Australia Izinkan Transplantasi Organ Binatang


Australia akan mencabut larangan transplantasi organ binatang ke tubuh manusia yang sudah berlaku lima tahun terakhir. Pengumuman akan pencabutan larangan itu disampaikan pada Kamis (10/12/2009) setelah para petinggi di bidang kesehatan Negeri Kanguru itu menyadari bahwa risiko terpapar virus akibat transplantasi itu rendah.

Keputusan yang diambil Badan Riset Kesehatan dan Kedokteran itu sekaligus mengindikasikan bahwa Australia akan segera bergabung dengan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat dan Selandia Baru yang sudah lebih dulu menerapkan transplantasi sel hidup, jaringan, dan organ dari spesies ke spesies, termasuk hewan ke manusia.

Peneliti bidang Xenotransplantasi berharap agar kebijakan ini bisa membantu para pasien yang organ tubuhnya mengalami kerusakan akut dan perlu diganti, seperti pada kasus diabetes dan parkinson.

Untuk diketahui, badan kesehatan Australia menerapkan larangan transplantasi organ hewan ke manusia sejak tahun 2004, menyusul kekhawatiran akan meningkatnya risiko terpapar virus dari binatang, khususnya dari babi.

Hari Kamis ini, badan itu mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa pihaknya tinggal berkonsultasi dengan Komite Etik Kesehatan, Komite Kesejahteraan Hewan guna mengembangkan petunjuk bagi para peneliti untuk studi transplantasi organ hewan ke manusia.

Kompas, 10 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s