Katak Langka akan Dikembalikan ke Tanzania Pertengahan 2009


Beberapa hewan langka “spray toad” yang dirawat di beberapa kebun binatang di Amerika Serikat direncanakan akan dikembalikan ke habitat asli mereka di Tanzania pada Agustus tahun ini, media lokal melaporkan, Minggu (8/2).

Sebagaimana dikutip harian Daily News, Direktur Kementerian Margasatwa di Departemen Pariwisata Tanzania Erasmus Tarimo mengatakan persiapan sedang dilakukan bagi kembalinya katak tersebut, yang dikenal dengan nama Kihansi Toad –nama lain untuk “spray toad”.

“Spray toad” berasal dari air terjun Kihansi dan Mhalala di Tanzania selatan, tempat katak langka itu hidup di satu lingkungan yang dicptakan oleh percikan air yang merembes dari atas bendungan.

Pemerintah Tanzania memutuskan untuk mengirim katak yang terancam punah tersebut ke Amerika Serikat enam tahun lalu, ketika Ngarai Kihansi dilanda masalah lingkungan hidup dan ekologi –yang membuat populasi katak itu merosot tajam dari 21.000 ekor pada 2002 jadi 50 pada 2003.

Satu program pemulihan dilancarkan di kebun binatang Bronx dan Toledo di Amerika, tempat populasi katak tersebut bertambah menjadi lebih dari 1.000 ekor , kata Direktur Marga Satwa.

“Kihansi Spray Toad” adalah katak kerdil. Yang dewasa memiliki ukuran panjang tak lebih dari tiga perempat inci. Katak itu ditemukan pada 1996.

Spesies tersebut, yang secara ilmiah dikenal dengan nama “Nectophrynoides asperginis”, terdaftar sebagai sangat terancam punah akibat jajaran yang terbatas, kehilangan habitat dan kemerosotan populasi.

Media Indonesia, 09 Februari 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s