Misteri Pecah: Mona Lisa = Lisa del Giocondo!


Selasa , 15 Januari 2008 , 09:34:07 wib

Setya Krisna Sumargo

BERLIN, TRIBUN – Akademisi Jerman percaya mereka telah memecahkan misteri besar berabad-abad tentang identitas di balik lukisan Leonardo da Vinci paling kondang sejagat, Mona Lisa.

Selama ini mitos yang beredar, Mona Lisa adalah gambaran sosok Lisa Gherardini, istri bangsawan Florence Francesco del Giocondo. Lukisan Mona Lisa sendiri dibuat pada abad 16.

Tapi ahli sejarah selalu menyebut sosok dengan senyum misterius itu menggambarkan kekasih da Vinci, ibunya, atau pelukis yang karyanya melegenda itu sendiri.

Sekarang, para ahli di Universitas Heidelberg meyakinkan berdasar riset pustaka abad 16, dengan bukti sebuah catatan di buku terbitan Oktober 1503, sosok itu memang Lisa Gherardini atau Lisa del Giocondo.

“Semua keraguan tentang identitas Mona Lisa akan segera hilang dengan temuan Dr Armin Schlechter,” kata seorang pustakawan Universitas Heidelberg, Selasa (15/1) WIB seperti dikutip Reuters.

Dr Armin Schlechter adalah pakar manuskrip di universitas ini. Catatan yang ditemukan di manuskrip tua itu dibuat oleh seorang pejabat kota Florence, Agostino Vespucci.

Salah satu bagian catatan itu memaparkan komentar yang membandingkan Leonardo dengan seniman Yunani kuno, Apelles. Dan si penulis mengatakan dia (da Vinci) mengerjakan tiga lukisan potret, salah satunya potret Lisa del Giocondo.

“Tak ada alasan lagi untuk setiap keraguan bahwa ini perempuan lain (selain Lisa del Giocondo),” kata ahli sejarah seni Universitas Leipzig, Frank Zoellner kepada radio Jerman.

Sosok Lisa untuk pertama kali dikaitkan dengan lukisan Mona Lisa sekitar 1550 oleh seorang pejabat Italia, Giorgio Vasari. Tapi keraguan tentang keterkaitan dua sosok ini masih begitu hebat.

Catatan yang dipecahkan pakar Universitas Heidelberg sebenarnya ditemukan sejak dua tahun lalu oleh Schlechter. Tetapi butuh waktu cukup bagi mereka untuk meyakinkan bahwa itulah bukti yang akan memecahkan misteri Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa saat ini digantung di sebuah ruang khusus di Museum Louvre, Paris. Dia sudah dikunjungi jutaan orang, dan menjadi koleksi museum paling banyak dilihat.

Lukisan perempuan tersenyum ini juga dikenal dengan julukan “La Gioconda”, yang artinya perempuan Italia yang periang.(xna)

tribunjabar.co.id/artikel_view.php?id=970&kategori=1

32 pemikiran pada “Misteri Pecah: Mona Lisa = Lisa del Giocondo!

  1. siapa monalisa?
    mengapa monalisa begitu mendunia?
    mengapa monalisa di kontroversikan dengan leonardo davinci?
    mengapa monalisa di juluki sebagai perempuan italia yang periang (la gioconda)?

    Suka

  2. x paham r cite pasal mona lisa nie…
    leh bagi detail story about mona lisa x…?
    kalau leh bagi r yang wat sume org understand about the truly history….?

    Suka

  3. boleh x dekya nak fitback about mona lisa nie…
    dekya confius gak nape mona lisa nie popular sangat sedangkan dekya tengok bese je….huhuhu
    leh x bagitau why mona lisa is so mysterious…

    Suka

  4. eh apa hubungan MONA LISA dengan Leonardo da vinci?
    mengapa mona lisa menjadi misterius?
    Apakah Mona Lisa sudah meninggal? Dan pada tahun berapa,Kapan?
    Apakah monalisa punya keturunan?

    Suka

  5. siapa monalisa sebenarnya?
    knp dia sangat bisa terkenal seperti itu?
    apakah monalisa mempunyai kepribadian yang buruk?
    dan siapa keturunan monalisa?
    penyebab dia meninggal?

    Suka

  6. siapa mona lisa?kenapa dia popular?sya tahu psl ni pun dalam buku matematik…mona lisa ni cantik sgt ke?sampaikan ada orang kata,bila pelawat muzium datang mereka menangis terharu kerana mona lisa itu sangat cantik dan sdg senyum ke arahnya.

    Suka

  7. siapa monalisa?
    kenapa dia boleh popular?
    apa kaitan dia dengan leonardo la vinci tu?
    adakah monalisa masih mempunyai keturunan lagi?
    boleh tak tolong ciptakan satu buku mengenai sejarah monalisa dengan lengkap meskipun buku tu harganya mahal saya sanggup untuk membelinya….tapi janganlah mahal sangat..tolonglah!!!
    sudah lama saya mencari jawapan siapakah monalisa ini???

    Suka

  8. mona lisa. .
    kenapa “leonardo da vinci” mau melukis Mona Lisa????
    yang ku tau Leonardo Da vinci tidak punya hubungan apa pun dengan dia…
    dan mengapa lukisannya dibuat tersenyum??
    mengapa tidak dibuat bersedih saja????

    Suka

  9. siapa itu monalisa????
    mangapa monalisa sangat popular????
    Mengapa monalisa tidak memeiliki alis???
    Apakah banar lukaisan monalisa yang ada di moseum luovre itu asli???

    Suka

  10. sebenarnya siapa sich monalisa???????????????
    kata guru saya lukisan monalisa tuch ada campuran laki-laki dan perempuan…
    apa itu bener??????????
    kenapa monalisa sangat populer??????????

    Suka

  11. saya snggt kagum dan tertarik dgn monalisah,.
    stu ekspresi saja pd snyumnya,.mngartikan bnyak mkna????//
    sipa sebenarnya dia?///

    mngpa dia sngt popular dan bgamna ksah dia slma hidup,.,

    Suka

  12. Jawaban utk semua yg bertanya²
    menurut saya
    semua itu hanya misteri/legenda

    Biar lah legenda itu menjadi legenda
    kita tidak perlu utk mengetahuinya secara dalam
    lagian pikiran manusia jg terbatas
    tergantung terbatasanya apa

    kalian semua mengerti?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s