Faktor Genetik, Pemicu Rambut Beruban pada Wanita


JAKARTA–Faktor umur dan stres bukanlah penyebab utama munculnya uban pada rambut perempuan, justru faktor genetika yang begitu dominan memberikan sumbangsih terhadap munculnya masalah uban pada kaum hawa. Fakta itu terungkap dalam sebuah riset yang dilakukan di Denmark, baru-baru ini.

Riset yang melibatkan 200 pasangan kembar identik dan non-identik itu ditemukan fakta bahwa sekalipun pasangan kembar memiliki gen yang sama tetap terjadi perbedaan besar terkait persoalan rambut beruban. Perbedaan itu terjadi tidak hanya pada kembar identik tapi juga kembar non-identik.

“Riset ini menawarkan hal mendalam terkait alasan utama mengapa perempuan beruban, dan riset ini juga meyakini faktor lingkungan tidak memiliki peran penting seperti yang diyakini sebelumnya,” tegas Ketua Tim Riset, David Gunn seperti dilansir dari HealthDay, Kamis (3/12).

Dia berpendapat, riset juga menemukan adanya kesalahan pemahaman terkait masalah stres yang masih diyakini sebagian besar masyarakat sebagai penyebab rambut perempuan beruban. Padahal terdapat alasan yang lebih kuat.

Selain masalah rambut beruban, riset juga menemukan fakta dimana gen juga andil terhadap masalah mundurnya rambut atau pola kebotakan yang menyerupai huruf M.

Berbeda dengan pria, yang lebih menerima kondisi rambut beruban lantaran faktor matang dan nyaman, kaum hawa cenderung merasa “risih” dengan uban dirambutnya. Pasalnya, sebagian besar perempuan percaya rambut adalah mahkota kecantikan yang harus dijaga dan dirawat.

Republika, 03 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s