Satelit Korsel Gagal Masuki Orbit


Satelit Korea Selatan (Korsel) gagal memasuki orbit sasarannya setelah berhasil memisahkan diri dari roket pengantarnya.

“Kami tak dapat menemukan satelit tersebut di orbitnya, tempat satelit itu mestinya berada,” kata Menteri Ilmu Pengetahuan Ahn Byung-man dalam suatu taklimat, Selasa (25/8). Ia menyebutnya kegagalan sebagian.

Namun, pemerintah menyatakan Seoul belum mengidentifikasi penyebab pasti peristiwa itu. Pemerintah sedang mengamati satelit tersebut. Meskipun berjalan sebagaimana rencana, satelit terpisah pada ketinggian 26 kilometer lebih tinggi dari posisi sasarannya.

“Kami sekarang melakukan analisis guna memeriksa seberapa jauh satelit itu menyimpang dari orbit sasarannya,” kata Lee Joo-jin, pemimpin pusat ilmu pengetahuan yang bertanggung jawab atas peluncuran tersebut. Ditambahkannya, satelit itu tak memiliki peluncur sendiri yang berarti satelit tersebut tak dapat ditempatkan di orbit lagi.

Namun, Lee tak bersedia mengatakan kontak dapat dilakukan dengan satelit itu dan juga tak mengatakan bahwa satelit tersebut telah hilang. Kendaraan-1 Peluncuran Antariksa Korea (KSLV-1), yang membawa satelit itu, diluncurkan pukul 05.09 waktu setempat (17:00 WIB). Awalnya, roket berhasil melakukan pemisahan tahap-1 dan tahap-2.

Media Indonesia, 26 Agustus 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s