RS Pendidikan Unair Beroperasi 2010


SURABAYA–Rumah Sakit (RS) Pendidikan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, yang dibangun dengan dana Rp550 miliar itu akan beroperasi mulai pertengahan 2010. “Alhamdulillah, pembangunan fisiknya sudah selesai dan tinggal pembenahan bagian dalam dan peralatannya,” kata Rektor Unair Surabaya, Prof.Dr.H. Fasich Apt, di Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu di sela-sela penyelesaian bangunan fisik terakhir di halaman Rektorat Unair yang dihadiri Ketua Harian Senat Unair Prof Sam Soeharto. Menurut rektor, terselesaikannya bangunan fisik, berarti penyelesaian RS Pendidikan pertama kalinya di Indonesia itu sudah 60 persen.

“60 persen itu menghabiskan dana sekitar Rp312 miliar, sedangkan sisanya akan digunakan melengkapi sarana layanan dasar dan peralatan untuk RS Pendidikan,” katanya.

Dalam waktu yang sama, ia meminta fakultas terkait seperti kedokteran, farmasi, psikologi, dan sebagainya untuk menyiapkan manajemen pelayanan dalam RS Pendidikan itu.

Senada dengan itu, Ketua Harian Senat Unair Prof Sam Soeharto menilai kesiapan fisik dan nonfisik akan meningkatkan kepercayaan pemerintah dan masyarakat kepada Unair. “Unair sudah dipercaya dalam merancang ‘seed vaccine’ H1N1 dengan dana Rp200 miliar dari nilai total penelitian dan produksi massal vaksin H1N1 sebesar Rp1,3 triliun,” katanya.

Apalagi, katanya, pemerintah sekarang juga memercayai Unair untuk membangun Rumah Sakit Infeksi dengan dana sebesar Rp400 miliar. “Jadi, Unair sudah dipercaya pemerintah dengan dana lebih dari Rp1 triliun untuk RS Pendidikan, RS Infeksi, dan seed vaccine H1N1 dan H5N1, karena itu perlu kebersamaan semua pihak,” ujarnya.

Republika, 19 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s