Tampang Awet Muda Lebih Panjang Umur


Berbahagialah bila wajah Anda dinilai lebih muda dari usia sebenarnya. Selain terlihat lebih segar, orang yang bertampang lebih muda konon juga panjang umur.

Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Southern Denmark yang melakukan analisis foto dan data dari 1.826 orang yang bersaudara kembar berusia 70 tahun atau lebih. Para responden juga diminta melakukan tes fisik dan kognitif.

Pengamatan foto para responden dilakukan oleh 20 perawat orang usia lanjut berusia 25-46 tahun, 10 orang guru berusia 22-37, dan 11 perempuan usia 70-78 tahun. Para penilai ini diminta menilai usia berdasarkan foto-foto para subyek. Mereka tidak diberitahu bila subyek itu adalah kembar.

Tujuh tahun setelah penelitian ini, para peneliti melakukan pengumpulan data mengenai jumlah para responden yang sudah meninggal dan masih hidup. Yang menarik, responden yang saat penelitian dinilai berusia lebih muda dari usia sebenarnya ternyata memiliki usia yang lebih panjang dibanding saudara kembarnya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa wajah yang awet muda berkaitan dengan panjang pendeknya telomer atau kromosom yang ada dalam DNA. Makin pendek telomer, makin cepat penuaan terjadi. Telomer yang pendek di antaranya dapat terjadi karena hidup yang penuh stres atau gaya hidup yang buruk.

Kompas, 16 Desember 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Tampang Awet Muda Lebih Panjang Umur

  1. Saya sangat amat setuju dengan artikel ini,so pasti orang yang awet adalah orang yang wajahnya lebih muda dari umurnya yang sbenarnya,Survey membuktikan orang yang tidak pernah stres dan pandai jaga diri,dari makanan yang tidak sehat,dan olah raga yang teratur,makanya orang ini akan sehat jasmani dan rohani,so pasti secara fisik tidak usah diragukan lagi kesehatanya,kalau sehat sudah pasti juga,umur bakalan panjang,link ya ke blog ku,thaks.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s