Bila Lupa Minum Pil KB


Pil keluarga berencana (pil KB) merupakan metode kontrasepsi hormonal yang paling banyak dipilih oleh perempuan usia reproduksi di banyak negara di dunia untuk mencegah atau mengontrol kehamilan.

Pil KB dipilih karena sangat dipercaya, sederhana dalam penggunaannya, serta tinggi tingkat reversibility-nya (cepat menjadi subur kembali) dibandingkan
metode kontrasepsi hormonal lainnya. Agar efektif mencegah kehamilan, pil ini harus diminum setiap hari berturut-turut tanpa selang.

Namun, bagaimana bila kita lupa minum satu hari? Bila ini terjadi, segera konsumsi begitu Anda ingat. Bila Anda lupa minum pil KB dalam dua hari, minum dua pil sekaligus di hari Anda ingat dan dua pil lagi keesokan harinya. Dengan cara ini jadwal minum pil Anda akan kembali normal. Tetapi bila Anda lupa minum lebih dari dua hari, konsultasikan pada dokter kandungan agar tidak terjadi kehamilan.

Setiap kali Anda lupa mengonsumsi pil KB, sebaiknya gunakan metode kontrasepsi lainnya saat berhubungan, misalnya kondom, karena saat kita lupa minum pil kemungkinan terjadinya ovulasi akan meningkat, sehingga risiko kehamilan pun semakin besar. Oleh sebab itu bila Anda pernah lupa minum pil KB dan tidak haid, lakukan tes kehamilan.

Kompas, 17 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s