5 Menit untuk Ketahui Risiko Kanker Paru


Rangkaian pertanyaan sederhana nyatanya dapat mengindentifikasi orang yang memiliki risiko tinggi kanker paru-paru. Demikian dinyatakan sebuah penelitian.

Studi yang dilakukan sejak tahun 2001 dengan 1.000 partisipan di Colorado awalnya mencaritahu perawatan utama untuk kesehatan secara umum. Partisipan diberikan pertanyaan yang dapat dijawab dalam waktu lima menit yang terdiri mengenai faktor risiko kanker paru termasuk kebiasaan merokok, sejarah keluarga, paparan zat kimia dan lingkungan kerja.

Berdasarkan jawaban yang didapat, sebanyak 430 pastisipan dinilai memiliki risiko tinggi kanker paru. Sekitar 126 partisipan kemudian diminta untuk menjalani tes pernafasan non-infasif yang disebut spirometry.

Diantara pasien itu ditemukan terjadi gangguan saluran pernafasan, kemudian 88 partisipan diharuskan untuk menjalani skrining kanker paru-paru secara menyeluruh.

Lima tahun kemudian, dilaporkan kanker paru-paru dikonfirmasi pada delapan pasien dengan gangguan pernafasan dan 10 pasien tanpa gangguan pernafasan.

“Dibuat dengan sederhana, inisiatif kami mendapat respon dari masyarakat luas termasuk dari para ahli kesehatan, pasien dan rumah sakit,” ujar pemimpin penelitian, Dr Thomas Petty dalam sebuah rilis dari International Association for the Study of Lung Cancer.

“Dengan menyediakan panduan berupa pertanyaan yang tepat dari dokter pada pasien secara langsung, kita bisa mulai mengidentifikasi risiko tersebut,” tuturnya.

Republika, 03 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s