AS dan Eropa Kerja Sama Jelajahi Planet Mars


WASHINGTON–MI: Lembaga Antarariksa Amerika Serikat (NASA) dan Lembaga Antariksa Eropa (ESA) menandatangani perjanjian untuk menggabungkan program Mars-nya masing-masing melalui Mars Exploration Joint Initiative (MEJI).

Salah satu isi perjanjian yang ditandatangani di Washington DC, kemarin itu adalah mengizinkan ilmuwan dan insinyur mereka masing-masing untuk memulai perencanaan bersama mengenai misi-misi mereka di planet merah tersebut

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh pimpinan kedua belah pihak, yakni Charles Bolden mewakili NASA dan Jean-Jacques Dordain mewakili ESA ini memiliki misi utama membawa batu dan tanah planet Mars ke bumi untuk diteliti di laboratorium.

Untuk mencapai misi tersebut, kerja sama keduanya akan dimulai dengan melakukan pengorbitan Mars pada tahun 2016 yang akan dipimpin oleh pihak Eropa. Selanjutnya, pada tahun 2018 keduanya direncanakan akan sudah memulai penjelajahan permukaan Mars hingga membangun jaringan pendarat di planet tersebut.

Baik NASA maupun ESA menganggap bahwa dengan bekerja sama dan menggabungkan keahliannya masing-masing, mereka akan mendapat hasil yang jauh lebih baik lagi.

Kerja sama tersebut juga diyakini memberikan jalan keluar terhadap program Mars mereka masing-masing yang selama ini mengalami kendala finansial yang berujung pada tidak menentunya jadwal eksplorasi planet tersebut. (*/OL-02)

Media Indonesia, 10 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s