Anak Mengorok Tanda Depresi?


Anak usia tiga hingga enam tahun yang mengorok ketika tidur cenderung mengalami depresi atau ketegangan, serta gangguan pemusatan perhatian serta bahasa, jika dibandingkan anak seusianya yang tidak mengorok. Demikian menurut sebuah penelitian, belum lama ini.

Dr Eeva T. Aronen, Peneliti dari Helsinki University Central Hospital mengatakan, studi yang dilakukannya mengungkap, mengorok sebagai salah satu faktor risiko untuk masalah suasana hati dan melemahnya kemampuan kognitif pada anak-anak usia pra-sekolah.

Diantara 43 anak prasekolah yang mengorok sedikitnya satu hingga dua kali per minggu, menurut orangtua mereka dibandingkan dengan 46 anak yang tidak mengorok, tim peneliti menemukan perbedaan yang signifikan terhadap masalah mood atau suasana hati terutama ketegangan dan depresi dari anak yang mengorok.

“Secara keseluruhan, 22 persen dari anak yang mengorok mengalami gejala penyakit yang cukup serius untuk dilakukan pemeriksaan klinis,” ujar Aronen.

Dia menambahkan, hal itu sangat mengejutkan sekaligus diluar dugaan. Berbagai masalah prilaku seperti agresif dan hiperaktif justru tidak terlalu banyak ditemukan dari anak usia prasekolah yang mengorok.

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh tim peneliti dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics dikatakan, anak-anak yang mengorok juga cenderung memiliki masalah saat tidur seperti sering mimpi buruk, berbicara selagi tidur dan kesulitan untuk cepat tidur.

Tes fungsi otak juga menunjukkan perbedaan yang menyolok antara anak yang mengorok dan yang tidak mengorok, termasuk penurunan pemusatan perhatian dan kemampuan bahasa anak yang mengorok.

Mengorok merupakan gejala umum dari kelainan bernafas saat tidur yang disebabkan gangguan dari sirkulasi udara pada saluran pernafasan. Tim peneliti menuturkan, dengan mengetahui kondisi mental dan dampaknya terhadap proses tumbuh kembang pada anak prasekolah, dapat membantu dokter anak dan ahli lain untuk mencari tahu masalah sebenarnya dibalik kebiasaan mengorok tersebut.

Republika, 16 April 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s