Tumbuhan Sekitar Lebih Mujarab Dibanding Obat Kimia


Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu manfaat dan kegunaan tanaman obat keluarga atau toga sebagai penyembuh penyakit. Masyarakat masih menginginkan mencari obat instan atau obat kimia agar penyakitnya cepat sembuh meskipun biayanya cukup besar. Hal itu disampaikan pakar Toga dari Yayasan Wisnu Wardana Surabaya, Prapto Ma’ad saat penyuluhan hidup sehat bersama toga di Gresik, Selasa (15/12/2009).

“Ini yang perlu kita bangun bersama, bahwa sebenarnya tanaman yang ada di sekitar kita justru mempunyai khasiat yang paling mujarab, jika kita bisa dan memanfaatkannya. Memasuki musim pancaroba tentu membutuhkan persiapan sejak dini, khususnya persiapan ke sehatan dalam menghadapinya. Toga bisa menjadi solusinya,” kata Prapto.

Prapto, yang juga penggagas konsep stimuno itu menjelaskan pada dasarnya toga di sekitar kita mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Cara mengolahnya cukup sederhana dan tidak butuh biaya besar. Labu siam atau manisa sangat bermanfaat besar dan cepat menurunkan kolesterol bila di banding obat kimia sekali pun,” katanya mencontohkan.

Dia mengingatkan dalam menghadapi musim pancaroba saat ini para ibu harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan anak-anak. Ibu-ibu dianjurkan membuat ramuan dari meniran, meniran diperas dan diminumkan tiga kali sehari. “Meniran berfungsi meningkatkan sistem ketahanan tubuh baik untuk anak maupun orang dewasa. Meniran juga bermanfaat sebagai pengobatan kanker yang paling manjur,” paparnya.

Kompas, 15 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s