Parasetamol Kurangi Efektivitas Vaksin


Para orangtua sebaiknya tidak perlu panik berlebihan bila anak demam setelah diimunisasi. Demam merupakan hal yang normal dan bukan suatu penyakit. Pemberian obat penurun demam seperti parasetamol justru bisa mengurangi efektivitas vaksin.

Demam setelah imunisasi merupakan hal yang normal dan menjadi tanda tubuh sedang membentuk “pasukan” antibodi yang akan memberikan perlindungan bagi anak dari penyakit. Demikian  menurut Dr.Robert T.Chen, spesialis keamanan darah dari Center for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat.

“Kecuali anak menderita demam tinggi dan dokter secara spesifik merekomendasikannya, sebaiknya tak perlu menggunakan obat penurun demam setelah vaksinasi, apalagi jika alasannya untuk mencegah demam,” kata Chen.

Para peneliti yang diketuai oleh Dr.Roman Prymula dari Universitas Pertahanan Republik Czech, mencoba mengetahui dampak dari parasetamol terhadap vaksinasi. Jenis vaksin yang terima antara lain Hib, difteri, tetanus, batuk rejan, hepatitis B, polio, dan rotavirus (diare).

Para peneliti melakukan dua studi. Yang pertama adalah saat bayi menerima vaksinasi pertama dan kedua saat mereka menerima vaksinasi lanjutan. Objek penelitian ini adalah 459 bayi dan balita yang secara acak diminta untuk mendapat parasetamol setiap enam hingga delapan jam dalam 24 jam setelah diimunisasi. Yang kedua adalah anak tidak mendapatkan parasetamol.

Para peneliti menemukan bahwa bayi yang diberi parasetamol memang sedikit yang menderita demam, tapi sistem antibodi yang dihasilkan juga rendah. Kemungkinan besar aktivitas zat anti peradangan yang terdapat dalam obat penurun demam memicu timbulnya gangguan pada sistem antibodi sehingga antibodi yang dihasilkan menjadi rendah.

“Kecuali ada alasan khusus untuk mengontrol demam, misalnya ada riwayat kejang disertai demam, sebaiknya obat penurun demam tidak rutin diberikan setelah imunisasi,” kata Chen.

Ahli penyakit infeksi, Dr March Siegel dari New York University School of Medicine, AS, mengatakan bahwa obat penurun demam akan mengurangi respon antibodi adalah hal yang masuk akal. Lagipula, respon sistem imun adalah respon peradangan. “Bila anak sakit, atasi sakitnya. Tapi bila anak demam tinggi, sebaiknya segera turunkan demam dengan obat penurun demam,” katanya.

Kompas, 16 Oktober 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Parasetamol Kurangi Efektivitas Vaksin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s