Deteksi Dini Kanker Selamatkan Jiwa


Kesadaran masyarakat terhadap deteksi dini kanker terutama di kota besar relatif meningkat. Menurut Kepala Unit Layanan Rujukan RS Dharmais Dr Rismawaty Amiruddin diharapkan masyarakat semakin peduli terhadap deteksi dini kanker, karena mayoritas kanker dapat disembuhkan jika diketahui sejak dini.

Sayangnya jumlah penderita kanker tetap naik setiap tahunnya dan sebanyak 80 persen diantaranya diketahui ditemukan dalam stadium lanjut. Sehingga, tingkat kesembuhan pun menjadi relatif rendah.

“Terutama jika sudah ada gejala-gejala awal kanker dan kita masuk dalam kelompok orang dengan risiko tinggi, karena diet yang salah, faktor genetis dan sebagainya,” ujarnya dalam Penyuluhan Kanker Untuk Masyarakat Awam di Jakarta, Selasa (13/10). Padahal pengalaman RS Dharmais sebagai rumah sakit pusat rujukan kanker nasional menunjukkan jika kanker dapat dideteksi dini dan diberikan pengobatan yang tepat, rasio kesembuhan mencapai 70 persen.

Untuk kanker payudara, deteksi dini dapat dilakukan dengan cara Sadari atau periksa payudara sendiri. Namun untuk jenis kanker lainnya deteksi dini dilakukan dengan memeriksakan diri ke rumah sakit.

Gejala lain yang peru diwaspadai diantaranya, adanya bejolan di tempat tidak semestinya dan tidak sembuh-sembuh, suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh, tahi lalat yang berubah, darah/lendir yang abnormal, luka koreng yang tak kunjung sembuh serta buang air besar/kecil yang abnormal.

“Kanker bukan penyakit menular, dan beberapa memang terkait dengan genetis, seperti kanker payudara, kanker ovarium dan usus besar,” tutur Dr Risma. Ia kembali menekankan pentingnya diet sehat dengan memperbanyak makanan berserat, mengurangi makanan yang diawetkan dan berlemak serta membatasi minuman beralkohol.

Republika, 13 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s