Soal Century, BPK Panggil Tiga Lembaga Hukum


JAKARTA-Badan Pemeriksa Keuangan segera menyerahkan audit dan penjelasan teknis terkait kasus Bank Century kepada kepolisian, kejaksaan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin depan (14/12).

“Tidak ada tambahan, sama dengan yang diserahkan ke DPR,” jelas anggota BPK Taufiequrrachman Ruki, di Gedung KPK, Rabu (9/12).

Setelah pertemuan itu,BPK juga bakal menindaklanjuti dengan meminta keterangan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Tapi, Ruki mengatakan, bahan pemeriksaan akan diserahkan aparat penegak hukum. Begitu pula dengan hasil temuan dan penjelasan tentang penyelidikan,BPK tak ikut campur.

“Kita hanya menjelaskan secara teknis dan secara resmi akan kita serahkan laporan itu ke aparat penegak hukum,”jelas Ruki.

BPK juga siap menunggu instruksi ketiga lembaga penegak hukum tadi jika ada permintaan untuk meengaudit ulang ataupun melengkapi keterangan hasil audit.

“Memang hasil audit sudah kita terima, tetapi secara lisan ada hal yang BPK perlu sampaikan,”jelasnya. Untuk itu,KPK akan mengirim semua anggota yang melakukan penyelidikan kasus ini untuk hadir.

Tumpak menjeaskan,pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan keterangan. Tapi,belum memanggil satu pun orang yang diduga terkait kasus bailout Bank Century.

“KPK juga sudah minta data ke PPATK dan memang PPATK masih menemukan kesulitan untuk menelusuri sejumlah rekening itu,”pungkas Tumpak.

Republika, 09 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s