Hujan Meteor Perseids Bisa Dilihat dari Bandung


Hujan meteor Perseids bisa dilihat di langit Kota Bandung dengan mata telanjang dan bahkan juga dapat direkam dengan jenis kamera digital.

\”Walaupun puncak hujan meteor Perseids sudah terlewati, hingga saat ini sisa-sisa hujan meteor tersebut masih bisa tampak terlihat dari kota Bandung,\” kata Kepala Observatorium Boscha di Lembang, Taufik Hidayat, Jumat (14/8).

Arah koordinat dari hujan meteor Perseids bisa disaksikan dengan cara melihat ke arah langit bagian utara dengan ketinggian 30 derajat.

Bila wilayah udara Kota Bandung diselimuti awan, bisa saja hujan meteor Perseids menjadi tidak terlihat. Namun kalau keadaan malam di Bandung cerah dan tidak terganggu polusi cahaya, pemandangan alam tersebut bisa dinikmati.

Selain menyarankan melihat hal tersebut disaat langit sedang cerah, warga yang ingin melihat hujan meteor ini juga berada di lokasi yang lebih tinggi.

Disinggung saat puncak hujan meteor Perseids, menurut Taufik, saat puncaknya ada sebanyak 10 meteor yang bisa terlihat dan saat ini hanya bisa terlihat antara dua hingga tiga meteor per jam.

\”Saya pun melewatkan puncak hujan meteor Perseids ini dengan kasat mata, karena jika menggunakan telescope menjadikan pandangan terhadap meteor sedikit terbatas karena kecepatannya,\” katanya.

Hujan meteor Perseids merupakan fenomena tahunan yang bisa dilihat di berbagai belahan dunia. Dari ratusan kota yang memiliki pemandangan jelas, hujan meteor tersebut juga bisa dinikmati di Kota Bandung.

Walaupun puncak hujan meteor Perseids pada Senin (10/8), dipastikan warga Kota Bandung masih dapat menikmati puing-puing hujan meteor tersebut.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, masyarakat di beberapa daerah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam berupa hujan meteor pada Minggu (9/8) malam puncaknya pada Senin (10/8) dini hari.

Media Indonesia, 14 Agustus 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s