Unlam Ciptakan Alat Penjernih Air Gambut


Seorang peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin Ir Ma’mun, MS berhasil menciptakan penjernih air gambut dengan menggunakan media yang juga berasal dari lingkungan lahan gambut.

Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Unlam Banjarmasin Dr Ir Akhamd Kurnain M.Sc di Banjarmasin, Senin, mengatakan penelitian berjudul “karbon aktif tanah gambut untuk penjernihan air gambut” itu dilakukan dosen Fakultas Teknik Unlam.

Menurut dia, air gambut yang selama ini diketahui tidak layak pakai untuk mandi dan mencuci, melalui penelitian itu kini dapat diolah menjadi air yang jernih dengan membuat sistem filter.

Sistem filter terdiri atas pompa air, bak penampung air gambut dan tabung filter. Ketiga komponen tersebut disaling-hubungkan dengan pipa paralon.

Tabung filter dibuat dari komposisi yang terdiri atas kerikil, pasir, busa, kertas filter dan karbon aktif.

Karbon aktif itu, katanya, terbuat dari tanah gambut yang telah diaktivasi secara fisika dengan pemanasan pada rentang suhu 400 derajad C sampai 500 derajad C.

Proses penjernihan dilakukan dengan cara membuat sistem filter yang salah satu komponennya adalah karbon aktif dari tanah gambut.

Penggunaan karbon aktif pada sistem filter terutama untuk mengurangi kadar keasaman, kadar logam, bau dan kekeruhan air.

Menurut dia, dilihat bidang penerapannya, penemuan itu berhubungan dengan proses penjernihan air gambut dengan menggunakan karbon aktif yang terbuat dari tanah gambut yang telah diaktivasi pada suhu tinggi.

Hasil ciptaan tersebut telah dipatenkan dengan nomer paten: P00200700563, katanya.

Keunggulan sistem filter ini adalah mengurangi kadar keasaman, kadar logam, kekeruhan, bau, dan rasa. Manfaat sistem ini adalah memperbaiki kualitas air gambut sehingga dapat digunakan untuk air jernih yang layak pakai untuk MCK.

Menurut Akhmad, saat ini penciptaan alat itu dalam tahap pengembangan prototipe, sebelum dikembangkan secara luas di masyarakat.

“Dalam skala kecil penggunaan alat tersebut telah diujicobakan di tengah masyarakat Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar,” kata Akhmad Kurnain.

Media Indonesia, 08 Juni 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Unlam Ciptakan Alat Penjernih Air Gambut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s