Asam Lemak Omega-3 Jaga Fungsi Mata


NEW YORK— Pola makan dengan kandungan kaya asam lemak omega-3 diyakini dapat memperlambat penuaan fungsi makula atau bintik yang merupakan bagian penting agar mata berfungsi optimal. Seringkali disebut dengan Age-related macular degeneration (AMD). Demikian diungkap sebuah penelitian yang dilaporkan pada British Journal of Ophthalmology.

Degenerasi makula berkaitan dengan bertambahnya usia adalah kelainan pada mata yang mempengaruhi makular yaitu bagian dari retina yang berfungsi untuk mengatur pusat pandangan. Terutama kondisi itu sering terjadi pada , terutama pada pasien dengan usia lebih dari 60 tahun.

Temuan ini berdasarkan pada data analisis dari 2924 pasien yang diperiksa matanya di Age-Related Eye Disease Study (AREDS) dan secara acak diberikan salah satu dari empat macam diet supplement yaitu placebo, antioksidan, zinc, atau antioksidan plus zinc. Selain mengkonsumsi suplemen makanan secara teratur pasien juga diberikan kuisioner pada awal penelitian sebagai bagian dari rengakaian penelitian AREDS.

Menurut salah seorang peneliti, Dr CJ. Chiu dari Tufts University, Boston, para partisipan juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum dan  pemeriksaan fisik ophthalmologic. Terungkap, suplemen apapun yang diberikan, dengan jumlah asam lemak omega tinggi dapat  menurunkan risiko meningkatnya degenerasi makula.

Selain itu, diet rendah gula juga menyumbang 24% menurunkan resiko degenerasi makula. “Study baru menguatkan gagasan bahwa pola diet seperti ini dan, jika perlu, pemberian suplemen dapat dioptimalkan untuk pencegahan degenerasi makula akut,” para peneliti menyimpulkan.

Republika, 11 Juni 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s