Iptek Kebencanaan Perlu Ditingkatkan


BANDA ACEH–MI: Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kebencanaan dinilai perlu ditingkatkan mengingat Indonesia termasuk salah satu negara rawan terhadap bencana alam.

“Kita harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal dan menguasi iptek kebencanaan untuk mampu mengatur sistem penanganan bencana secara dini,” kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman di Banda Aceh, Rabu (14/10).

Hal tersebut disampaikan Menristek saat meninjau langsung simulasi peringatan tanggap bencana di Provinsi Aceh di Banda Aceh. Menurutnya, seringnya bencana yang terjadi membuat masyarakat harus lebih peka dan mampu belajar bagaimana mengahadapi bencana alam seperti
gempa dan tsunami.

“Banyak bencana gempa sudah terjadi, seharusnya kita sudah belajar banyak bagaimana cara tanggap darurat bencana dengan lebih baik,” katanya.

Selain itu pemanfaatan teknologi juga dinilai penting untuk mempelajari gejala alam dalam kaitannya pendeteksian dini terhadap bencana alam.

“Kita juga harus meningkatkan kemapuan iptek kebencanaan untuk memudahkan bagaimana menghadapi bencana alam,” katanya.

Berkaitan dengan simulasi bencana gempa dan tsunami di Provinsi Aceh, Menristek menilai pengembangan kemampuan sistem komunikasi peringatan dini bencana harus ditingkatkan. “Kita harus terus meningkatkan pengembangan kemampuan alat dan sistem komunikasi peringatan dini ini disertai pengutan persiapan SDM-nya,” katanya.

Media Indonesia, 14 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s