Depdiknas Siapkan Beasiswa 20 Ribu Lulusan SLTA


Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menyiapkan program beasiswa pendidikan ke perguruan tinggi bagi lulusan Sekolah Lanjutan Atas (SLTA), tahun akademik 2010-2011, untuk mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh.

Menteri Pendidikan Nasional dalam rapat kerja dengan Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Jakarta, Rabu (2/12), mengatakan, program beasiswa itu merupakan program seratus hari kerja Depdiknas.

Dirinya menyatakan, beasiswa ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat kurang mampu agar mereka bisa memasuki jenjang pendidikan tinggi.

Dengan beasiswa itu, kata dia, diharapkan mereka dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan sekaligus memperoleh lapangan kerja dan atau menciptakan lapangan kerja.

“Beasiswa sebesar Rp10 juta per tahun bukan hanya untuk biaya kuliah, namun juga biaya hidup selama menjalani pendidikan sampai selesai,” kata dia.

Dia mengatakan, program beasiswa Depdiknas bukan hanya di jenjang pendidikan tinggi, namun juga di SD, SMP dan SMA. Menurut dia, pada jenjang SD akan diberikan beasiswa kepada 1,8 juta siswa dengan anggaran Rp677,26 miliar.

Beasiswa jenjang SMP untuk 751.193 siswa dengan anggaran Rp431,16 miliar. Sedangkan beasiswa untuk 248.124 siswa SMA dengan anggaran Rp193,54 milyar dan sebanyak 3055.535 siswa SMK dianggarkan sebanyak Rp251,48 milyar.

Republika, 02 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s