Menristek: Lunturkan Mitos Teknologi


Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-14 dirayakan Senin (10/8) hari ini di gedung BPPT, Jakarta. Dalam peringatan ini, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman mengingatkan bahwa teknologi berperan dalam membentuk Indonesia yang sejahtera.

“Teknologi memainkan peran dalam kancah pertumbuhan indonesia, dalam perspektif politik, perspektif ekonomi, maupun perspektif sosial,” ujar Menristek Kusmayanto Kadiman.

Lebih lanjut lagi dia mengatakan bahwa di Indonesia terdapat mitos tentang teknologi. Di mana teknologi dilihat sebagai hal yang bersifat ekslusif, sulit, dan hanya untuk segelintir orang yang beruntung saja. Belum lagi dengan harga yang mahal dan kompleks sehingga jauh dari masyarakat luas.

“Mitos itulah itu adalah pekerjaan rumah bagi kita untuk kita lunturkan,” harap Menristek Kusmayanto Kadiman. “Hal-hal yang tadinya eksklusif, dianggap sulit, dan kompleks itu kita tunjukkan jadi keseharian kita. Dengan itulah Indonesia bisa mencapai indonesia yang sejahtera,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam peringatan ini juga diberikan beberapa penganugerahan, seperti Anugerah Kreativitas Inovasi Masyarakat dan Peneliti Skema Insentif Ristek. Untuk kategori Anugerah Kreativitas Inovasi Masyarakat, pemenangnya adalah Ida Bagus Adnyana dengan inovasi membuat alat tenun tradisional dengan sistem kartu dan I Wayan Nuastra dengan inovasi membuat budidaya kodok lembu dengan sistem kandang baterai.

Untuk kategori Peneliti Skema Insentif Ristek, pemenangnya adalah Diah Asri Erowati dengan judul kegiatan “Produksi Silase Hijauan Makanan Ternak Metode Baterai sebagai Produk Silalse Isi Ulang” untuk bidang ketahanan pangan. Endang Purwati dengan judul kegiatan “Aplikasi Bioteknologi untuk Pengolahan limbah Peternakan Ramah Lingkungan sebagai Gas Bio dan Pupuk Organik Padat/Cair untuk bidang sumber energi baru dan terbarukan”.

Mahendra Anggaravidya dengan judul kegiatan “Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Proses Manufaktur Busa Karet untuk Mendukung Sektor Transportasi dan Pertanian untuk bidang teknologi dan manajemen transportasi. Adni Syarif dengan judul kegiatan “Revitalisasi Budaya Lampung Berbasis Multimedia dan Teknologi Informasi” untuk bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dan Aciek Ida Wuryandari dengan judul kegiatan “Pengembangan Peralatan Micromotor untuk Meningkatkan Daya Saimg Produk Nasional dalam Bidang Instrumen Kedokteran.

Kompas, 10 Agustus 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s