Mendiknas: Semua Sekolah Perlu Perhatian Pemerintah


BANTUL–Menteri Pendidikan Nasional Mohamad Nuh menegaskan semua sekolah akan memperoleh perhatian pemerintah, dan tidak ada niat sedikit pun untuk membeda-bedakan. “Pemerintah tidak ingin membeda-bedakan dalam memberikan perhatian kepada sekolah, semuanya akan diperhatikan, dan tidak ada diskriminasi,” katanya ketika mengunjungi Sekolah luar biasa (SLB) Negeri 4 Yogyakarta di Jalan Imogiri Barat, Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu.

Ia mengatakan apabila sekolah internasional sering dikunjungi pejabat misalnya, sedangkan SLB jarang mendapat kunjungan, maka mulai 2010 pihaknya akan mengajak para pejabat untuk mengunjungi SLB, termasuk SLB Negeri 4 Yogyakarta. Mendiknas mengatakan pihaknya punya komitmen untuk tidak membeda-bedakan sekolah, apa pun jenisnya, dan di mana pun sekolah itu berada akan memperoleh perhatian dari pemerintah.

Untuk itu, dirinya akan berkeliling ke berbagai sekolah untuk mengetahui kondisinya dan bagaimana perkembangannya. “Kita perlu tahu apa saja yang harus didorong bagi perkembangan sekolah dan kemajuan anak didik,” katanya.

Sehingga, kata dia, dengan memberikan dorongan motivasi serta semangat, segala keterbatasan yang dimiliki sekolah maupun siswa tidak akan menjadi penghambat mereka untuk mengekpresikan potensi, talenta, dan kemampuannya.
Menteri berharap melalui pendidikan ini akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri di kalangan anak didik dan orang tuanya, sehingga nantinya memberikan kemanfaatan bagi anak itu sendiri dan keluarganya.

Pada kunjungan kerjanya ke SLB Negeri 4 Yogyakarta, Mohamad Nuh menanyakan kepada kepala sekolah dan para guru apakah masih ada yang belum berstatus pegawai negeri sipil (PNS).  “Kami bangga semua guru di sini sudah menjadi PNS, bahkan ada yang pensiun sebagai PNS. Kami salut terhadap pengabdian para guru di sekolah ini,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. “Penghargaan ini untuk mendorong agar terus meningkatkan kemampuan dan prestasi bagi kemajuan sekolah dan siswa,” katanya.

Mendiknas pada kesempatan itu berjanji segera menindaklanjuti apa saja yang masih dibutuhkan sekolah, dan untuk realisasinya akan dimasukkan dalam anggaran 2010. Menteri dalam kunjungannya ke SLB Negeri 4 Yogyakarta berkesempatan melihat hasil karya para siswa dan guru, di antaranya berupa rangkaian bunga, lukisan, barang kerajinan kayu, serta alat peraga sekolah.

Republika, 25 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s