Menko Kesra: UN Diperbaiki Bertahap


NGANJUK–Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan Ujian Nasional (UN) akan tetap dilaksanakan. Meski demikian, dia mengatakan akan dilakukan perbaikan secara bertahap.

Perubahan, kata dia, akan dilakukan pascaturunnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi yang diajukan pemerintah terkait UN. Dalam putusannya, MA antara lain memerintahkan peningkatan kualitas pendidikan dan guru, tidak menjadikan UN sebagai satu-satunya penentu kelulusan peserta didik, dan lain-lain.

“Ujian Nasional tetap perlu untuk mengontrol kualitas pendidikan. Dengan catatan, tuntutan dari masyarakat juga didengarkan,” kata Agung dalam kunjungan kerjanya di Nganjuk, Jawa Timur, Ahad (6/12). Agung mengatakan, Menteri Pendidikan Nasional, Moh Nuh, telah menyatakan akan tunduk pada putusan MA. “Itu dilakukan untuk melakukan memperbaiki kualitas UN,” katanya.

Sebelumnya, Mendiknas mengatakan akan tetap menggelar UN 2010 yang penyelenggaraannya dimajukan menjadi Maret. Dia mengatakan MA tidak melarang penyelenggaraan UN. Tapi, dia juga mengatakan akan tetap mengajukan kasasi atas putusan MA. Dalam program 100 hari Kementerian Koordinator Bidang Kesra dinyatakan secara eksplisit bahwa ujian akhir nasional merupakan salah satu alat kontrol kualitas pendidikan.

Dalam masalah pendidikan, saat ini masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang belum selesai. Wajib belajar sembilan tahun yang berakhir tahun 2008, belum sepenuhnya tuntas. Masih ada 11 provinsi dan 167 kabupaten/kota yang wajib belajarnya belum tuntas. “Kita upayakan mekanisme penuntasan dengan menjangkau daerah terpencil dan kepulauan, serta mengontrol kualitas pendidikan dengan UN,” kata Agung.

Republika, 06 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s