Fosil Manusia Purba Bertubuh Kerdil Ditemukan di Palau


Stephen Alvarez
Ukuran tulang manusia purba di Palau (tengah) dibandingkan dengan ukuran tulnag wanita sekarang (kiri) dan Homo floresiensis (kanan).
Selasa, 11 Maret 2008 | 22:16 WIB

JAKARTA, SELASA – Populasi manusia purba bertubuh kerdil tidak hanya ditemukan di Flores, namun juga di Palau, Micronesia, di antara gugusan pulau-pulau di Samudera Pasifik. Penemuan ini semakin menguatkan pendapat bahwa pengerdilan terjadi karena manusia tinggal terisolasi di pulau yang daerah jelajahnya sempit.

Fosil tersebut ditemukan Lee Berger, seorang paleoantropolog dari Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan saat melakukan kunjungan ke Palau tahun 2006. Ia sedang mengelilingi pulau berbatu yang berada pada jarak 600 kilometer timur Filipina itu dengan kayak saat menemukan tulang-belulang di dua buah gua. Ia baru melakukan penggalian intensif setelah mendapat dukungan National Geographic Society.

“Setidaknya sepuluh gua telah ditemukan di pulau berbatu tersebut dan penggalian pada salah satu gua menghasilkan fosil sekitar 25 individu,” ujar Lee. Salah satu kerangka lengkap yang ditemukan memperlihatkan sosok manusia setinggi 94 hingga 120 centimeter. Beratnya diperkirakan hanya 32 hingga 41 kilogram.  Dari segi ukuran, manusia kerdil tersebut mirip manusia kerdil Flores yang kontroversial sebagai Homo floresiensis.

Namun, volume otaknya sekitar dua kali lipat otak manusia Flores. Dari hasil pengukuran strktur tulangnya, mereka juga lebih mirip Homo sapiens atau manusia modern meski dengan ukuran tulangnya terlampau kecil dan cenderung primitif. Mereka diperkirakan tinggal di sana antara 900 hingga 2.800 tahun.

Peneliti yang melaporkan temuannya dalam jurnal Public Library of Science (PLoS) ONE mengatakan bahwa manusia purba tersebut mungkin mengalami kekerdilan karena terisolasi yang disebut insular dwarf. Penemuan ini menambah daftar perdebatan di kalangan para ilmuwan. Homo floresiensis sampai sekarang juga masih diragukan sebagai spesies tersendiri dan ada peneliti yang masih yakin bahwa mereka kerdil disebabkan penyakit seperti microcephaly atau kemuncuran perkembangan otak atau bahkan kekurangan gizi.(NG/WAH)

dari : [mycurious]

148 pemikiran pada “Fosil Manusia Purba Bertubuh Kerdil Ditemukan di Palau

  1. lengkap sich, tapi sayang gak ada gambarny. gue kirain lengkap ma gambarnya, tapi nyatanya cuman lengkap keterangannya doank. tambah gambar doank biar tambah lengkap. ocre bro!!!!!!!!

    Suka

  2. gambare pundimas?????????????????????????????????????????????????????????????
    nek gak ana gambare gak jozzzzzzzzzzzzzzzzz blasssssssssssssss!!!!!!!!!!!

    Suka

  3. wuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    gambar ny baghusind dunk . . . .

    jngand gambar yg ittoo.

    oooooooooocccccccccccccceeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  4. dasar gilaaaaaa!!!!!!!!!!!!………….. emang loe mau dikatain keturunan MangKy?!!!!!!!!! teori evolusi hanya bo’ongan belaka. Bahkan diBarat sudah G dipake, Cuma orang Indon aj yg msh ketipu,,,,,, Kalo Gua siCh G mau, Cukuplah Nabi Adam sbg MnaUsia perTama.

    Suka

  5. banyakin gambarnya dun!!!

    minimal 20 gambar laa…
    biar tugas ako cepet selesei…

    lgean ako bgung,,

    udaa jelas teori evolusi darwin uda runtuuh,
    kug masii aja iia sekulaa ngajarin kita tentang
    masa prasejarah…

    law emg kita ntu evolusi dari ‘monyet’,
    kenapa sekarang monyet2 masii ada.
    apa monyet2 yang sekarang bakal berevolusi lgi,
    untuk 2000 atau mpe 200.000 taun yang akan datang.???

    Suka

  6. woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii mana gambarnya??????????????????????????????? yang lengkap donk .quw jadi penasaran nie gimana cie manusia kerdil

    Suka

  7. menurut gue,kalian tu gak ngargai penemuan sesorang,kalo gue sendiri menghargai,penemuan-2 pendahulu kita,kalo gak gitu,gimana kta bsa tau ada manusia purba ato gak!!!!ya!!1mungkin penemuanxa cman sgt kli,ya gak sah di protes,emang nya lho-lho pade apa bisa kayak pendahulu kita,ka gak!!!

    Suka

  8. AsS,mkSh yC tAz iNFoX DgN InFo niE Mg bS NaMbaH ILMu,

    maNuSia puRbA thu ne”K MoYaNg qT V pA NaBi aDaM ThU TrmSk mANuSia puRbA………?

    Tlg duNk diJwB CoZ q pNsRn bgT NiE?

    MkSh,waSsaLaM. . . . .

    Suka

  9. aduuuuhhhh

    lupa ney……..

    aku buka ney cozz lagi xriiiiii

    tugasx ade ade kelas di SMATER HIGH SCHOOL IN MOF

    KAn kta anak mof

    uuuuuuuuuheheheheeeeeeeee

    Suka

  10. me cwweeeeeeeeeneng buangeeeet ma pelajaran sejarahh….
    ech gw pnya teka teki niiieeh
    np klo guru sejarah botaknya di belakang vvv np klo propesor botaknya di depan..????????????
    ayo np??????
    jwbannya,,,,,!!!!!!!!!!!
    karena klo guru sejarah mikirnya masa lampau ‘n klo propesor mikirnya masa depan……….
    gt,,,,
    he.he………….he

    Suka

  11. wah…..
    bagus bngt nh… bwt prests gw jd….
    naek…d”tambhn lg yahhhhhhh
    byr tambh komplit and gw sh pngnnya nyari manusia prba yang da d:wajak….aTP “s OKE bgus bngt k”

    Suka

  12. waduh manusia purbanya kok mirip loe ceh,

    sekarang enak kalau ada tugas nyari gambar manusia purba, alternatifnya udah canggih abis……..iiiiiiiiiii……….ssssssssssssss

    betul gak, semua tugas pasti slesai.

    Suka

  13. bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss kokkkkkkkkkkkkkk, tapi kasih gambar lebih banyak lai biar tugasQ slesai…………………………

    Suka

  14. info’na Leeeeenggggkaaaaap……………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    iza bntu kta ngrjain tgasssssssssss……………………………………………..

    Suka

  15. ihhhhh….
    saiiia cri” mnusia prba bwd tgas jranx yg da gmbr’a..
    plinx jg cm bbrapa…
    tmbhin dund gmbr”a..
    jgn cm da gmbr’a duank tp gk da pnjlasn’a..
    n kl da pnjlasan’a sxan dund ama gmbar’a.

    Suka

  16. whuoooooooooYyyyyy………,,,,,

    meNuRuT GuE…..,,, komeNtAR tenTaNG FoSiL ManujsiA PuRBa di AtAs NTu…….,, ;; VeRy Good.

    ThanK’S # B a m S #

    Suka

  17. aLahhhhhhhhhhhh……..
    bisa’x cuma ngejek karya oang laen……….
    padahal diri’x sndri gak bisa apa2………..
    dasar TONG KOSONG NYARING BUNYINYA………..

    Suka

  18. segala sesuatu yang tersembunyi akan di tampakan dan segala sesuatu yg terkubur akan di gali atau di perlihatkan kembali.bagaimana dengan kalian jika nanti dihadapkan kepada Allah swt(tuhan semesta alam) ketika segala sesuatu keburukan yg telah kalian lakukan di perlihatkan? Tobat adalah suatu jalan satu2mya.sebelum hari itu datang

    Suka

  19. sbgi seorang mahasiswa harus bersifat arif.jadikannlah artikel itu sebagai insfirasi kalian.agar kalian dapat berbuat yg lebih bagus lagi.kebanyakan suara tong itu nyaring bunyinya tetapi kosong isinya.ibarat suara keledai seburuk2nya suara.saya acungi jempol untuk org yg telah membuat kliping itu,ingat tanpa kritik anda takan berhasil

    Suka

  20. foto manisia purba yang ada di gua liang bua flores manggarai ( ntt) adalah: fosil manusia purba kecil yang terbukti adanya, dan tak tak terbantahkan, oleh karena itu bukanlah merupahkan sesuatu hal yang diperdebatkan oleh para arkeologi dunia.

    Suka

  21. Aku sarankan kepada para arkeologi dunia, agar berupaya meneliti fosil manusia purba yang berada di gua liang bua, karna masih banyak
    artefak yang dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa digali, dan sampai sekarang kami semua masih menanti jawaban agar terjawap fosil apakah itu?

    Suka

  22. bagus………………….. SARAN,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, supaya anak2 di Indonesia tambah pintar2diperbanyaklagi ya……………….. fosil2nya

    Suka

  23. pada bego2 amat anak sekolah jaman sekarang???Mau gambar banyak???BELI ENSIKLOPEDI MODAL DIKIT tolol!!!tugas” lo sendiri ngapaen minta cari2in orang?dibacotin pula,tanya aja ma tukang somay…dah cuman browsing (gratisan hotspot) masih ngoceh macem”…lagian mau bagus mw jelek ini blog urusanmu apa??kalian majikanya???ya moga2 aja lu mampu lulus sekolah..biar bacotlu lebih intelek

    Suka

  24. secara pengetahuan saya manusia purba itu memang mirip dengan cara manusia mukanya sama dan keningnya menonjol kedepan itulah sepengetahuan saya.

    Suka

    1. secara gitu lho bagus sssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

      Suka

  25. gambarnya yang banyak donk,,,
    masa’ beritanya banyak gambarnya cm satu ajaaaaaaaa……
    tambahin lagi yaaaaa
    pake fotoku juga gpp:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s