KALENDER DUA ABAD


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSIILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bdg- utkampus.net

kalender.gif (26759 bytes)Abad XX hampir berlalu dan abad XXI hampir tiba. Walaupun masuk ke penghujung milenium ketiga nanti, banyak di antara kita yang tetap berhubungan dengan abad XX, terutama dengan hal-hal yang bersangkut-paut dengan tanggal serta nama hari, mungkin juga hari pasaran, dan bulan. Bisa mengenai peringatan kematian, kelahiran, pernikahan, atau perayaaan lain yang terjadi dalam abad XX.

Ketika Anda lupa dan ingin tahu hari dan bulannya, Anda bisa menggunakan “Kalender dua Abad” ini. Berbeda dengan “Kalender Abadi” yang pernah dikemukakan pada Intisari Januari 1983 dan bermula dari tahun 1800 – 2000, kalender ini “lebih maju” lagi yaitu bisa dipakai mencari hari dan pasaran pada bulan dan tahun hingga tahun 2100. Selain itu, cara untuk mencari kembali sesuatu yang ingin diketahui juga berbeda.

  1. Mencari hari tanggal 1 Januari tahun kabisat
    Untuk mencari hari, pada tanggal dalam semua bulan dan tahun terlebih dulu harus diketahui nama hari pada tanggal 1 Januari tahun kabisat (tahun yang angkanya habis dibagi 4). Caranya, dua angka akhir dari tahun kabisat dibagi 7 (karena jumlah hari ada 7) kemudian perhatikan sisanya, karena sisa inilah yang kita perlukan (lihat Tabel 1).

    Tabel 1.

    Sisa pembagian Nama hari 1 Januari
    0 Minggu
    5 Senin
    3 Selasa
    1 Rabu
    6 Kamis
    4 Jumat
    2 Sabtu

    Contoh:

    1. Tahun 1904: 04 dibagi 7 sisa 4; 1 Januari hari Jumat.
    2. Tahun 1948: 48 dibagi 7 sisa 6; 1 Januari hari Kamis.
    3. Tahun 1996: 96 dibagi 7 sisa 5; 1 Januari hari Senin.
  2. Mencari hari tanggal 1 Januari tahun biasa
    Setelah diketahui nama hari pada tanggal 1 Januari tahun kabisat, dengan mudah pula diketahui nama hari pada tanggal 1 Januari tahun-tahun biasa (yang bukan kabisat). Rumusnya, tiga tahun berturut-turut sebelum tahun kabisat, tanggal 1 Januarinya diundurkan menurut berapa tahun mundurnya hari pada tanggal 1 Januari tahun kabisat.Contoh:

    1. Tanggal 1 Januari 1948 jatuh pada hari Kamis (lihat contoh no. 2 mencari nama hari 1 Januari tahun kabisat).
    2. Tanggal 1 Januari 1947 jatuh pada hari Rabu.
    3. Tanggal 1 Januari 1946 jatuh pada hari Selasa.
  3. Mencari hari pasaran tanggal 1 Januari tahun kabisat
    Hari pasaran (biasanya hanya disebut pasaran saja) umumnya digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur sebagai pengiring hari-hari biasa yang jumlahnya ada 5 dengan urutan (1) Legi atau Manis, (2) Pahing, (3) Pon, (4) Wage, (5) Kliwon. Prinsip pencariannya sama dengan mencari hari pada tanggal 1 Januari tahun kabisat, yaitu dua angka akhir dari tahun kabisat dibagi 5 (karena jumlah pasaran ada 5) dan perhatikan juga berapa sisanya (lihat Tabel 2).

    Tabel 2.

    Sisa pembagian Pasaran 1 Januari
    0 Legi
    4 Pahing
    3 Pon
    2 Wage
    1 Kliwon

    Contohnya, bandingkan saja dengan contoh untuk nama hari tanggal 1 Januari tahun kabisat.

  4. Mencari pasaran tanggal 1 Januari tahun biasa
    Rumus untuk mencari hari pasaran tanggal 1 Januari tahun-tahun biasa ini tidak memerlukan hitungan karena tiga tahun berturut-turut sebelum tahun kabisat, hari pasaran tanggal 1 Januari sampai tanggal 1 tahun kabisat itu tidak berubah.Contoh:

    1. Tahun 1948, 1 Januari pasarannya Pon
    2. Tahun 1947, 1 Januari pasarannya Pon
    3. Tahun 1946, 1 Januari pasarannya Pon

    Setelah mengetahui hari dan hari pasaran tanggal 1 Januari setiap tahun, untuk mencari hari dan pasaran tanggal 1 tiap bulan lihatlah tabel bulanan ini (Tabel 3):

    Tabel 3.

    Bulan Hari tanggal 1 Pasaran tanggal 1
    Januari 1 1
    Februari 4 2
    Maret 4 5
    April 7 1
    Mei 2 1
    Juni 5 2
    Juli 7 2
    Agustus 3 3
    September 6 4
    Oktober 1 4
    November 4 5
    Desember 6 5

    Hari dan pasaran untuk tanggal 1 Januari ditandai dengan angka 1, sedangkan untuk bulan-bulan lainnya dengan angka yang berbeda. Maksudnya, 1 Januari dijadikan sebagai patokan untuk menentukan hari dan pasaran tanggal 1 bulan lainnya dalam tahun yang sama. Jika 1 Januari tahun tersebut sudah ditemukan, maka tanggal 1 bulan lainnya tinggal diurutkan dari angka-angka yang ada.

    Ambil contoh, tanggal 1 Januari 1945 adalah hari Senin Pon. Maka 1 Februari 1945 adalah Kamis Wage. Kamis didapat dari angka 4, di mana 1 + Senin dan Wage dari angka 2, di mana 1 + Pon. Demikian seterusnya sehingga tanggal 1 Maret 1945 adalah Kamis Pahing.

    Untuk tahun yang berbeda, hari dan pasaran pun berbeda. Contoh untuk tahun 1946, 1 Januari Selasa Pon, 1 Februari Jumat Wage. Itu didapat dari angka 4 dan 2, di mana 1 pada hari adalah Selasa dan 1 pada pasaran adalah Pon.

    Tabel bulanan ini hanya untuk tahun-tahun biasa. Sedangkan untuk tahun kabisat, karena Februarinya berumur 29 hari, maka untuk bulan Maret sampai Desember hitungannya harus ditambah 1, baik untuk hari maupun pasaran.

  5. Mencari hari, pasaran, dan tanggal Abad XXI
    Mencari hari, pasaran, atau tanggal pada bulan-bulan abad XXI lebih mudah daripada mencari hari, pasaran, atau tanggal dalam abad XX. Rumusnya, hari pada tanggal, bulan, dan tahun dalam abad XXI dapat diketahui dengan mengundurkan 1 hari dari hari pada tanggal dan bulan yang sama dalam abad XX, dan tahunnya mempunyai 2 angka akhir yang sama, sedangkan hari pasarannya tetap, tidak berubah.Contoh:

    1. Tanggal 1 Januari 1948: Kamis Pon
    2. Tanggal 1 Januari 2048: Rabu Pon
    3. Tanggal 17 Agustus 1945: Jumat Legi
    4. Tanggal 17 Agustus 2045: Kamis Legi

    Dalam penghitungan cara ini, tahun 2000 dimasukkan dalam abad XX, sama dengan 1900 + 100, jadi angka 100 inilah yang dibagi 7 untuk hari dan dibagi 5 untuk pasaran.

    Menurut kalender sistem Gregorian yang berlaku sampai sekarang, tahun abad dengan angka akhir 00 hanya dijadikan tahun kabisat bila tahun abad itu dapat dibagi 400. Dengan demikian tahun 2000 adalah tahun kabisat, sedangkan tahun 1900 dan 2100 tidak termasuk tahun kabisat dan bulan Februarinya tetap berumur 28 hari. (Nur Sobari)

source : indomedia.com/intisari/1998/desember

48 pemikiran pada “KALENDER DUA ABAD

  1. Saya jawa Malaysia..
    Apa bisa saya memperoleh softcopy untuk kalender pasaran jawa dan semua terjemahannya.
    Saya puas mencari tapi tak jumpa..

    Suka

  2. pak, tanggal 5 juni 1985 hari dan pasaran jawanya apa pak? tolong beritahu ke email saya pak, karena saya belum paham dengan hitungan diatas, terimakasih

    Suka

    1. saya mau tanya pd tgl 15 april 1983 tepatnya hari jumat ,itu wetonnya legi atau wage /
      thanks
      saya mau tunangan, weton saya selasa kliwon dan pacar saya jumat legi , hari baiknya kapan ya pak untuk tahun 2009 ini/
      trims

      Suka

  3. Mohon bantuan, saya perlu kalender tahun 1948 masehi yg ada tahun jawanya. Terutama bulan september. Senin langkirnya tgl berapa? Terimakasih.

    Suka

  4. mohon informasi kalau hari senin wage th 2008 jatuh pada tgl berapa ya pa?
    tlong dong kirim jawabannya ke alamat email saya.
    karena saya perlu banget.
    thanx

    Suka

  5. Bung saya mau menanya kan jatuhnya hari dan pasaran tanggal 19-juli-1968
    karena ini sangat berarti untuk saya, saya mohon di kirimkan ke email saya . terima kasih

    Suka

  6. Pak saya mau tanya kalau tanggal 7 September 2000 dan 18 September 2004 hari dan pasaran jawanya apa ya? buat anak saya nih, dulu lupa mencatatnya, Terima kasih….

    Suka

  7. saya mau tanya kalau tanggal 15 juli 1994 dan 15 september 1995 hari pasaran nya apaya saya perlu banget mohon di balas ke alamat email saya .

    Suka

  8. pak saya mau tanya saya lahir pada hari senin pahing 1983 bulan desember,yang saya mau tanyakan jatoh pada tgl berapa hari senin pahing?makasih

    Suka

  9. Pak..apa rumusanya itu ada yg udah jadi dlm bentuk Excell gitu…jadi kita tinggal isi aja data tgl tahun kabisatnya..begitu enter ketemu dah..weton jawanya…nah klo mo dijual pasti banyak yg mau tuh? termasuk saya..he.he.ehe.

    Suka

  10. Malem pak,,
    Pak saya mau tanya, kalo hari pasaran Senin Kliwon di bulan Juni tahun 1983 tu jatuh pada tanggal berapa ya???
    saya cuma tau hari lahir saya tanpa tau tanggalnya..
    makasih…

    Suka

  11. mau tanya klo 16 juli 1976 jatuhnya jumat apa yah? punya kalender th 76 gak? n klo tgl 22 maret 2008 jatuhnya sabtu apa ya thanks ditunggu balasannya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s