Kematian Kelly Kwalik Menarik Perhatian Radio Australia


Kematian gembong separatis Papua Kelly Kwalik dalam menyergapnya di sebuah rumah di daerah Kwangki Lama Mimika, Papua, Rabu (16/12) dinihari, menarik perhatian Radio Australia.

Perihal kematian pentolan Organisasi Papua Barat (OPM) itu diberitakan Radio Australia dengan mengutip penjelasan Polri. Kematian Kelly Kwalik ini dipandang media utama Australia ini sebagai pukulan serius bagi gerakan separatis di wilayah paling timur Indonesia itu.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Bekto Suprapto mengatakan, Kelly Kwalik ditembak setelah yang bersangkutan melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan senjata api jenis revolver ke arah petugas yang berupaya menangkapnya.

“Korban sempat kami bawa ke Rumah Sakit Kuala Kencana untuk mendapat pertolongan, namun nyawanya tidak berhasil diselamatkan,” katanya.

Dalam masalah Papua, Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith berulang kali menyampaikan sikap pemerintahnya yang mendukung penuh integritas wilayah dan kedaulatan RI atas Provinsi Papua dan Papua Barat karena itu adalah cara terbaik untuk merespons isu-isu Papua.

Canberra juga menilai otonomi lebih luas yang telah diberikan pemerintah RI kepada kedua provinsi itu sudah benar dan akan terus didukung.

Berkaitan dengan dinamika kondisi keamanan di Papua, pemerintah dan media Australia sempat menyoroti kasus penembakan yang menewaskan seorang warga negaranya yang bekerja di PT Freeport Indonesia Juli lalu.

Warga Australia yang tewas dalam sebuah penyerangan di Mile 53, Timika, pada 11 Juli 2009 itu adalah Drew Nicholas Grant,38.

Insiden penembakan Drew Grant di Mile 53 itu terjadi ketika mobil naas jenis LWB bernomor lambung 01-2587 yang dikemudikan Jon Biggs melaju menuju Timika dari Tembagapura. Ia tertembak di bagian dada dan leher. Polisi Federal Australia (AFP) bersama Polri sempat melakukan penyelidikan atas kasus kematian Grant ini.

Pada 2002, insiden penembakan terhadap warga negara asing juga terjadi di Timika. Ketika itu kelompok separatis Papua terlibat dalam penembakan dua orang guru warga Amerika Serikat.

Kelompok separatis Papua yang terlibat adalah grup pimpinan Antonius Wamang.

Media Indonesia, 16 Desember 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Kematian Kelly Kwalik Menarik Perhatian Radio Australia

  1. Otonomi khusus yang lebih luas telah diberikan kepada Papua. Bila penduduk papua terus berpikir lepas dari NKRI itu justru akan menguras energi. Dukungan politik kearah itu dari luar negeri sudah semakin pudar kalau tak mau disebut telah hilang. Manfaatkan momen itu untuk berkarya membangun papua tercinta, papua yang jaya dimana penduduknya adalah pelaku dari pembangunan itu. Sadar untuk maju lebih penting dan realistis daripada mengharap jatuhnya bintang. Sekali lagi sadarlah dan tinggalkan pekerjaan yang sia-sia dengan berkarya nyata untuk kemakmuran papua.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s