Kebanyakan Gula Bisa Bikin Gampang Sakit?


Penelitian menemukan keabnormalan pankreas pada orang yang mengasup gula lebih dari kebutuhan. Keabnormalan pankreas menyebabkan produksi insulin meningkat. Jika kondisi ini dibiarkan, hormon pertumbuhan dan stamina ikut terganggu. Sebab, salah satu sifat insulin adalah beredar lama di dalam darah, meski gula atau glukosa sudah dimetabolisme. Sisa-sisa insulin inilah yang menekan pelepasan hormon pertumbuhan yang mengatur daya tahan tubuh.

Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa tubuh memperlakukan gula putih (yang bentuknya bubuk halus) sebagai benda asing yang harus dilawan. Karena, gula ini diproses dengan proses penyulingan dan mengandung senyawa kimia, yang tidak bisa diolah tubuh. Akibatnya, tubuh harus bekerja lebih keras mengusir “racun”, sehingga kekebalan tubuh ikut turun.

Hubungan antara gula dan turunnya kekebalan tubuh telah dikukuhkan oleh pernyataan beberapa ahli. Beberapa di antaranya adalah Dr.William Sears, MD, pediatrik dari California dan Dr.Dwight Lundell, ahli bedah jantung di Amerika Serikat sekaligus penulis buku The Cure for Hearth Disease. Lebih jauh Sears berkata, “Seratus gram (8 sdm) gula dapat mengurangi kemampuan sel darah putih membunuh kuman hingga 40 %. Ini berlangsung 30 menit setelah gula dikonsumsi dan berlangsung kira-kira selama 5 jam.”

Kompas, 14 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s