Taman Indonesia Dibuka di Australia


Taman Indonesia yang dilengkapi beberapa pohon khas Nusantara, sebuah rumah model Minahasa, Sulawesi Utara, serta patung Garuda dan Saraswati di Kampus Universitas Charles Darwin (CDU) resmi dibuka, Kamis (10/12).

Sekretaris II Fungsi Pensosbud Konsulat RI Darwin Arvinanto Soeriaatmadja, Jumat (11/12), mengatakan acara peresmian dan penggunaan Taman Indonesia itu dilakukan Administratur Negara Bagian Northern Territory (NT) Tom Pauling bersama Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu Primo Alui Joelianto. Rektor CDU Prof. Barney Glover, Konsul RI di Darwin Harbangan Napitupulu dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di KBRI Canberra Dr. Aris Junaidi juga ikut menyaksikan momen pembukaan taman yang proses pembangunannya memakan waktu lebih dari tiga tahun.

“Di antara para undangan adalah kalangan akademisi dan konsul kehormatan negara-negara sahabat yang ada di Darwin,” kata Arvinanto. Sekitar 150 undangan hadir dalam acara tersebut.

Ia mengatakan, patung Garuda disumbangkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Patung perunggu Saraswati merupakan sumbangan Sultan Hamengku Buwono X. “Patung dewi ilmu pengetahuan dan seni setinggi 2,5 meter ini tiba di Darwin 14 Agustus 2009 dan sudah terpasang sejak akhir Agustus,” katanya.

Taman yang dilengkapi dengan sebuah rumah model Minahasa ini merupakan taman kedua di lingkungan CDU setelah Taman Republik Rakyat China. Proses pembangunan Taman Indonesia ini sempat terkendala akibat keterbatasan dana. Di CDU yang merupakan pusat keunggulan NT ini terdapat puluhan mahasiswa Indonesia.

Medi Indonesia, 11 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s