UN Banyak Hadirkan Kecurangan Terorganisir


Pemerintah diharapkan tak melanjutkan rencananya untuk tetap melaksanakan Ujian Nasional. Ketua Hubungan Luar Negeri Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Machendra menyatakan, selama ini UN menghadirkan kecurangan yang terorganisir oleh sekolah.

Menurut Machhendra, sejak awal IPM di berbagai wilayah di Indonesia telah melakukan pendampingan terhadap beberapa sekolah yang melakukan Ujian Nasional. “Hasil dari pengamatan tersebut, hampir seluruh sekolah tersebut menghadapi permasalahan yang cukup serius,” katanya, Jumat (4/12).

Permasalahan yang paling banyak terjadi menurut Machendra adalah, nilai hasil ujian yang tidak mencukupi syarat kelulusan di-mark up. Hal ini dilakukan untuk menjaga citra kualitas sekolah. Selama ini citra tersebut kerap diukur dari seberapa banyak siswa yang lulus dari sekolah itu.

Ruang kreativitas yang terbatasi juga menjadi evaluasi besar bagi dilaksanakannya UN. “Selama ini UN hanya menjadi momok bagi para siswa,” ujarnya. Siswa hanya fokus terhadap mata pelajaran yang di ujiankan. Sedangkan mata pelajaran lain yang bersifat pengembangan diri, peningkatan kreativitas, dan aktivitas sosial, terabaikan. “Siswa hanya menjadi robot-robot kecil yang hanya peduli dengan angka, tanpa membuka cakrawala sosialnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah menurut Machendra, harus menghentikan UN dan melakukan pengkajian yang dalam mengenai format kelulusan baru bagi para siswa sekolah. Namun Machendra mengungkapkan, seandainya UN dipaksakan untuk dilaksanakan, diharapkan ajang tersebut tidak menjadi syarat penentu kelulusan.

Republika, 04 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s