AMINEF Tingkatkan Layanan Konsultasi Pendidikan AS


JAKARTA–Lembaga pengelola beasiswa AS di Indonesia, AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation), meningkatkan layanan konsultasi pendidikan di AS (EducationUSA) bagi pelajar Indonesia melalui inisiatif yang disebut ‘Tentukan Masa Depanmu’.

Dalam siaran pers yang diterima Republika, Jumat (13/11), AMINEF akan melipatgandakan jumlah pelajar Indonesia di AS dalam kurun lima tahun. Saat ini terdapat hampir 7.700 pelajar Indonesia di AS.

‘’Saya sangat mendukung inisiatif yang dapat mendorong pelajar Indonesia untuk studi di Amerika Serikat. Mereka harus mampu mengendalikan masa depan dan kami dapat membantu mewujudkannya,’’ kata Duta Besar AS untuk Indonesia, Cameron Hume, dalam konferensi pers, Jumat (13/11), seperti dikutip siaran pers.

Inisiatif ’Tentukan Masa Depanmu’, lanjut siaran pers tersebut, diharapkan membuka peluang bagi masyarakat untuk melakukan konsultasi dengan para penasihat pendidikan.

EducationUSA adalah pusat penasihat pendidikan yang beroperasi dengan dukungan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia, EducationUSA memberi layanan konsultasi secara cuma-cuma di seluruh Indonesia untuk siswa internasional demi mencapai tujuan belajar di AS

Guna mewujudkan target melipatgandakan jumlah pelajar Indonesia di AS, EducationUSA menambah penasehat profesional dan mengerahkan mereka ke lokasi -lokasi di seluruh Indonesia dengan pusat layanan konsultasi mobile berupa pameran-pameran.

Para pengunjung pameran dapat memperoleh bimbingan langsung mengenai kiat-kiat terbaik dalam memilih perguruan tinggi, mendaftarkan mata kuliah, mengevaluasi kebutuhan finansial, mengajukan permohonan visa, serta aspek-aspek lain terkait studi di AS.

Selain itu, situs baru di http://www.educationUSA.or.id telah disiapkan untuk memberikan informasi tentang universitas dan progam kuliah. Situs ini memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk berinteraksi langsung dengan penasehat atau pelajar Indonesia lainnya yang berada di AS melalui situs jejaring internet termasuk Facebook dan Twitter. ant/itz

Inisiatif ‘Tentukan Masa Depanmu’ merupakan tindak lanjut dari menurunnya jumlah pelajar Indonesia di AS akibat krisis keuangan Asia tahun 1998 dan serangan 11 September 2001. Jumlah pelajar Indonesia di AS mencapai titik kulminasi, yakni 13.456, pada 1996/1997. Namun, angka tersebut berkurang secara drastis.

Republika, 13 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s