Suplemen yang Pas untuk Anda


Vitamin dan mineral mutlak kita butuhkan untuk menjaga kesehatan jangka panjang karena gizi mikro ini melindungi tubuh melawan penyakit kronis serta menghindarkan risiko makin parah suatu penyakit.

Namun, kebutuhan ini pada masing-masing individu berbeda tergantung riwayat kesehatannya. Misalnya, Anda perlu asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 jika memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung. Berikut daftar kebutuhan suplemen untuk tiap kondisi.

Bila Anda wanita
Memasuki usia 20-an, manusia secara alami akan kehilangan kepadatan tulangnya. Proses ini akan meningkat pesat saat menopause. Bila berkurangnya massa tulang ini tidak dicegah, tulang akan keropos. Untuk memperlambat berkurangnya kepadatan tulang, wanita dewasa perlu mengonsumsi tambahan kalsium dari menu hariannya. Total kalsium harian yang wajib dipenuhi, baik dari makanan maupun suplemen, adalah 1.200 mg.

Bila Anda pria berusia lebih dari 50 tahun
Salah satu kondisi yang umum dialami pria paruh baya adalah benign prostatic hyperplasia (BPH), pembesaran prostat. Hal ini akan mengganggu proses pembuangan air kecil. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen herbal saw palmetto 160 mg dua hari sekali untuk menjaga kesehatan prostat.

Bila Anda vegetarian
Vegetarian murni, yakni yang menghindari semua produk makanan dari hewan, termasuk susu dan telur, tetap bisa memenuhi gizi seimbang bila mengonsumsi berbagai variasi buah, sayur, dan padi-padian. Tetapi ada beberapa nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan, yakni vitamin B12 yang ada dalam telur, daging, ikan, daging unggas, serta produk turunan susu. Untuk menghindari anemia, penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B12 dari suplemen khusus.

Bila Anda rajin berolahraga
Olahraga teratur, terutama jika dilakukan secara intens dan dalam waktu yang lama, bisa membuat serat otot menjadi terurai. Hal ini bisa mengurangi fleksibilitas dan bertambah buruk seiring dengan bertambahnya usia.

Untuk memperbaiki otot, pertimbangkan menambah creatine monohydrate satu sendok teh (5 gram) setiap hari. Suplemen lain yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan energi adalah asam amino seperti carnitine serta coenzime Q10.

Bila Anda sedang menurunkan berat badan
Pengaturan pola makan atau diet untuk menurunkan berat badan bisa memicu timbulnya rasa lapar dan menyebabkan gula darah naik turun. Anda bisa mengonsumsi chromium 200 mcg setiap hari yang akan membantu tubuh menggunakan lemak dan mencegah naik turunnya gula darah.

Bila Anda merokok
Jangan berharap suplemen gizi mampu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker serta penyakit paru-paru. Tetapi Anda bisa melawan dampak rokok dengan tambahan antioksidan.

Bila Anda mengonsumsi alkohol
Minum alkohol dalam jumlah sedikit, tak lebih dari dua kali sehari sebenarnya bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi, peminum alkohol berat justru menyebabkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh terbuang. Alkohol berlebihan juga terkait dengan meningkatnya risiko penyakit lever dan gangguan kesehatan lainnya. Lindungi lever Anda dengan mengonsumsi suplemen vitamin C dan B serta thiamin.

Kompas, 16 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s