Grebeg Besar Keraton Yogyakarta Tarik Perhatian Wisatawan


Upacara tradisional Grebeg Besar Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang digelar Sabtu (28/11), menarik perhatian sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang tengah berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Mereka tampak dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian proses upacara adat yang digelar berkaitan dengan Idul Adha 1430 Hijriah itu dan sesekali mengabadikannya dengan kamera foto maupun video.

Kegiatan itu juga ditonton oleh warga Yogyakarta dan daerah sekitarnya meskipun berlangsung di bawah terik matahari.

Prosesi upacara tradisional grebeg besar berupa iring-iringan empat gunungan yaitu gunungan lanang (laki-laki), wadon (perempuan), gepak maupun pawuhan itu dikeluarkan dari dalam Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat melewati Siti Hinggil, Pagelaran, Alun-Alun Utara hingga berakhir di halaman Masjid Gede, Kauman, Yogyakarta.

Gunungan yang dibuat dari bahan makanan seperti sayur-sayuran, kacang, cabai merah, telur, ubi dan beberapa pelengkap yang terbuat dari ketan dan dibentuk menyerupai gunung itu yang melambangkan kemakmuran dan kekayaan tanah Keraton Mataram.

Parade gunungan yang dipimpin Manggoloyudho (panglima perang) GBPH Yudhaningrat itu disambut dengan tembakan salvo oleh para prajurit keraton ketika keluar dari dalam keraton dan melewati Alun-alun Utara.

Iringan gunungan tersebut dikawal oleh sembilan pasukan prajurit keraton, di antaranya prajurit Wirobrojo, Ketanggung, Bugis, Daeng, Patangpuluh, Nyutro. Mereka mengenakan seragam dan atribut aneka warna dan membawa senjata tombak, keris serta senapan kuno.

Selanjutnya sejumlah gunungan dibawa ke Masjid Agung/Besar Kauman Yogyakarta, untuk diberi doa oleh penghulu keraton. Kemudian gunungan itu menjadi rebutan oleh ratusan warga yang sudah sejak pagi menunggu di halaman masjid tersebut.

Warga yang memperoleh bagian gunungan tersebut masih mempercayai bahwa sedekah Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut akan membawa berkah bagi kehidupan mereka.

Media Indonesia, 28 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s