IPB Kembangkan Varietas Singkong Unggul di NTT


BOGOR–MI: Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dengan PT Samyang IDB Bio Research Development, sebuah perusahaan Korea yang bergerak di bidang pertanian, khususnya singkong, untuk mengembangkan varietas singkong unggul di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB Dr Ir Lala M Kolopaking di Bogor, Kamis (12/11), menjelaskan, kerja sama kedua belah pihak telah dilakukan pada akhir Oktober 2009. Penandatanganan kerja sama itu dilakukan antara Kepala LPPM IPB Prof Dr Ir Bambang Pramudya, M.Eng, dan Direktur PT Samyang IDB Bio Research Development, David Back.

Ia mengatakan, varietas yang dikembangkan adalah jenis IDB Super Cassava (ISC) yang dikembangkan di NTT. Jenis ini merupakan singkong varietas unggul dengan umbi yang bisa dihasilkan lebih besar dan lebih berat. “Perbedaannya bisa tiga sampai empat kali lipat dibandingkan dengan singkong biasa. Hasilnya, bisa mencapai 100 ton-150 ton/hektare,” katanya.

Menurut dia, kerja sama tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama akan dikembangkan kebun singkong seluas 63.000 hektare. Di lahan tersebut juga akan dikembangkan semacam pola sistem tumpang sari antara singkong dengan kacang-kacangan dan jagung. Harapannya, nanti akan dibangun juga sektor peternakannya. (Ant/OL-04).

Media Indonesia, 12 November 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “IPB Kembangkan Varietas Singkong Unggul di NTT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s