo…,,ku hrus lbih bXk bLjr..ey

  98. riza masyitha said,

    Februari 17, 2010 pada 6:33 am

    trima kasih…trima kasih…trima kasih…!

  99. pengot said,

    Februari 20, 2010 pada 6:32 am

    berguna bagi nusa dan bangsa indonesia

  100. denisa said,

    Februari 20, 2010 pada 8:01 am

    uyeeeeeeeeeeee………..,,…
    uapik tenaaaaaannnnnn,,,,,
    lummmmmmmmmmayan…

  101. henny septianing tyas said,

    Maret 20, 2010 pada 2:23 am

    BGUS ,,
    MKSH YYEA :)

  102. Cacha Marysha said,

    Maret 25, 2010 pada 5:06 am

    mwanta abiezzzz!!!!!!
    dah sibuk nyari kmna”….
    ekh, tw”nya ada dsni. .
    KLOP dh, bwt referensi tugas. .

  103. aZieZz.. said,

    Juni 2, 2010 pada 9:28 am

    mKsiH bnYak nIch ataZ artiKiL_ya…

  104. adellia said,

    Juli 17, 2010 pada 12:47 pm

    thankz y
    artikel.a
    pii ad yg krang nehhhhhhh
    q pnsaran ma gmbar mnusia yg gee sdang brbru mkan tlong low bsa gmbar na d sbar y d intrnet skali gee thankz dh membntu tgas q ,,,,,,,,

  105. adellia said,

    Juli 17, 2010 pada 12:52 pm

    q stuju ma qmu mnrtu q ad yg jrang lnkap tlong d lngkapin yyyyyyyyyeeeeee
    tx dh mw bnyuin q ,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    oh,dkit gge mw idul ftri q mw ngucpin metd puasa
    hehehehehehehhehehehehe ,,,,,,,,,,,,,???????

  106. jabon said,

    Juli 24, 2010 pada 2:42 am

    sulit nyari yang kaya gini thanks ya

  107. jabon said,

    Juli 24, 2010 pada 2:42 am

    oh ya salam kenal ya dari saya buat tuan rumahnya

  108. Agustus 22, 2010 pada 2:16 am

    : makasi ,, ^ ^

  109. iqbal said,

    Agustus 27, 2010 pada 1:32 pm

    kurang ma petanya…
    di tmbah petanya dong….
    ada tugas suruh cari peta ni…

  110. nurul said,

    September 2, 2010 pada 2:59 pm

    lebih keren pakai gambar!
    tp makasih Y.. akhinya ak terbebas dari pr sejarah
    :)

  111. lintang said,

    Oktober 1, 2010 pada 7:44 am

    Huhh,sekarang nie aku lagi cari sejarah tentang manusia purba
    susahhhhhhhhhh!!!!!!!!!!! bangetttttttttttt

    tolong dibalas okkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!

  112. putri susila said,

    Oktober 3, 2010 pada 10:30 am

    lengkapi donk tentang asal usul nya yahcc

  113. amelia said,

    Oktober 4, 2010 pada 6:23 am

    bagus banget …..
    tapylbih baik ada petanya
    byar pngetahuan qu lebih lengkap :)

  114. yudi said,

    Oktober 4, 2010 pada 10:44 am

    Akhrix clear Jugha Nihh Tugas….

  115. arwah-5 said,

    Oktober 12, 2010 pada 6:00 am

    mantap abiezzzz!!!!!!
    dah sibuk nyari kmna”….
    ekh, tw”nya ada dsni. .
    KLOP dh, bwt referensi tugas. …..
    Tpie Kloe Bisa Yang lebih Panjang Lage Yha coz Gue D’suruh Nyari 10 Lembar Buat D’print …

  116. indah said,

    Oktober 25, 2010 pada 10:30 am

    bagus
    dpat memebantu tgas aku
    tpi mwnya di tmbahin gambar persebaran manusia nya
    untuk menambah tugas aku soal kuranga itu aja

    klw ada yg mww ngirim gmbar nya kirim ke email q yya nie e-mail q
    indahnurhayati32@yahoo.co.id

  117. uki said,

    Oktober 26, 2010 pada 1:52 pm

    oke see….. tapi kalo ada gambar – gambarnya tambah oks

  118. sussy handayanie said,

    Oktober 30, 2010 pada 7:17 am

    wach, kuerrren bgt bs nmBH” ilmu pngthan tntg sjrh gw,,,,,,,,,,,,,tp ksh gmbr peta tmpt pnybr mnsia purba na donk,,,,,,,,,,,byr tahu,,,

  119. sayasuka said,

    November 5, 2010 pada 3:57 am

    hee… masa itu doang ???

  120. Desember 10, 2010 pada 11:37 am

    tnx bgt yaa ini bsa bntu saya di UAS nnti

  121. Desember 10, 2010 pada 11:39 am

    sma gambarnya juga donk biar gamoang di mngerti ya ya ya ya ya ya ya ya ya

  122. pecok said,

    Januari 30, 2011 pada 4:27 am

    gag asyk gag ad gmbrnya…………….
    gmn cooba

  123. elsya said,

    Februari 8, 2011 pada 1:07 pm

    kasii yang lengkap lagi dong.

    makasi ;D

  124. Februari 10, 2011 pada 11:30 am

    baGuss bGd ,, ilmU pngeTahUan sYa smAkIn brTamBah..
    maKacHe” ya,, Lam kNal .. :D

  125. Yudha Archangel said,

    Mei 12, 2011 pada 1:06 pm

    wah bagus bngt,,
    ,tp kyknya harus di tambahin petanya supaya lebih jelas gitu

  126. hanifah said,

    Agustus 5, 2011 pada 5:52 am

    oy emG g’ da pEta pRasEjaraH yG d’ tMukn mnUsia pUrba y????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: