Psikologi Bikin Universitas Jadi Kelas Dunia


JAKARTA–Apa saja yang membuat universitas menjadi kelas dunia? Ternyata bukan sebatas fasilitas infrastruktur dan kurikulum yang kelas wahid. Psikologi juga dibutuhkan dalam menjadikan suatu perguruan tinggi bertengger di kelas dunia.

Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul “Peran Psikologi dalam Mengembangkan Universitas Kelas Dunia”, pada Rabu (28/10) di Balai Sidang UI Kampus Depok, Guru Besar UI, Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.si, menyebutkan psikologi memiliki peran yang penting dalam membantu perguruan tinggi.

Untuk itu, ujar Ali, konsep psikologi Perguruan Tinggi perlu diperkenalkan karena menerapkan psikologi kognitif, psikologi belajar, psikometri dan psikologi industri dan organisasi dalam pengelolaan sumber daya manusia dan tingkah laku keorganisasian dalam perguruan tinggi.

“Perguruan Tinggi perlu mengenali berbagai keunggulan yang dimilikinya,”tutur Ali dalam siaran persnya. Selain itu, ungkap Ali, Universitas perlu menyusun rencana strategis sesuai dengan visi dan misi perguruan tinggi khas Indonesia. Seorang pimpinan perguruan tinggi harus memiliki komitmen tinggi terhadap perguruan tinggi, kualitas kepemimpinan global, dan ketrampilan manajerial yang baik.

Selain itu, ungkap Ali, perguruan tinggi harus melakukan seleksi calon dosen dengan metoda tepat. Agar dapat memenuhi kriteria dosen kelas dunia, yaitu memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, tingkat trait keperibadian kebaikan hati, terbuka pada pengalaman dan kesadaran diri yang tinggi serta keinginan dan semangat untuk melakukan penelitian.

Republika, 29 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s