Olahraga Perpanjang Usia Pasien Ginjal


Berolahraga tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga memperpanjang usia harapan hidup terutama untuk para penderita penyakit ginjal. Demikian diungkap oleh sebuah penelitian seperti dilansir Healthday, Kamis (8/10).

Banyak pasien yang mengalami penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD) meninggal lebih awal. Namun, seringkali penyebab kematian itu tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, menurut informasi dari penelitian tersebut.

Para peneliti menganalisa data yang dikumpulkan dari 15.368 partisipan dari US National Health and Nutrition Examination Survey III. Dari seluruh pastisipan, sekitar 5,9 persen mengalami penyakit CKD. Berdasarkan aktivitas fisik yang dihitung berdasarkan frekuensi dan intensivitas, para partisipan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu tidak aktif, sesekali aktif dan aktif.

Studi kemudian menemukan, sekitar 28 persen dari pasien CKD yang tidak aktif dibandingkan dengan 13,5 persen partisipan tanpa CKD. Partisipan aktif dan sesekali aktif sekitar 56 persen dan 42 persen lebih lama hidup dibandingkan dengan pasien CKD tidak aktif. Manfaat yang sama juga diperoleh oleh partisipan tanpa CKD.

“Data tersebut menyarankan, kenaikan aktivitas fisik kemungkinan meningkatkan usia harapan hidup untuk penderita CKD. Hal itu sangat penting terutama untuk pasien tingkat III CKD yang biasanya meninggal sebelum mereka mencapai tingkat akhir dari penyakit tersebut,” ujar Dr. Srinivasan Beddhu dari Salt Lake City Veterans Administration Healthcare System and University of Utah, Amerika Serikat.

Republika, 09 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s