Puluhan Siswa Terpaksa Belajar di Kolong Rumah


Puluhan siswa Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah yang terletak di Desa Tenggelang, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), terpaksa belajar di kolong rumah warga. Menurut Kepala Sekolah MA Al-Hikmah, Irfan, di Polman, Ahad, jumlah siswa yang terpaksa mengikuti proses belajar mengajar di kolong rumah mencapai 25 orang. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarana berupa kelas belum dibangun sejak sekolah tersebut berdiri.

Ia menuturkan, situasi ini mengakibatkan proses belajar mengajar yang ada di daerah tersebut menjadi tidak maksimal. “Kami sudah mengajukan permohonan pembangunan gedung sekolah kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Agama (Depag) Sulbar sejak lama,” ungkapnya. Ia mengaku, dari hasil koordinasi terakhir dengan Kanwil Depag Sulbar, akan dilakukan survey di lokasi sekolah. Irfan menjelaskan, bahwa sekolah tersebut pada dasarnya didirikan atas inisiatif warga yang ada di sekitar, mengingat tidak ada sekolah sederajat Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah tersebut.

“Tanah yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan sekolah adalah hibah dari masyarakat sekitar,” tuturnya. Luas tanah yang disediakan oleh warag pun cukup untuk mendirikan sebanyak tiga Ruang Kegiatan Belajar (RKB). “Untuk tahap awal, tiga RKB cukup untuk menjadi tempat para siswa mengikuti proses belajar mengajar,” imbuhnya. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar pembangunan kelas sudah bisa dilaksanakan pada bulan ini, dan pada awal tahun sudah bisa digunakan oleh siswa.

Republika, 15 November 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Puluhan Siswa Terpaksa Belajar di Kolong Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s