Segara Anakan Dipenuhi Sampah


Perairan Segara Anakan di Cilacap, Jawa Tengah, pada musim hujan ini dipenuhi sampah yang terbawa aliran sungai-sungai yang bermuara di kawasan itu. Selain sampah, aliran sungai juga membawa lumpur.

Kepala Kantor Konservasi Segara Anakan (KKSA) Cilacap Supriyanto mengatakan setiap musim hujan berbagai macam sampah masuk ke Segara Anakan dan berkumpul di sekitar Plawangan Barat, sebuah perairan yang menjadi muara Sungai Citanduy dan berbatasan dengan laut lepas serta sebagian Pulau Nusakambangan.

“Sampah-sampah yang terbawa oleh aliran sungai terdiri dari kayu-kayu kering, plastik, serta sampah lainnya,” katanya, Senin (30/11).

Dampak lainnya yang ditimbulkan, ujar Supriyanto, adalah sedimen atau lumpur yang dibawa oileh sungai-sungai yang bermuara di Segara Anakan. Biasanya, pada musim hujan, lumpur banyak terbawa masuk ke Segara Anakan dan menyebabkan terjadinya sedimentasi.

“Inilah yang memunculkan masalah, karena dengan sedimentasi yang terus terjadi mengancam keberadaan Segara Anakan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, setiap tahun lumpur yang masuk ke Segara Anakan mencapai 1 juta meter kubik (m3). Dari jumlah tersebut, sebagian besar berasal dari Sungai Citanduy yang mencapai 740 ribu m3.

“Kalau hal itu terus dibiarkan, tentu akan mengancam keberadaan Segara Anakan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, Segara Anakan bakal hilang menjadi daratan,” kata Supriyanto.

Media Indonesia, 30 November 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Segara Anakan Dipenuhi Sampah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s