Singkap Jurus Sehat Sampai Tua


Secara umum, penurunan kebugaran tubuh secara umum akan akan terjadi setelah usia 45 tahun. Demikian diungkap sebuah penelitian, seperti dilansir Healthday, Senin (25/10). Namun, hal itu dapat dicegah dengan tetap menjaga berat badan ideal, berolahraga dan menghindari rokok.

Hasil penelitian yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine itu memang tidak mengejutkan, lantaran telah banyak penelitian lain yang menyimpulkan hasil yang hampir serupa.

Namun, penelitian terbaru itu mengungkap beberapa implikasi yang lebih luas termasuk memberikan peningkatan jumlah dari orang lanjut usia di Amerika Serikat serta semakin meledaknya jumlah orang yang terlalu banyak duduk, kelebihan berat badan serta penuaan.

Subjek penelitian itu termasuk 3.429 wanita dan 16.889 pria mulai usia 20-96 tahun yang telah mengikuti 33 tes kesehatan dengan konsultasi gaya hidup antara tahun 1974-2006.

Pengurangan kemampuan saluran pernafasan memang tidak tampak segera. Namun, setelah usia melebihi 45 tahun, maka penurunan kemampuan pernafasan semakin memburuk terutama jika berat badan berlebih, merokok dan jarang berolahraga.

“Sebagaimana yang diketahui, seiring dengan pertambahan usia maka ketahanan tubuh akan menurun. Hasil dari penelitian olah fisik fisiologis hal itu merupakan hubungan yang seiring. Ketika tubuh tidak bekerja benar, maka penurunan ketahanan fisik akan lebih cepat. Hal tersebut berlaku untuk pria dan wanita, meskipun penurunan itu lebih cepat terjadi pada pria dibanding wanita,” jelas Pemimpin studi sekaligus Profesor dari University of Houston, Andrew Jackson.

Menjaga kesehatan fisik, dapat membuat seseorang tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya.

“Jika Anda kelebihan berat badan, tidak aktif dan merokok maka ketahanan tubuh bisa lebih rendah pada usia Anda sebenarnya dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal, aktif dan menghindari rokok,” tutur Jackson.

Dia menambahkan, data menunjukkan, manfaat yang dapat diperoleh dari gaya hidup sehat terasa ketika usia 30-an dan 40-an. Bahkan, jika gaya hidup sehat itu dipertahankan, bisa jadi ketahanan fisik seseorang akan semakin meningkat meskipun pada saat usianya bertambah.

“Hal itu dapat menunda terjadinya masalah kesehatan. Jika seseorang yang mengalami berat badan berlebih, tidak aktif dan merokok, maka kemungkinan akan segera menghadapi masalah kesehatan pada usia 50- an dan 60-an. Namun, orang yagn bergaya hidup sehat, kemungkinan baru akan mengalami masalah kesehatan pada usia 70-an, 80-an dan kemungkinan pada usia 90-an.

“Anda harus berolahgara. Hal itu menjagai fakta yang tidak bisa dibantah. Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda akan segera merasakan dampaknya. Anda akan sakit segera,” ujar Dr. Suzanne Steinbaum, Direktur penyakit jantung dan wanita di Lenox Hill Hospital serta juru bicara American Heart Association.

“Olahraga merupakan salah satu pengobatan paling ampuh,” tegasnya.

Republika, 27 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s